Cara Menyimpan Roti Pisang Agar Tetap Lezat, Perhatikan Suhu Udara dan Kelembaban

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi roti pisang (pixabay.com)

Ilustrasi roti pisang (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tak ada yang bisa mengalahkan kelezatan roti pisang, terutama saat masih hangat dari oven. Namun, jika Anda kebetulan memiliki sisa satu atau lima potong roti, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menyimpan roti pisang agar tetap lezat dan awet. 

Ada beberapa pilihan cara menyimpan roti pisang, tergantung berapa lama Anda perlu menjaganya tetap segar. Anda perlu memperhatikan dua hal yakni suhu udara dan kelembapan di ruangan. 

Udara yang terperangkap di sekitar roti pisang Anda dapat menyebabkan roti pisang menjadi basi dan kering jika disimpan pada suhu ruangan, dan freezer burn saat disimpan di dalam freezer. Kelembapan berlebih (yaitu kondensasi dari penyimpanan roti pisang yang tidak didinginkan sepenuhnya) dapat menyebabkan bagian luar roti pisang menjadi berlendir dan mendorong tumbuhnya jamur pada roti pisang Anda.

Untuk menghindari masalah ini, pastikan roti pisang Anda benar-benar didinginkan hingga suhu ruangan sebelum Anda menyimpannya, sehingga tidak terjadi pengembunan. Anda juga sebaiknya menggunakan metode penyimpanan yang membatasi udara di sekitar roti pisang Anda, seperti lapisan plastik pembungkus yang rapat atau kantong penyimpanan dengan ritsleting yang dapat mengeluarkan udara sebanyak mungkin dari kantong.

Cara Menyimpan Roti Pisang pada Suhu Ruangan

Roti pisang dapat tetap segar pada suhu ruangan selama tiga hari, jika disimpan di tempat kering yang sejuk. Anda dapat mencoba salah satu dari beberapa metode penyimpanan yang berbeda:

1. Bungkus plastik dan wadah kedap udara. Bungkus roti rapat-rapat dengan plastik wrap, lalu simpan dalam wadah kedap udara.
2. Handuk kertas dan wadah kedap udara. Bungkus roti Anda dengan tisu untuk membantu mencegah udara masuk ke permukaan dan membantu menghilangkan kelembapan berlebih—menghilangkan masalah jamur. 
3. Tempatkan roti dalam wadah kedap udara agar tidak basi.

Cara Menyimpan Roti Pisang di Kulkas

Jika Anda ingin roti Anda bertahan lebih lama, tetapi tidak ingin memasukkannya ke dalam freezer, menyimpan roti pisang di lemari es adalah pilihan lain. Anda harus memastikannya terbungkus dengan baik agar tidak terendam bau apa pun dari lemari es atau mengering. Sekali lagi, membungkusnya dengan bungkus plastik atau wadah atau kantong kedap udara akan membantu, terutama jika Anda tidak dapat menghindari permukaan roti pisang terkena udara.

Cara Membekukan Roti Pisang

Jika Anda ingin menyimpan roti pisang untuk sementara waktu, freezer adalah pilihan yang tepat. Untuk menyimpan roti pisang dengan benar di dalam freezer, Anda sebaiknya membungkus dengan rapat agar tidak ada udara di permukaannya, yang akan menyebabkan freezer terbakar. Gunakan pembungkus dan wadah penyimpanan yang khusus dibuat untuk freezer, karena lebih tebal dan dapat melindungi roti pisang Anda dari bau dan kerusakan akibat benda lain di dalam freezer.

Anda mungkin ingin melipatgandakan (atau bahkan tiga kali lipat) pembungkusnya di sini, dengan lapisan bungkus plastik dekat dengan permukaan, lapisan aluminium foil untuk melindunginya, dan kemudian memasukkan roti pisang ke dalam kantong atau wadah yang aman untuk freezer.

Roti pisang dapat bertahan selama berbulan-bulan di dalam freezer, tetapi nikmatilah dalam beberapa bulan pertama setelah dibekukan untuk mendapatkan kualitas terbaik.

Cara Menghangatkan Roti Pisang

Anda dapat menciptakan kembali suasana segar dari oven dengan menghangatkan roti pisang Anda. Untuk roti pisang bersuhu ruangan atau didinginkan, beberapa menit di dalam oven pemanggang roti atau oven biasa pada suhu 350 derajat sudah cukup.

Jika roti pisang Anda terasa agak basi—walaupun Anda sudah berusaha sebaik mungkin—masukkan roti ke dalam microwave selama 20 detik dan bungkus dengan tisu basah.  Jika Anda mencoba memanaskan roti pisang yang baru dikeluarkan dari freezer, gunakan oven. Diperlukan waktu sekitar 10 menit untuk menghangatkan sepotong roti pisang beku, dan sekitar 45 menit untuk satu roti utuh.

Pilihan Editor: Resep dan Trik Membuat Roti Pisang yang Lembut, Cocok untuk Camilan Akhir Pekan

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."