Sarkem Fest 2024 Digelar di Malioboro, dari Pembagian Kue Apem hingga Atraksi Perempuan Berkebaya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi kawasan Malioboro, Yogyakarta. Shutterstock

Ilustrasi kawasan Malioboro, Yogyakarta. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Wisatawan yang sedang berkunjung ke Kota Yogyakarta akhir pekan ini bisa mampir ke salah satu ruas jalan Malioboro, yakni Jalan Pasar Kembang- Jalan Sosromenduran. Sebab di kawasan itu, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta menggelar event Sarkem Fest 2024 pada 1-2 Maret 2024.

Acara yang digelar menjelang Ramadan itu mengusung tajuk Kenduri Ruwahan Apem. Di mana dalam ajang itu ada berbagai atraksi menarik yang bisa disaksikan wisatawan. Mulai pembagian kue apem, atraksi perempuan berkebaya, aksi onthel, aksi seni budaya dan panggung seni.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogya, Wahyu Hendratmoko mengatakan acara tersebut sebagai ajang promosi potensi pariwisata kawasan Sosrowijayan dan Pasar Kembang dalam rangka untuk memperkuat daya tarik wisata Kota Yogya.

"Sarkem Fest mengusung tradisi Ruwahan yang identik dengan apeman yang merupakan tradisi Warga Sosromenduran setiap menjelang Ramadan," katanya.

Atraksi Wisata Sarkem Fest 2024

Wahyu mengungkapkan Sarkem Fest dimeriahkan dengan pembuatan apem yang diikuti oleh 54 RT serta kirab 7 gunungan apem. Kirab ini dimulai dari panggung utama yang berada di depan Patra Malioboro Hotel kemudian melintasi jalan Pajeksan, jalan Pasar Kembang, jalan Malioboro, dan kembali ke panggung utama.

Sebelum dibagikan kepada masyarakat dan wisatawan, lanjutnya, gunungan tersebut terlebih dahulu dididoakan. Terdapat 500 orang yang berkontribusi dalam acara ini.

"Penyerahan apem ini merupakan simbol silaturahmi dan permintaan maaf, sehingga setiap orang akan lebih siap dalam menjalani ibadahnya selama Ramadan," kata dia.

Dalam acara tersebut juga menyajikan berbagai kesenian mulai dari tari anak, hadroh, penampilan musik tradisional, pop Jawa dan remix yang dimainkan oleh seniman-seniman Yogyakarta. Selain itu terdapat 20 booth bazar Ekraf yang diisi produk-produk UMKM.

"Hal ini menunjukkan bahwa seniman dan masyarakat Sorsomenduran siap menyambut semua wisatawan yang datang ke Kota Yogya," imbuhnya.

Asisten Perekonomian Kota Yogyakarta, Kadri Renggana mengatakan Sarkem Fest 2024 memang untuk menarik wisatawan yang biasanya berada di jalan utama Malioboro, masuk lebih dalam ke perkampungan di dalamnya.

"Apalagi event ini diadakan di salah satu pusat destinasi wisata utama di Yogya. Ini juga sebagai upaya untuk menyemarakkan berbagai kegiatan agenda wisata Kota Yogya," kata dia.

Dengan begutu setiap wisatawan yang berkunjung selalu ada agenda wisata baru yang menarik di Yogyakarta.

"Selain itu adanya festival ini diharapkan benar-benar memberdayakan semua elemen masyarakat di Pasar Kembang, sehingga semua warganya akan semakin sejahtera," katanya.

Pilihan Editor: Cerita Belanja di Teras Malioboro 1, Penjual Informatif dan Bisa Bayar Pakai QRIS

PRIBADI WICAKSONO | YUNIA PRATIWI 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."