Dari Menkeu Sri Mulyani hingga Krisdayanti Maknai International Women's Day

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Kris Dayanti. Foto: Instagram/@krisdayantilemos

Kris Dayanti. Foto: Instagram/@krisdayantilemos

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Tanggal 8 Maret 2024 yang jatuh hari ini diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional atau International Womens Day, sederet figur publik turut memperingati dan memaknai perempuan. Simak ulasan CANTIKA berikut ini: 

1. Sri Mulyani 

Menteri Keuangan, Sri Mulyani turut mengunggah ilustrasi ucapan International Womens Day. Menurut dia, lebih dari satu abad kesetaraan bagi perempuan terus diperjuangkan. Dari masa ke masa, lingkungan yang lebih adil dan setara terus ditata agar perempuan semakin berdaya.

Di tengah dinamika krisis global saat ini, perempuan sebagai kaum rentan juga terdampak. Progres menghapus ketimpangan gender perlu diakselerasi dengan terus memberdayakan peran perempuan sebagai pelaku ekonomi.

"Saya yakin, ketika perempuan mempunyai hak yang sama untuk mengakses, memiliki, dan menggunakan sumber daya, maka perempuan akan memiliki kendali untuk membangun generasi yang lebih inklusif. Progress for women benefits us all. International Women’s Day 2024: ‘Invest in Women: Accelerate Progress," tulisnya. 

2. Atalia Praratya 

Calon legislatif Jawa Barat, Atalia Praratya mengunggah foto pengukuhan guru besar perempuan sebagai refleksi memperingati International Womens Day di laman Instagramnya, Jumat, 8 Maret 2024. 

"Ibu rumah tangga jadi profesor? Bisa! Usia di atas 50 raih sarjana? Bisa! Man Jadda Wa Jadda. Maka tema tahun ini yang menurut saya paling tepat adalah Perempuan berdaya, perempuan pembelajar. Selamat Hari Perempuan Internasional 2024, tangguh dan maju terus perempuan Indonesia," harap istri Ridwan Kamil ini. 

3.  Retno Marsudi 

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengunggah video reels berupa ucapan International Womens Day dari segenap pegawai perempuan Kementerian Luar Negeri RI. 

"Happy International Women’s Day. Kami berkomitmen untuk saling mendukung, memperjuangkan kesetaraan hak bagi kaum perempuan. Kamu juga kan?" tulis Retno. 

4. Nadiem Makarim 

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Nadiem Makarim mengamini ucapan R.A. Kartini bahwa perempuan adalah pembawa peradaban, saya percaya hal ini juga penting sebagai fondasi dalam menyusun kebijakan.

Saat ini separuh dari pejabat eselon I dan II @kemdikbud.ri adalah perempuan. Mereka adalah srikandi-srikandi hebat yang turut merumuskan berbagai kebijakan pendidikan dan kebudayaan Indonesia.

"Bagi saya, selalu ada tempat yang sama bagi perempuan dan laki-laki untuk berkontribusi bagi negeri. Selamat Hari Perempuan Internasional untuk seluruh perempuan hebat di seluruh Indonesia," tulis Nadiem dalam unggahan Instagramnya. 

5. Krisdayanti 

Anggota DPR dan penyanyi, Krisdayanti mengunggah foto pribadi sembari mengucapkan Selamat Hari Perempuan Internasional 2024 di laman instagramnya. 

"Perempuan telah dan terus membuat sejarah. Mari kita teruskan semangat mereka untuk menciptakan dunia yang lebih adil dan inklusif. Untuk semua perempuan luar biasa di seluruh dunia! Teruslah bersinar dan menginspirasi!" tulis pelantun lagu Mencintaimu ini. 

Pilihan Editor: International Women's Day, Simak 6 Tips Perempuan Pekerja dalam Mengatasi Kecemasan di Tempat Kerja

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."