Mengulik Karya Gianni Versace yang Banyak Dipengaruhi Gaya Yunani Kuno

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Dok.lamescolanza.com

Dok.lamescolanza.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - “Saya tidak percaya pada selera yang bagus”, ungkap Versace. Gianni Versace adalah perancang busana Italia yang mendirikan merek ikonik Versace pada tahun 1978. Dikenal karena desainnya yang inovatif dan berani, Versace dengan cepat menjadi terkenal di industri mode. 

Kehidupan Desainer Flamboyan Gianni Versace

Lahir pada tahun 1946 di Reggio, Calabria, desainer Italia Gianni Versace tumbuh dengan dikelilingi oleh gaun di butik ibunya dan bekerja di sana setelah dia menyelesaikan sekolah. Namun pada 1972, ia memutuskan untuk pindah ke Milan, saat itulah kariernya melejit, bekerja di studio mapan seperti Complice, Mario Valentino, dan Callaghan, merancang koleksi pertamanya untuk mereka.

Pada tahun 1978, ia mempersembahkan koleksi Gianni Versace pertamanya untuk wanita, mendirikan perusahaannya sendiri, Gianni Versace SpA, dengan dukungan dari keluarga mode Italia Girombellis, dan akhirnya menjadi terkenal karena pakaiannya yang elegan, subversif, dan sensual yang memuliakan wanita. Terinspirasi oleh budaya pop, selebriti, dan rock, tetapi juga oleh simbol Barok dan Etruria Italia dan bahkan pelacur yang tinggal di lingkungan tempat ia dibesarkan, Versace mengubah mode selamanya.

Namun dia secara tragis ditembak mati di Miami pada tahun 1997 oleh seorang pembunuh berantai ketika dia berada di puncak karirnya, dan saudara perempuannya Donatella Versace mengambil alih perusahaan tersebut.

Gianni Versace (foto: famousgashiondesigner)

Versace meninggalkan warisan abadi, salah satu warisan terbesarnya adalah penciptaan supermodel. Lebih menyerupai konser rock daripada catwalk, peragaan busana Versace agak kontroversial. Dia melanggar aturan tradisional dan menantang keangkuhan, dengan banyak kritikus mengatakan desainnya vulgar dan terlalu mencolok. Namun dia tidak peduli - dia mendapat banyak perhatian media, dikelilingi oleh teman-teman selebriti termasuk Elton John dan Madonna, dan memiliki hubungan baik dengan para modelnya. 

Media menyebut modelnya sebagai 'supermodel', karena gajinya yang sangat tinggi, dan dia dipuji karena berkontribusi dalam menciptakan industri fesyen selebriti yang glamor saat ini. Aktris, bintang rock, dan putri sebagai model baru"Dia memiliki kecintaan yang besar terhadap kehidupan. Dia mengagumi apa yang dia lakukan dan dia mengelilingi dirinya dengan orang-orang yang dia cintai," kata teman dekatnya Ana Wintour, pemimpin redaksi Vogue, setelahnya. Versace terbunuh. “Dialah orang pertama yang memperkenalkan superstar di peragaan busana, dialah orang pertama yang membawa selebriti ke barisan depan, dialah orang pertama yang menggunakan bintang rock dan aktris dalam kampanye iklannya.”

Kebangkitan Gianni Versace di tahun 1990-an

Margot Robbie mengenakan gaun mini Atelier Versace saat menghadiri acara Barbie di Museum Seni Kontemporer di Sydney, Australia, Jumat, 30 Juni 2023. Foto: Instagram/@andrewmukamal

Pada awal tahun 1990-an, desain Gianni Versace mulai mendapat perhatian karena polanya yang berani, warna cerah, dan bahan mewah. Estetika uniknya membedakannya dari desainer lain, dan ia segera menjadi sosok berpengaruh di dunia mode.

Versace dikenal karena penggunaan cetakan dan warna yang berani. Desainnya sering kali menampilkan pola rumit yang terinspirasi oleh seni Yunani kuno, serta warna cerah yang menonjolkan kesan. Dia juga menyukai kain dan bahan mewah, termasuk sutra, beludru, dan kulit.

Versace adalah pionir dalam penggunaan material baru dan tidak konvensional dalam desainnya. Salah satu inovasinya yang paling terkenal adalah penggunaan jaring logam (Oroton), yang ia masukkan ke dalam gaun, atasan, dan aksesori. Ia juga bereksperimen dengan memadukan kulit dan renda, menciptakan kontras mencolok antara tekstur keras dan halus.

Koleksi Versace Musim Gugur 1991 menampilkan perpaduan inovatif antara kulit, renda, dan jaring logam, yang menentukan corak untuk desain masa depannya. Koleksi Musim Semi 1992 menampilkan cetakan yang berani dan warna-warna cerah, semakin memperkuat reputasinya sebagai desainer yang berani.

Versace Atelier dan Pengaruhnya terhadap Haute Couture

Anne Hathaway mengenakan gaun Versace di Met Gala 2023 (Instagram/@versace)

Pada tahun 1989, Gianni Versace mendirikan Versace Atelier, sebuah divisi dari mereknya yang didedikasikan untuk menciptakan pakaian fashion kelas atas yang dibuat khusus. Langkah ini memperkuat status Versace sebagai couturier dan mengangkat merek tersebut ke tingkat kemewahan baru.

Versace juga dikenal karena kedekatannya dengan supermodel seperti Naomi Campbell, Cindy Crawford, dan Linda Evangelista. Dia juga mendandani selebriti yang tak terhitung jumlahnya, seperti Madonna, Elton John, dan Prince, yang semakin meningkatkan visibilitas dan pengaruh mereknya.

Desain Gianni Versace sering ditampilkan dalam video musik dan sampul album, menunjukkan hubungannya dengan industri musik. Gaun hijau ikoniknya yang dikenakan Jennifer Lopez di Grammy Awards 2000 menjadi momen menentukan dalam sejarah mode.

Koleksi Paling Ikonik Gianni Versace

Dua Lipa dan Chief Creative Officer House of Versace, Donatella Versace. Instagram.com/@dualipa

Pada tahun 2017, Donatella memberikan penghormatan kepada saudara laki-lakinya 20 tahun setelah kematiannya dengan peragaan busana yang menggembirakan di Milan Fashion Week yang menampilkan supermodel Carla Bruni, Naomi Campbell, dan Helena Christensen — supermodel saudara laki-lakinya. 

Mereka mengenakan gaun yang terinspirasi dari koleksi Musim Semi-Musim Dingin 1994 miliknya, yang dikenal dengan koleksi punk karena terinspirasi dari punk Inggris tahun 1970-an. Liz Hurley menjadi bintang dalam semalam ketika dia pergi bersama Hugh Grant ke pemutaran perdana Four Weddings And A Funeral dalam gaun Versace yang disatukan dengan peniti emas dari koleksi ini pada tahun 1994.

Donatella mengatakan kepada Vogue dalam sebuah wawancara, membahas koleksi penghormatan: “Pada tahun 90an, apa yang dilakukan Gianni sangatlah berani; dia melanggar peraturan. Gianni memperjuangkan fesyennya. Memang berisiko, berbeda, tapi ini tentang pemberdayaan perempuan. Saya pikir pemikiran seperti itu—memberdayakan perempuan—sangat populer saat ini. Jadi pantas untuk melakukan pertunjukan itu. Itu adalah penghormatan kepada Gianni dan penghormatan kepada seluruh wanita di dunia.”

Baru-baru ini, Donatella Versace memberikan penghormatan kepada Gianni pada peringatan 25 tahun pembunuhannya. “25 tahun merindukanmu, Gianni. Setiap hari, aku berharap kamu masih di sini,” tulisnya di Instagram.

Donatella selalu menyoroti warisan luar biasa yang ditinggalkan kakaknya dan berupaya melanjutkan warisannya dengan memberdayakan perempuan.

Pilihan Editor: Selena Gomez Tampil Anggun Berbalut Gaun Pengantin dari Versace di SAG Awards 2024

ART DEVIVRE | MEDIUM 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."