5 Pose Yoga untuk Ibu Hamil

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ibu hamil melakukan prenatal yoga. Freepik.com/Senivpetro

Ilustrasi ibu hamil melakukan prenatal yoga. Freepik.com/Senivpetro

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Masa kehamilan salah satu momen spesial bagi wanita karena mereka merasakan emosi menjadi seorang ibu. Namun, tubuh wanita mulai mengalami sejumlah ketidaknyamanan karena perubahan hormonal yang terjadi, mulai dari mual maupun masalah pernapasan. Maka dari itu, ibu hamil direkomendasikan menyesuaikan pola hidup sehat dengan perubahan fisik dan mental termasuk melakukan yoga prenatal. Latihan yang aman dan menenangkan ini bisa menjaga keseimbangan tubuh dan pikiran ibu hamil. Berikut beberapa pose yoga untuk ibu hamil yang perlu diketahui.

1. Konasana (Pose sudut)

Dok. The Yoga Intitute

Pose yoga ini sebaiknya dilakukan pada trimester pertama yaitu 12 minggu pertama selama kehamilan Anda berjalan. Latihan ini memperkuat rahim dan membantu fungsi ovarium yang sehat, menghilangkan sembelit yang merupakan gejala kehamilan. Pose yoga ini juga mengurangi tekanan ekstra berat kehamilan dan merangsang sirkulasi dengan memijat kaki dan betis tubuh.

2. Virabhadrasana (Pose Prajurit)

Dok. Yoga Jurnal

Pose yoga ini dianggap aman dilakukan selama minggu kehamilan trimester kedua dan ketiga yang membantu mengencangkan dan memperkuat lengan, kaki, serta punggung bawah tubuh. Ini juga membantu pernapasan dan sirkulasi darah. Pose Virabhadrasana ini juga meningkatkan kesadaran tubuh, membantu mengikat hubungan tubuh dan pikiran, juga meningkatkan kesehatan mental seseorang.

3. Trikonasana (Pose segitiga)

Pose segitiga yang dimodifikasi ini membantu ibu hamil memulihkan keseimbangan trimester karena membuat mereka lemah seiring berjalannya waktu. Sebaiknya pose ini dilakukan pada trimester kedua dan ketiga. Pose tersebut menopang punggung bagian bawah dan membantu kelancaran proses persalinan dengan meregangkan dan membuka pinggul. Ini juga meningkatkan fungsi pencernaan wanita hamil yang terkadang menjadi masalah yang menyakitkan.

4. Marjariasana (Pose Kucing-Sapi)

Dok. Yogajala

Ibu hamil sebaiknya mempraktikkan pose yoga prenatal ini selama trimester pertama dan ketiga karena melibatkan serangkaian gerakan serta meregangkan tulang belakang sambil membiarkan perut menggantung yang juga melepaskan ketegangan. Pose ini juga membantu dalam mengubah posisi bayi untuk persalinan yang ideal dan membantu mengurangi rasa sakit selama persalinan, juga meningkatkan aliran darah.

5. Badhakonasana (Pose kupu-kupu)

Foto dok. Yog4lyf

Pose yoga ini disarankan dilakukan pada trimester masa kehamilan dan merupakan salah satu pose yoga paling efektif untuk wanita yang takut nyeri persalinan. Pose kupu-kupu ini membantu membuka pinggul Anda dan meningkatkan fleksibilitas paha bagian dalam, sehingga mengurangi rasa sakit. Pose ini juga mengurangi kelelahan dan membantu proses lahiran dengan mudah.

Pilihan Editor: Teman Bumil Ungkap Tren Ibu Hamil Masa Kini Menyukai Sesi Prenatal Yoga

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."