10 Kandungan Skincare untuk Mengatasi Jerawat, Asam Salisilat hingga Benzoil Peroksida

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita kesal dengan jerawat. shutterstock.com

Ilustrasi wanita kesal dengan jerawat. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Memakai produk perawatan kulit atau skincare secara rutin salah satu cara mengatasi jerawat. Dalam pemilihan produk skincare, ada beberapa kandungan yang berkhasiat melawan jerawat. Umumnya bersifat membuka pori-pori tersumbat dan melawan peradangan atau inflamasi. Berikut ini kandungan skincare untuk mengatasi jerawat menurut dokter kulit, dari asam salisilat hingga sulfur.

1. Asam Salisilat (BHA)

Asam salisilat adalah asam beta-hidroksi, dan bisa dibilang salah satu kandungan skincare paling efektif untuk mengobati jerawat.

“Asam salisilat membantu membuka pori-pori yang tersumbat dan mengontrol minyak, dan sangat ideal untuk orang dengan kulit berminyak dan jerawat komedonal—AKA non-inflamasi,” kata Caroline Robinson, dokter kulit bersertifikat.

2. Kulit Pohon Willow

Mirip dengan asam salisilat, kulit pohon willow adalah bahan alami yang telah terbukti secara ilmiah dapat mengatasi jerawat saat ini sekaligus mencegah timbulnya jerawat di masa mendatang.

“Polifenol dalam kulit pohon willow mengatasi radikal bebas di permukaan kulit dan salisin melawan peradangan,” kata Michelle Henry, dokter kulit bersertifikat.

Dia menambahkan bahwa beberapa penelitian bahkan menunjukkan perbaikan kerutan dan tekstur ketika mengoleskan kulit pohon willow di kulit.

3. Benzoil Peroksida

Benzoil peroksida adalah antiseptik dan dianggap sebagai salah satu bahan paling efektif untuk mengobati jerawat ringan hingga parah. “Benzoil peroksida bekerja dengan membunuh dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat,” jelas Hannah Lea Anderson, ahli kecantikan SkinSpirit.

"Selain itu, benzoil peroksida membantu mengurangi peradangan dan merupakan salah satu bahan favorit saya untuk pasien rosacea," ucapanya.

4. Hidrokoloid

Perban hidrokoloid awalnya ditujukan untuk menyembuhkan luka ringan, seperti luka bakar. Namun, orang-orang menemukan bahwa obat ini memberikan keajaiban pada jerawat dengan menghilangkan jerawat di kepala dan meratakannya dengan cepat.

Segel kedap air ini pada dasarnya bekerja dengan mengeluarkan infeksi dan nanah, dan juga menciptakan lingkungan kaya kelembapan yang bermanfaat untuk penyembuhan. Saat ini, Anda bisa menemukan perban hidrokoloid berukuran kecil untuk jerawat, dan ini sangat efektif.

5. Retinol

Anda mungkin pernah mendengar tentang retinoid yang disebut-sebut sebagai pahlawan anti-penuaan, tetapi tahukah Anda bahwa bahan ini awalnya digunakan sebagai pengobatan jerawat? “Sebagai terapi andalan untuk jerawat, retinoid dan retinol memiliki rekam jejak yang luar biasa dalam mengatasi masalah kulit yang umum,” kata Dr. Henry.

Retinol membantu membuka pori-pori yang tersumbat, mengelupas kulit, dan meningkatkan pengendapan kolagen.

6. Adapalena

Beberapa jenis kulit tidak dapat menoleransi retinoid dengan baik karena bahan ini dapat membuat kulit kering dan menyebabkan iritasi. Di sinilah peran adapalene, bahan untuk mengatasi jerawat dengan penelitian selama lebih dari tiga dekade yang menunjukkan kemanjurannya.

Anderson mengatakan, “Adapalene adalah turunan retinoid yang lembut, dapat ditoleransi dengan baik dan efektif untuk mengobati jerawat. Ini cocok untuk pasien jerawat yang tidak toleran terhadap tretinoin dan retinoid berkekuatan resep lainnya.”

7. Asam Alfa Hidroksi (AHA)

AHA—yang antara lain meliputi asam glikolat, asam laktat, dan asam mandelat—adalah bahan pengelupas yang ampuh untuk mengelupas lapisan atas kulit. Ini menghilangkan sel-sel kulit mati, mencerahkan kulit, dan membantu membuka pori-pori yang tersumbat.

“AHA efektif dalam menghilangkan jerawat dengan melemahkan adhesi sel dan menghilangkan bekas jerawat atau hiperpigmentasi, yang pada akhirnya menghasilkan warna dan kompleksitas kulit yang merata,” jelas dokter Henry.

8. Tea Tree Oil

Jika Anda lebih memilih bahan-bahan alami untuk mengatasi jerawat, minyak pohon teh atau tea tree oil adalah pilihan utama. Ini adalah bahan antibakteri dan anti-inflamasi yang kuat yang dapat membantu meminimalkan jerawat dan menjaga kulit tetap bersih.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah minyak ini sangat kuat, jadi minyak esensial murni harus diencerkan daripada dioleskan langsung ke kulit Anda. Agar aman, gunakan produk yang sudah diformulasikan sebelumnya.

9. Niacinamide

Niacinamide adalah bahan perawatan kulit yang sangat baik untuk meminimalkan hiperpigmentasi akibat jerawat, jelas dokter Robinson. Niacinamide juga dapat membantu hidrasi kulit, yang sangat penting untuk perbaikan kulit. “Dengan menghidrasi dan memperkuat pelindung kelembapan kulit, niacinamide dapat membantu menghilangkan jerawat dan bekas jerawat dalam jangka panjang," ucapnya.

10. Belerang

Mungkin sedikit berbau, tetapi belerang atau sulfur dikenal efektif sebagai bahan jerawat yang dapat membantu membersihkan kulit. “Belerang membantu menyerap kelebihan minyak dari kelenjar minyak kulit, sehingga kemacetan dapat diminimalkan,” jelas Anderson.

Secara khusus, belerang adalah bahan antibakteri yang membantu melawan bakteri jerawat (P. acnes) untuk mengurangi peradangan dan mencegah munculnya jerawat.

Pilihan Editor: Boleh atau Tidak Memencet Jerawat? Ini Kata Dokter

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."