4 Fakta Menarik Anne Hathaway, Lulus SMA Mulai Tekuni Akting

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Anne Hathaway. Instagram.com/@annehathaway

Anne Hathaway. Instagram.com/@annehathaway

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Nama artis Anne Hathaway menjadi trending topic hari ini, Kamis, 7 Maret 2024 terkait film terbarunya The Idea of You yang bakal rilis 2 Mei 2024. Film yang tayang di Prime Video itu diangkat dari novel berjudul sama karya Robin Lee tahun 20217.

The Idea of You berfokus pada kisah Solène (Anne Hathaway) dan Hayes (Nicholas Galitzine). Solène adalah ibu tunggal berusia 40 tahun yang menjalani kisah cinta tak terduga dengan superstar berusia 24 tahun bernama Hayes Campbell, vokalis utama dari boyband August Moon. Meski jarak usia terpaut 16 tahun, kisah cinta mereka digambarkan "manis".

Terlepas dari karya terbarunya, bagi kamu yang ingin mengenal lebih dekat Anne Hathaway, berikut sejumlah fakta menariknya.

1. Profil 

Anne Hathaway lahir 12 November 1982 di Brooklyn, New York, Amerika. Keluarga Hathaway pindah dari Brooklyn, New York, ke Millburn, pinggiran kota New Jersey, ketika dia berusia enam tahun. Ayahnya, Gerald, adalah pengacara, dan ibunya, Kate McCauley, adalah aktris panggung.

2. Awal Mula Terpincut Dunia Teater

Ketika masih muda, Hathaway melakukan tur bersama ibunya selama produksi musikal Les Misérables. Hal itulah yang mendorong dia untuk mengejar karier di bidang teater. Dia belajar di Barrow Group, perusahaan teater off-broadway di New York. Lalu, pada usia 16 tahun, dia mendapatkan peran televisi pertamanya, di drama keluarga Get Real (1999 – 2000).

3. Debut Film

Setelah lulus SMA pada tahun 2000, Hathaway mulai menekuni akting. Debut layar lebarnya di film The Princess Diaries (2001), di mana ia berperan sebagai Mia Thermopolis, seorang remaja kikuk yang mengetahui bahwa ia adalah pewaris takhta kerajaan. Pada tahun 2004 Hathaway membintangi sekuel film tersebut, The Princess Diaries 2: Royal Engagement, dan memainkan peran dongeng lainnya dalam Ella Enchanted.

4. Perjalanan Karier

Tak berhenti di situ saja, Hathaway mengasah kemampuan aktingnya dengan menjajal peran lebih dewasa, dan peran utama berikutnya adalah di Brokeback Mountain (2005) karya Ang Lee yang mendapatkan pujian kritis. Di film tersebut, Hathaway berperan sebagai istri seorang koboi (Jake Gyllenhaal) yang diam-diam jatuh cinta dengan pria lain (Heath Ledger).

Pada tahun 2006, Hathaway membintangi bersama Meryl Streep dalam The Devil Wears Prada yang sukses secara kritis dan komersial. Penampilan penting lainnya termasuk peran utama dalam Becoming Jane (2007), sebuah kisah fiksi tentang kehidupan penulis Jane Austen, dan perannya sebagai Kym, seorang pecandu narkoba yang sedang dalam masa pemulihan, dalam Rachel Getting Married (2008).

Hathaway semakin memperluas jangkauannya dengan komedi romantis Bride Wars (2009) dan Valentine's Day (2010). Pada tahun 2010, dia kembali ke akar dongengnya sebagai White Queen di Alice in Wonderland karya Tim Burton dan memerankan seorang wanita berjiwa bebas yang menderita penyakit Parkinson dalam roman Love and Other Drugs. Dia membintangi drama romantis One Day pada tahun berikutnya.

Untuk The Dark Knight Rises (2012), yang merupakan bagian terakhir dari trilogi Batman karya Christopher Nolan, Hathaway berperan sebagai Catwoman yang licik. Dia kemudian muncul dalam film adaptasi Les Misérables tahun 2012 sebagai Fantine yang sedih—peran yang sama yang dia lihat dimainkan ibunya di atas panggung ketika dia masih kecil—dan meraih Academy Award untuk aktris pendukung terbaik.

Dia mengisi suara macaw di animasi Rio (2011) dan sekuelnya, Rio 2 (2014). Hathaway kemudian bergabung dengan pemeran drama luar angkasa Interstellar (2014), berperan sebagai ilmuwan yang berusaha menemukan planet yang dapat dihuni setelah bumi tidak dapat dihuni karena perang dan kelaparan. Dia kembali ke komedi dengan The Intern (2015), di mana dia tampil sebagai pengusaha mode yang mempekerjakan seorang pensiunan (Robert De Niro).

Pada tahun 2016, Hathaway mengulangi perannya sebagai White Queen di Alice Through the Looking Glass dan memerankan seorang wanita yang menemukan bahwa dia memiliki hubungan aneh dengan binatang raksasa dalam komedi Colossal.

Dia mendapatkan ulasan yang antusias atas penampilannya sebagai aktris yang mementingkan diri sendiri di Ocean's 8 (2018), sebuah reboot Ocean's Eleven yang digerakkan oleh wanita dari awal tahun 2000-an.

Selanjutnya di tahun 2019, dia membintangi Serenity, sebuah film thriller di mana karakternya meminta mantan suaminya (Matthew McConaughey) untuk melakukan pembunuhan; komedi The Hustle, tentang dua penipu yang bersaing; Modern Love, serial antologi Amazon di mana Hathaway muncul dalam sebuah episode sebagai seorang wanita yang berjuang dengan penyakit mental; dan Dark Waters, sebuah drama berdasarkan fakta mengenai kasus hukum tentang dugaan pencemaran oleh perusahaan kimia terhadap suatu komunitas.

Pada tahun 2020, Hathaway membintangi The Last Thing He Wanted, sebuah drama kriminal berdasarkan novel karya Joan Didion, dan komedi keluarga The Witches. Tahun berikutnya, Hathaway berperan dalam film pencurian Locked Down dan muncul dalam serial TV antologi fiksi ilmiah Solos.

Dia kemudian membintangi WeCrashed (2022), sebuah miniseri TV tentang naik turunnya WeWork, sebuah perusahaan yang mempromosikan ruang kantor bersama. Penghargaan lainnya dari tahun 2022 termasuk drama keluarga Armageddon Time, yang berpusat pada kedewasaan siswa kelas enam dan membahas masalah hak istimewa dan rasisme.

Selain aktingnya, Anne Hathaway juga dikenal karena bakat menyanyinya. Pada tahun 1999, dia tampil di Carnegie Hall di New York sebagai bagian dari paduan suara kehormatan. Dia membuat debut panggungnya di New York dalam musikal Carnival pada tahun 2002. Peran panggung non-nyanyi Hathaway termasuk Viola dalam produksi New York Shakespeare in the Park dari Twelfth Night pada tahun 2009 dan seorang pilot pesawat tempur dalam produksi Grounded di the Public Theater karya sutradara Julie Taymor tahun 2015. Pada tahun 2011, Anne Hathaway dan aktor James Franco menjadi pembawa acara bersama di Academy Awards alias Oscar.

Pilihan Editor: Penuaan bagi Anne Hathaway: Hanya Kata Lain dari Hidup

BRITANNICA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."