Deretan Oleh-oleh Khas Bali, Ada Kebaya Bali hingga Pie Susu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Foto dok. Source : Pinterest

Foto dok. Source : Pinterest

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di ulasan Food & Travel kali ini, kita membahas oleh-oleh khas Bali. Salah satu buah tangan Pulau Dewata yang populer adalah pie susu. Tapi sebenarnya bukan itu saja pilihan oleh-oleh khas Bali, Sahabat Cantika. Ada udeng, tas rotan hingga kopi kintamani. Berikut 11 pilihannya dan kisaran harganya.

1. Kebaya Bali

Kebaya Bali sudah menjadi pakaian tradisional yang wajib digunakan saat acara perayaan keagamaan dan acara budaya. Kainnya berbahan brokat yang dililit selendang panjang ini memiliki warna kebaya  bervariasi.

Kebaya Bali biasanya dijual mulai dari harga Rp100.000 - 400.000. Harga ini tergantung dari kualitas bahan baku pembuatan kebaya.

2. Tas Rotan

Foto: Ist/Net

Tampil cantik dengan mix and match outfit menggunakan tas rotan estetik khas Bali. Tas rotan ini merupakan sling bag berbahan anyaman yang berbentuk bulat.

Oleh-oleh satu ini cocok sekali buat kaum hawa yang cocok dikenakan di acara kasual atau ke berwisata ke pantai. Tas rotan ini banyak dijual di kios-kios pinggir jalan atau pusat oleh-oleh dengan harga yang bervariatif.

Harganya terbilang cukup terjangkau mulai dari Rp50.000-Rp100.000. Namun Anda juga bisa membelinya di pasar tradisional yang harganya bisa ditawar.

3. Kain Pantai

Tomoson.com

Bali identik oleh keindahan pantainya, maka dari itu cocok menggunakan kain sangat mengunjungi kawasan wisata tersebut dan dijadikan oleh-oleh. Kain Pantai ini biasanya bermotif batik bunga-bunga yang berwarna cerah. 

Kain ini bisa semakin mempercantik setelan outifit Anda saat bepergian ke pantai pastinya. Kalau mau dikreasikan sebagai aksesori outfit kasual untuk hangout juga bisa. Harga kain pantai ini relatif murah mulai dari Rp50.000 - Rp100.000

4. Baju Barong

Foto dok. Produsen Jersey printing

Gambar barong merah di tengah kaos menjadi desain ikoniknya. Warnanya beragam, seperti merah, hijau, biru, ungu, dan kuning. Bahannya terbuat dari katun yang pastinya nyaman saat dipakai untuk berbagai aktivitas.

Baju barong biasanya digunakan untuk baju bersantai atau kasual. Cocok sekali dipakai oleh kaum pria ataupun wanita. Ukurannya yang oversized akan menambah kesan stylish. Jika dipadupadankan dengan celana jeans atau celana pendek. Kisaran harga baju barong ini dibanderol mulai dari harga Rp20.000 - Rp50.000.

5. Udeng

Foto dok. (salsawisata.com)

Udeng menjadi ikat kepala khas yang digunakan oleh laki-laki Bali. Selain memiliki corak yang beragam, namun umumnya warnanya hampir sama yakni, putih, batik, dan hitam. Setiap warna pada udeng memiliki makna dan kegunaan yang berbeda. Namun biasanya udeng dengan warna putih menjadi incaran para wisatawan.

Udeng putih biasa dijual di toko oleh-oleh ataupun kios-kios pinggir jalan. Harganya dibanderol mulai dari Rp60.000 - Rp80.000. 

6. Topeng Ukir

99.co

Topeng ukir merupakan warisan budaya Bali yang sering dipakai di acara kesenian tradisional Bali. Topeng menjadi atribut wajib bagi para penari yang sedang memerankan karaker tokoh di acara pertunjukkan.

Biasanya Topeng Calonarang diperjualbelikan untuk oleh-oleh bagi wisatawan. Topeng ini bisa dijadikan hiasan estetis yang memperindah ruangan. Menaruhnya di dinding ruangan ataupun etalase. Harga topeng ukir ini dibanderol mulai dari Rp75.000 - Rp150.000

Di halaman selanjutnya, daftar kuliner yang menjadi oleh-oleh khas Bali

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."