Manfaat Plank Seperti yang Dilakukan Putri Ayudya, Melatih Otot dan Kurangi Cedera Punggung

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Aktor film Kuyang: Sekutu Iblis yang selalu mengintai Putri Ayudya saat berkunjung ke kantor Tempo, Palmer, Jakarta, Jumat, 1 Maret 2024.  TEMPO/ Febri Angga Palguna

Aktor film Kuyang: Sekutu Iblis yang selalu mengintai Putri Ayudya saat berkunjung ke kantor Tempo, Palmer, Jakarta, Jumat, 1 Maret 2024. TEMPO/ Febri Angga Palguna

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Annisa Putri Ayudya atau akrab disapa Putri Ayudya memiliki kebiasaan rutin untuk menunjang kesehariannya dengan berlatih plank. Bukan tanpa alasan, perempuan kelahiran 20 Mei 1988 ini menjadikan plank sebagai me time. "Manfaatnya bagus banget buat sirklukasi darah, cuma dilakukan semenit setiap hari rasanya enak di badan," ucap Putri kepada CANTIKA, Jumat, 1 Maret 2024.  

Waktu berlatihnya, menurut Putri juga lebih fleksibel, tergantung waktu dan kesanggupaan. Walau Putri inginnya setiap pagi, tetapi ada momen pulang syuting pagi jadi sudah tidak memiliki energi lagi. 

"Malam atau misalkan lagi santai, maksudnya lagi nggak ngapa-ngapain biasanya aku plank gitu. Paling enggak semenit lah, semenit itu sudah oke. Pernah ada satu waktu aku syuting terusl latihan bareng sama kru," ucap Putri yang merasa bentuk tubuhnya berubah setelah melakukan plank. 

Seperti yang dilakukan Putri Ayudya, melansir Healthline, plank menjadi salah satu cara termudah untuk melatih dua lapisan otot yang dikenal sebagai obliques. Otot-otot ini membantu Anda memutar dan menekuk batang tubuh, dan juga berperan dalam membantu melindungi tulang belakang Anda.

Latihan otot perut seperti crunch dan plank menargetkan otot perut six pack di bagian depan tubuh Anda. Namun jika Anda ingin memperkuat dan mengencangkan otot inti Anda, penting juga untuk melatih otot oblique Anda secara teratur. Faktanya, banyak atlet profesional memasukkan plank dalam program latihan mereka.

Beberapa manfaat plank yang bisa kamu coba adalah sebagai berikut:

1. Memperkuat tiga kelompok otot sekaligus

Agar Anda tetap stabil dalam posisi papan samping, otot-otot di bahu, pinggul, dan sisi inti Anda harus bekerja sama. Melindungi tulang belakang Anda. Plank bekerja pada otot penstabil tulang belakang dalam quadratus lumborum. Menjaga otot ini tetap kuat dapat membantu mengurangi risiko cedera punggung.

2. Perkuat inti Anda tanpa membebani punggung Anda

Berbeda dengan crunch dan sit up, side plank tidak memberi tekanan pada punggung bawah Anda. Namun, latihan ini berhasil meningkatkan kekuatan inti Anda. Meningkatkan keseimbangan Anda. Sebagai latihan keseimbangan, papan samping dapat membantu meningkatkan keseimbangan dan koordinasi Anda.

3. Mengurangi risiko cedera punggung 

Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam International Journal of Sports Physical Therapy menemukan bahwa daya tahan inti yang buruk dikaitkan dengan peningkatan risiko cedera. Memasukkan plank dan side plank dalam program latihan Anda dapat membantu mengurangi risiko cedera punggung.

Pilihan Editor: Cerita Putri Ayudya Jadi Dukun di Film Kuyang: Sekutu Iblis yang Selalu Mengintai

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."