6 Objek Wisata Air di Kuningan, Ada Telaga Biru Cicerem hingga Curug Putri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Telaga Biru Cicerem. Shutterstock

Telaga Biru Cicerem. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kuningan adalah salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki banyak rekomendasi tempat wisata alam mulai dari gunung, curug hingga danau atau setu. Nah, kali ini kita mengulik pilihan objek wisata air di Kuningan. Selain Telaga Biru Cicerem, ada Curug Putri dan Telaga Nilem yang menawarkan keindahan wisata air.

1. Telaga Biru Cicerem

Telaga Biru Cicerem terletak di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan. Sesuai dengan namanya, air di Telaga Biru Cicerem berwarna biru jernih. Di dalam air Anda akan melihat ikan beraneka warna. Ada juga ayunan untuk bergelantung yang menarik dicoba, tepat di atas telaga. Setiap pengunjung akan dikenakan biaya sekitar Rp 10.000.

2. Lembah Cilengkrang

Lembah Cilengkrang terletak di Desa Sukamukti, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan. Darmawisata ini dikelola langsung oleh warga setempat dalam naungan Kelompok Tani Hutan (KTH). Pengunjung tidak perlu khawatir jika tempat wisata akan terasa padat dan penuh sesak. Karena lembah ini memiliki luas sekitar 20 kilometer persegi.

Tidak hanya semak belukar, di sini juga ada beberapa air terjun dan pemandian air panas yang pasti dapat membuat tubuh lebih rileks. Berkunjung ke Lembah Cilengkrang, Anda harus menyiapkan uang sekitar Rp 8.000 hingga Rp 12.500 untuk tiket masuknya.

3. Curug Putri

Curug Putri. Instagram

Curug Putri adalah salah satu spot populer di Taman Nasional Gunung Ciremai. Air terjun itu terletak di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur. Di sekitar air terjun ada hutan pinus yang terasa pas untuk menginap dan tinggal sejenak di alam. Ada juga fasilitas spot selfie seperti rumah hobbit, bunga matahari, dan tower bambu. Harga tiket masuknya berkisar Rp 20.000, belum termasuk tiket parkir.

4. Curug Landung

Curug Landung menjadi salah satu air terjun yang berada di Taman Nasional Gunung Ciremai. Curung ini dibuka 24 jam setiap hari. Tapi disarankan untuk datang ketika cuaca sedang cerah saat aliran air tidak terlalu deras. Bagi pengunjung yang ingin berenang, pastikan kondisi tubuh fit karena harus menghadapi hawa dingin. Untuk biaya masuknya sangat terjangkau, sekitar Rp 10.000 per orang.

5. Curug Payung

Wisata di kabupaten Kuningan selanjutnya ialah Curug Payung. Curug tersebut berada di Desa Gunungmanik, Kecamatan Ciniru. Karena belum ada yang mengelola, siapa saja bisa masuk ke sana tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Dan waktu terbaik untuk berkunjung ke Curug Payung adalah pukul 07.00 hingga 16.00 WIB.

6. Telaga Nilem

Telaga Nilem. Visitkuningan

Telaga Nilem berada di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan. Air di telaga ini tampak tenang, sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin belajar menyelam. Tetapi pengunjung harus tetap berhati-hati karena dasar telaga ini berupa bebatuan yang diselimuti lumut hijau. Untuk tiket masuk hari kerja (weekdays) adalah Rp 5.000 dan Rp 17.500 saat akhir pekan (weekend).

7. Kolam Pemandian Cibulan

Kolam tersebut merupakan objek wisata tertua di Kabupaten Kuningan yang diresmikan pada 27 Agustus 1939 oleh Bupati Kuningan kala itu, yakni R.A.A. Mohamad Achmad. Di kolam pemandian Cibulan ini, pengunjung bisa berenang sekaligus bermain dengan ikan-ikan yang dirawat pengelola dan masyarakat setempat.

Yang menarik di Kolam Pemandian Cibulan, ada ikan dewa yang dipercaya merupakan prajurit yang membangkang pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi. Sang Prabu yang marah langsung mengutuk prajurit pembangkang tersebut menjadi ikan. Ikan-ikan dewa ini dipercaya jumlahnya tetap, tidak pernah bertambah banyak.

Itulah tempat wisata di Kuningan beserta lokasi dan harga tiket masuknya. Mengunjungi tempat-tempat wisata ini bisa dijadikan sebagai momen untuk bersantai di alam. 

Pilihan Editor: Berwisata ke Umbul Ponggok, Simak Harga Tiket dan Jam Operasionalnya

 

PUSPITA AMANDA SARI | MELYNDA DWI PUSPITA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."