5 Resep Menyeduh Kopi Agar Memiliki Aroma dan Cita Rasa Istimewa

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi kopi hitam tanpa gula. Foto: Freepik/8photo

Ilustrasi kopi hitam tanpa gula. Foto: Freepik/8photo

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Lebih dari sekedar peningkatan energi sederhana, menyeduh kopi telah berkembang menjadi sebuah bentuk seni, dengan masing-masing metode mengungkap simfoni rasa dan aroma yang berbeda. Bagi pecinta kopi, menyeduh kopi lebih dari sekedar rutinitas—ini menjadi sebuah bentuk seni, perpaduan rasa yang harmonis yang menunggu untuk diatur. 

Dalam wawancara dengan HT Lifestyle, Devanshi Tripathi, Pendiri North Star Cafe, menjelaskan, “Dari ketelitian dalam pembuatan infus hingga intensitas espresso, kemahiran penuangan hingga kreativitas Aeropress, ketahanan cold brew hingga kesederhanaan penyeduhan satu porsi, ada banyak metode yang tersedia untuk meningkatkan biji kopi sederhana menjadi minuman yang luar biasa.”

Berikut tiga resep metode menyeduh kopi yang bisa menghadirkan cita rasa dan aroma istimewa kopi: 

1. Kopi Tetes

Ini adalah metode klasik dan tidak merepotkan. Anda hanya perlu pembuat kopi dan kopi bubuk. Masukkan filter ke dalam keranjang, tambahkan bubuk kopi, tuangkan air, dan biarkan mesin bekerja. Dalam beberapa menit, Anda akan mendapatkan seteko kopi panas dan segar yang siap disantap.

2. French Press

Yang ini lebih praktis, tapi sepadan dengan rasanya yang kaya dan utuh. Mulailah dengan memanaskan air (jangan sampai mendidih), lalu tambahkan bubuk kopi kasar ke dalam French press. Tuang ke dalam air, aduk, dan biarkan terendam selama sekitar empat menit. Kemudian, tekan tombolnya secara perlahan, dan Anda siap melakukannya.

3. V-60

Jika Anda mencari metode pembuatan bir yang lebih terkontrol, tuang adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Anda memerlukan kertas kerucut tuang, saringan, dan kopi bubuk. Tempatkan kerucut di atas cangkir Anda, tambahkan filter dan bubuk kopi, lalu tuangkan air panas secara perlahan ke atas bubuk kopi dengan gerakan memutar. Metode ini memungkinkan Anda mengontrol kekuatan dan rasa kopi Anda.

4. Aero Press

Perangkat penyeduh kopi serbaguna dan portabel, menggunakan tekanan udara untuk mengekstrak rasa dari kopi yang digiling halus, menciptakan minuman pekat dan kaya dengan profil unik, mirip dengan pembuat espresso manual tetapi dengan sentuhan khas, melibatkan pembasahan filter, penambahan kopi, menuangkan air panas, mengaduk, dan menekan melalui filter ke dalam cangkir.

5. Siphon (Vacuum Pot)

Menyeduh kopi melalui proses visual yang menawan dengan dua ruang—satu untuk air dan satu lagi untuk bubuk kopi. Saat panas menghasilkan tekanan uap, air berpindah ke ruang atas, bercampur dengan bubuk kopi. Saat api dimatikan, kopi yang telah diseduh ditarik kembali melalui filter ke ruang bawah, menghasilkan cangkir yang bersih dan beraroma dengan metode penyeduhan khas yang melibatkan penambahan air, perendaman, dan penyaringan.

Pilihan Editor:  5 Kesalahan Umum Menyeduh Kopi, Waktu Penyeduhan Tidak Tepat

HINDUSTAN TIMES 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."