Pakai Produk Lokal, Mendag Zulkifli Hasan: Lebih Keren, Bahannya Nyaman, dan Ekonomis

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan saat ditemui usai show Klamby di ajang Plaza Indonesia Fashion Week di Jakarta, Minggu, 3 Maret 2024/Foto: CANTIKA/Ecka Pramita

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan saat ditemui usai show Klamby di ajang Plaza Indonesia Fashion Week di Jakarta, Minggu, 3 Maret 2024/Foto: CANTIKA/Ecka Pramita

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menurut State of the Global Islamic Economy Report, Indonesia menduduki posisi ketiga modest fashion di dunia dari 81 negara lainnya. Prestasi tersebut dikatakan bukan tanpa alasan, menurut Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan produk lokal khususnya fashion mulai banyak digemari masyarakat karena desainnya bagus, kualitas tidak kalah dengan produk luar, harganya lebih ekonomis, dan dipakai terasa nyaman. 

"Oleh sebab itu, kami berharap produk Indonesia semakin digemari. Bangga tidak cukup, dimulai dari bangga, bela, dan beli buatan produk lokal. Tentu saja untuk ritel perbelanjaan diberikan space yang sama dengan produk luar, jangan ada perbedaan. Siapa lagi yang memperhatikan kalau bukan kita," ucap Zulkifli usai ditemui di acara fashion show KLAMBY, Plaza Indonesia Fashion Week di Jakarta, Minggu, 3 Maret 2024. 

Salah satu bentuk dukungan dan penadampingan dari Kemendag ialah melindungi lewat Permendag No.51. Selain itu, untuk mengenalkan produk Indonesia ke panggung internasional Kemendag akan mendukung penuh agar brand dan desainer bisa memiliki slot, salah satunya di New York Fashion Week. 

"Kami memberikan kesempatan untuk brand dan desainer Indonesia untuk terus mengembangkan produknya agar semakin berkualitas, sehingga memiliki kesempatan untuk tampil di acara global. Mulai dari menguasai pasar domestik lebih dulu," ucap dia. 

Membincang produk lokal, Zulkifli Hasan juga mengenakan kemeja berbahan katun dari Klamby. Warnanya biru gelap atau navy dengan corak bunga kecil warna putih yang terinspirasi dari Nusa Tenggara Timur. Koleksi kemeja yang dikenakan Zulkifli Hasan ialah rangkaian series Archipelago untuk koleksi Raya tahun ini. 

"Rasanya nyaman dipakai dan modelnya juga bagus, selain itu harganya juga ekonomis," ucap Zulkifli yang mengaku sehari-hari kerap mengenakan produk lokal, baik untuk busana maupun sepatu. 

Begitu pula saat berkumpul dengan  keluarga di Hari Raya,ia kerap mengenakan sarimbit atau seragam yang disiapkan dan diatur oleh istri tercinta. "Kalau saya kan kelaurga besar jadi seringnya pakai seragam muslim. Cucu saya tujuh, anak empat, dan menantu tiga, jadi ramai," seloroh dia. 

 Pilihan Editor: Mendag Zulkifli Hasan Dukung 7 Brand Fashion yang Akan Melenggang di New York Fashion Week

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."