8 Manfaat Diet Rendah Karbohidrat untuk Kesehatan Tubuh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi diet makanan mentah. Freepik.com/Yanalya

Ilustrasi diet makanan mentah. Freepik.com/Yanalya

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seorang ahli nutrisi dari Klinik SENS, Deepak Pal, mengatakan bahwa diet rendah karbohidrat memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Deepak menjelaskan bahwa meskipun ada banyak manfaat dari diet semacam itu, tetap penting untuk memperhatikan kebutuhan dan kondisi tubuh masing-masing sebelum memulai diet baru.

Dia juga menegaskan bahwa respon tubuh terhadap diet tertentu dapat bervariasi pada setiap individu, sehingga disarankan untuk berkonsultasi dengan tenaga profesional sebelum memulai diet tersebut.

Berikut adalah beberapa manfaat diet rendah karbohidrat yang dilaporkan oleh Hindustan Times:

1. Menurunkan Berat Badan

Umumnya, diet rendah karbohidrat digunakan untuk mengendalikan berat badan. Konsumsi makanan yang rendah karbohidrat membuat tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi, sehingga berat badan dapat turun.

2. Meningkatkan Kontrol Gula Darah

Individu dengan resistensi insulin, pradiabetes, atau diabetes tipe 2 dapat mendapatkan manfaat dari diet rendah karbohidrat karena membantu mengatur kadar gula darah.

3. Mengendalikan Nafsu Makan

Mengonsumsi lebih banyak protein dan lemak sehat dalam diet rendah karbohidrat dapat membuat perasaan kenyang lebih lama, membantu mengontrol nafsu makan yang berlebihan dan mencegah penambahan berat badan.

4. Meningkatkan Produksi Energi

Individu yang menjalani diet rendah karbohidrat mungkin mengalami peningkatan energi dan kejernihan mental karena tubuh mereka menjadi lebih efisien dalam membakar lemak sebagai sumber energi.

5. Memperbaiki Kadar Trigliserida

Diet rendah karbohidrat sering dikaitkan dengan penurunan kadar trigliserida, yang penting untuk kesehatan jantung.

6. Mengurangi Risiko Peradangan

Beberapa jenis diet rendah karbohidrat menekankan makanan tidak diproses atau minim pengolahan, yang dapat membantu mengurangi risiko peradangan dalam tubuh.

7. Menurunkan Tekanan Darah

Studi menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat dapat membantu mengatur tekanan darah, faktor penting dalam menjaga kesehatan jantung.

8. Meningkatkan Kolesterol HDL

Meskipun efeknya dapat berbeda-beda, beberapa orang mengalami peningkatan kolesterol HDL, atau kolesterol baik, saat menjalani diet rendah karbohidrat.

Pilihan Editor: Diet Vegan Belum Tentu Cocok untuk Semua Orang, Simak Penjelasan Ahli

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."