Resep dan Trik Membuat Roti Pisang yang Lembut, Cocok untuk Camilan Akhir Pekan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Roti pisang/Foto: Instagram/Cooking Is Quarantine

Roti pisang/Foto: Instagram/Cooking Is Quarantine

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Rasanya nikmat saat pagi hari menyeruput kopi dengan kudapan roti piang atau banana bread yang baru dipanggang. Roti pisang adalah makanan penutup yang umum di banyak rumah, mungkin itulah sebabnya banyak dari kita memiliki kenangan indah tentang camilan lezat ini. 

Roti pisang mudah dan enak dibuat dan menjadi makanan penutup yang populer dan camilan enak karena lebih sehat dibandingkan makanan panggang lainnya. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis menjadikannya favorit baik orang dewasa maupun anak-anak. Pisang juga kaya potasium dan vitamin B6, roti pisang merupakan sumber vitamin dan mineral penting.

Berikut resep roti pisang yang enak dari Chef Sanjeev Kapoor, cocok untuk camilan akhir pekan.

Bahan-bahan:

2 pisang sedang

¼ cangkir mentega

½ sdt bubuk kayu manis

½ sdt esens vanila

½ sdm jus lemon

1 sdm sirup maple

Sedikit soda kue

Sedikit garam laut

2 telur

85 gram tepung almond

1 sdm biji rami bubuk

Gula icing untuk taburan

Keripik kentang untuk disajikan

Cara Membuat:

1. Panaskan oven terlebih dahulu pada suhu 180°C. Ambil 2 buah pisang ukuran sedang di atas loyang dan panggang selama 10-15 menit. Biarkan agak dingin.

2. Kupas pisang lalu masukkan ke dalam mangkuk besar dan haluskan menggunakan garpu. Tambahkan mentega dan aduk hingga tercampur rata.

3. Tambahkan bubuk kayu manis, esens vanila, jus lemon, sirup maple, soda kue, garam laut, dan pecahkan telur ke dalam mangkuk yang sama dan aduk rata.

4. Tambahkan tepung almond, bubuk biji rami dan aduk adonan hingga tercampur rata.

5. Pindahkan adonan yang sudah disiapkan ke dalam cetakan silikon dan ketuk perlahan. Tempatkan cetakan di atas loyang. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan selama 20-25 menit.

6. Keluarkan cetakan dari oven dan biarkan dingin hingga mencapai suhu kamar. Buang cetakannya dan potong-potong.

7. Taburi icing sugar di atasnya dan masukkan beberapa potong ke dalam kotak makan siang. Kemas bersama dengan keripik kentang.

Tips dan trik membuat roti pisang yang enak

1. Pisang matang: Untuk mendapatkan rasa manis dan rasa yang maksimal, gunakan pisang yang terlalu matang. Lebih baik lagi, pisangnya harus berwarna coklat!

2. Pencampuran yang benar: Sebelum menyatu, campurkan bahan basah dan kering secara terpisah. Hal ini mengurangi kemungkinan terjadinya pencampuran berlebihan, yang dapat menghasilkan roti yang keras.

3. Jangan mencampur secara berlebihan: Aduk adonan hanya sampai bahan-bahannya hampir tercampur. Roti pisang yang padat mungkin disebabkan oleh pencampuran yang berlebihan.

4. Tambahkan kelembapan: Untuk membuat adonan lebih empuk dan lembab, masukkan sedikit buttermilk, yoghurt, atau krim asam.

5. Gunakan gula merah: Gula merah memberikan kelembapan dan rasa yang dalam pada roti pisang. Anda bisa menggunakan gula merah seluruhnya atau campuran gula merah dan gula putih.

6. Tambahkan tekstur: Untuk menambah tekstur dan rasa pada adonan, coba tambahkan kacang cincang, keping coklat, atau buah kering.

7. Jangan mengintip: Agar roti tidak roboh saat dipanggang, usahakan jangan terlalu sering membuka pintu oven.

8. Periksa kematangan: Untuk memeriksa apakah roti sudah matang, tusukkan tusuk gigi ke tengahnya. Anda harus mendapatkan sedikit remah basah atau hasil yang bersih.

9. Dinginkan dengan benar: Setelah roti pisang mendingin di dalam loyang selama sepuluh hingga lima belas menit, pindahkan ke rak kawat untuk menyelesaikan pendinginan. Dengan melakukan ini, kecil kemungkinannya untuk menempel di wajan.

10. Simpan dengan benar: Agar tetap lembab, simpan sisa roti pisang dengan dibungkus rapat dengan plastik wrap atau wadah kedap udara. Ia juga mampu membekukan.

Pilihan Editor: Mencoba Resep Korean Chicken Wings yang Sering jadi Kudapan Spesial di Drama Korea

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."