International Women's Day, Saatnya Lebih Perhatian pada Kesehatan dengan Rutin Olahraga

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wajah remaja dengan kulit sehat dan bercahaya. Freepik.com/Studioredcup

Ilustrasi wajah remaja dengan kulit sehat dan bercahaya. Freepik.com/Studioredcup

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pengenalan perubahan gaya hidup yang tepat seiring bertambahnya usia tidak hanya membantu memperlambat penuaan tetapi juga membuat Anda merasa lebih energik dan puas secara mental. Memperingati International Womens Day, mari lebih perhatian lagi pada kesehatan dengan rutin olahraga. 

Merujuk CDC, maka disarankan 150 hingga 300 menit olahraga sedang, 75 hingga 150 menit latihan aerobik berat dalam seminggu diperlukan untuk orang dewasa hingga usia 64 tahun. Berolahraga selama 30 menit sehari selama lima hari dalam seminggu akan mempersiapkan Anda menghadapinya. perubahan tubuh Anda dengan lebih efektif.

"Setiap orang memiliki alasan berbeda untuk berolahraga. Beberapa orang olahraga untuk kesehatan, ada yang untuk belajar menari, mendaki gunung dalam perjalanan atau bisa juga untuk menyesuaikan pakaian Anda dengan lebih baik. Demikian pula, tidak ada satu cara untuk berolahraga, Anda memiliki banyak pilihan seperti berjalan kaki, jogging, berenang, dan bermain tenis," kata Dr Shalini Joshi, Direktur Tambahan Penyakit Dalam dan Pengobatan Pencegahan. Rumah Sakit Fortis, Jalan Bannerghatta, Bangalore.

Latihan kebugaran seimbang yang disesuaikan setelah menilai kekuatan otot dan stamina dasar Anda adalah alat yang berguna daripada langsung mendaftar maraton keesokan harinya. Mulailah dengan perlahan dan secara bertahap tingkatkan dengan tujuan untuk meningkatkan jangkauan gerak Anda, meningkatkan keseimbangan Anda, memperkuat tulang dan otot Anda yang pada gilirannya akan melindungi sendi Anda dalam jangka panjang. Sangat penting untuk mengonsumsi makanan bergizi, protein, dan hidrasi dengan cairan untuk menghindari kelelahan dan cedera.

Dr Joshi mengatakan wanita harus memperhatikan lima hal ini sebelum memulai aktivitas olahraga: 

1. Sepatu nyaman berkualitas baik dan pakaian yang pantas

Ini akan memastikan Anda tidak memberikan beban tambahan pada lutut dan persendian Anda. Pakaian olahraga akan membuat seluruh pengalaman nyaman bagi Anda.

2. Tempat yang aman untuk berolahraga atau gym

Pastikan untuk mendapatkan bimbingan dari pelatih gym Anda setiap saat dan temukan tempat di mana Anda merasa nyaman untuk berolahraga.

3. Latihan kekuatan

Latihan kekuatan dapat meningkatkan kepadatan tulang, meningkatkan kekuatan dan meningkatkan metabolisme.

4. Nutrisi dan hidrasi yang baik

Penting untuk mengisi tubuh Anda dengan campuran nutrisi yang seimbang dan jumlah air yang cukup agar berfungsi optimal.

5. Motivasi dan disiplin

Penting untuk mendengarkan tubuh Anda untuk menghindari cedera selama latihan. Selain itu, disarankan untuk melakukan pemeriksaan lengkap, tes darah, dan konsultasi dengan dokter sebelum melakukan aktivitas olahraga berat.

Pilihan Editor: Dari Menkeu Sri Mulyani hingga Krisdayanti Maknai International Women's Day

HINDUSTAN TIMES 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."