Perjalanan Karier Raline Shah di Industri Hiburan, Mulai dari menjadi Model

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Raline Shah. Foto: Instagram/@ralineshah

Raline Shah. Foto: Instagram/@ralineshah

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam ulasan kali ini, kita mengulik perjalanan karier Raline Shah. Dia baru saja berulang tahun ke-39 pada Senin kemarin, 4 Maret 2024. Perempuan pemilik nama asli Raline Rahmat Shah ini besar di Medan, Sumatera Utara. Lahir dari keluarga terpelajar, Raline Shah mendapat hak istimewa untuk bersekolah di sekolah asing. Dia diketahui pernah belajar di Kolej Tuanku Jaafar di Malaysia.

Profil Raline Shah

Setelah menempuh pendidikan di sana, ia melanjutkan pendidikannya di National University of Singapore dan mengambil jurusan Ilmu Politik. Hingga akhirnya memperoleh gelar Bachelor of Arts di bidang Ilmu Politik dan Media Baru dan Komunikasi pada tahun 2007. Semasa bersekolah, Raline tampil sebagai penyanyi di NUS Jazz Club dan dua kali tampil di Singapore International Arts Festival.

Karier Raline Shah dimulai saat belajar di luar negeri di Singapura. Saat itu, dia menjadi model untuk Mannequin Studio dari tahun 2004 hingga 2008. Kemudian pada 2012, dia melanjutkan untuk tampil di layar kaca dengan film 5 Cm sebagai Riani. Film ini menjadi terkenal dan memenangkan Penghargaan Sinematografi Terbaik pada tahun 2013.

Karier Akting Raline Shah

Karya Raline Shah terus meningkat. Setahun setelah film 5cm, dia membintangi film 99 Cahaya di Langit Eropa. Aktris ras campuran ini berperan sebagai Fatma, bersama dengan Acha Septriasa, Abimana Aryasatya, dan Dewi Sandra. Film ini mengangkat tema drama religi dan diadaptasi dari novel karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra.

Setelah sukses dengan 99 Cahaya di Langit Eropa, Raline Shah melanjutkan perjalanan karirnya dengan berperan sebagai Rana dalam film Supernova. Pada 2015, Raline mendapat kesempatan untuk tampil di film Surga yang Tak Dirindukan bersama seniornya Laudya Chintya Bella. Berkat filmnya tersebut, ia mampu meraih Penghargaan Peran Pendukung Wanita Terbaik di Festival Film Bandung 2015.

Kemudian, pada tahun 2016, Raline Shah bermain dalam film berjudul Terpana bersama Fachri Albar dan Reza Rahadian. Film ini menceritakan kisah seorang wanita kota yang bertemu dengan seorang pria desa dalam situasi yang tak terduga.

Sejak saat itu, Raline telah membintangi puluhan film layar lebar, termasuk Ayat-ayat Cinta 2 (2017), Benyamin Biang Kerok (2018), dan Ranah 3 Warna (2021). Ia juga pernah membintangi beberapa sinetron dan acara televisi.

Tak puas menjajal dunia ating, Raline mencoba peruntungan di dunia tarik suara, dirinya berduet dengan Marcel Siahaan dengan judul Aku Milikmu dan video musik tersebut berhasil ditonton hingga lebih dari 1,4 juta kali di YouTube. 

Karier Raline Shah semakin bersinar dan cemerlang di dunia film, model iklan, video klip musisi ternama. Bahkan perempuan berparas cantik ini sudah dikenal oleh banyak artis Internasional seperti Bella Hadid, Lady Gaga, hingga Seungri, salah satu anggota grup musik BIG BANG. Tak jarang dirinya juga mengunggah foto bersama dengan para aktor luar negeri di akun instagram pribadinya. 

Raline Shah juga aktif dalam kegiatan sosial. Dia pernah menjadi sukarelawan di organisasi United Nations High Commissioner for Refugees dan World Wide Fund for Nature.Tidak sampai di situ, pada tahun 2018 Raline juga terdaftar sebagai salah satu pendiri Yayasan Tunas Bakti Nusantara.

Pilihan Editor: Makna Pendidikan bagi Raline Shah, Luaskan Cara Pandang dan Pengembangan Diri

MYESHA FATINA RACHMAN I DWI LUCY SUSETIOWATI | IMDB

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."