Oleh-oleh Khas Semarang, dari Lumpia hingga Bandeng Presto dan Wingko Babat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi lumpia. Pexels/Angela Roma

Ilustrasi lumpia. Pexels/Angela Roma

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kota Semarang merupakan salah satu kota yang kerap dijadikan sebagai tujuan destinasi wisata. Ibukota Provinsi Jawa Tengah ini dikenal menyimpan banyak destinasi wisata untuk menghabiskan waktu liburan, termasuk oleh-oleh khas Semarang.

Bagi para wisatawan, rasanya kurang afdol tanpa membawa oleh-oleh khas Semarang untuk keluarga, sahabat, kolega, atau orang-orang terdekat. Salah satu jenis buah tangan yang bisa dibawa saat pulang dari Kota Semarang adalah kuliner Semarang.

Oleh-oleh Khas Semarang

Berikut adalah lima oleh-oleh makanan khas Semarang yang wajib dibawa setelah berlibur atau berkunjung ke Semarang.

1. Wingko Babat

Resep Wingko Babat

Wingko Babat menjadi makanan yang wajib dibawa sebagai buah tangan ketika mengunjungi Kota Semarang. Jajanan ini berbahan dasar tepung beras, gula, ketan, dan parutan kelapa. Wingko babat terdiri atas beraneka macam rasa, mulai dari durian, coklat, pisang, dan original.

2. Lumpia

Lumpia Basah/sumber: cookpad.com

Makanan ikonik khas Semarang adalah lumpia. Rasanya akan kurang lengkap tanpa membeli lumpia sebagai buah tangan khas Semarang, Lumpia khas Semarang ini berupa lumpia yang berisi rembung (bambu rebus) dengan cita rasa renyah nan gurih. Lumpia Semarang mempunyai dua jenis, yaitu lumpia basah dan lumpia kering. Keduanya memiliki perbedaan dari warnanya, dengan lumpia basah bewarna putih sedangkan lumpia kering bewarna coklat.

3. Roti ganjel rel

Rekomendasi oleh-oleh makanan khas Semarang berikutnya yakni roti ganjel rel. Makanan ini memiliki warna coklat dengan tekstur alot dan bantat. Bentuknya mirip seperti kayu pengganjal rel kereta api zaman dahulu sehingga dikenal dengan nama ‘roti ganjal rel’. Kue ini memiliki aroma kayu manis yang khas.

4. Mochi

Kueh Moaci Gemini, Cemilan Legendaris Khas Semarang Dengan Citarasa Unik . foto: istimewa

Mochi adalah sebutan kue khas Semarang yang berbentuk boola-bola kecil bewarna putih. Tekstur kue mochi sangat lembut dengan dalamnya yang berisi kacang atau gula aren. Kue mochi terinsipirasi dari Jepang dengan bahan utamanya adalah tepung ketan.

5. Ikan Bandeng Presto

tokoindonesia.com

Oleh-oleh khas Semarang berikutnya adalah ikan bandeng presto. Sesuai namanya, makanan ini berbahan dasar ikan bandeng. Uniknya, tekstur daging ikan bandeng sangat lembut, tak hanya di bagian daging saja tetapi juga bagian durinya. Oleh sebab itu, ketka menyantap ikan bandeng presto tak perlu khawatir tertusuk duri.

Pilihan Editor:  Deretan Oleh-oleh Khas Bali, Ada Kebaya Bali hingga Pie Susu

NAOMY A. NUGRAHENI | S. DIAN ANDRYANTO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika


Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."