Berjuang Melawan Depresi, Hindari Lakukan 6 Hal Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi depresi. Shutterstock

Ilustrasi depresi. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Depresi adalah gangguan suasana hati di mana seseorang merasakan kesedihan dan kehilangan minat secara terus-menerus. Gejala depresi adalah kelelahan, perasaan tidak berharga, putus asa, kehilangan tenaga, kesulitan berpikir atau mengambil keputusan, dan pikiran akan kematian atau bunuh diri. Dan, saat berjuang melawan depresi, terapis Alison Seponara menyebutkan beberapa hal yang perlu dihindari. Sebab hal tersebut bisa menghambat perkembangan ke arah yang lebih baik. Yuk, kita telusuri bersama.

1. Mengabaikan Masalah

Tidak peduli betapa tidak berartinya perasaan dan emosi yang mungkin kita alami. Faktanya, hal itu yang perlu dihindari. Anda harus menerima permasalahan dan menggali lebih dalam untuk lebih mengenal diri.

2. Pola Tidur Buruk

Rutinitas tidur yang sehat sangat penting untuk menjaga sistem saraf tetap rileks dan tenang. Upayakan tidur tidak terlalu larut atau membiarkan pola tidur menjadi kacau.

3. Mengunci Diri di Dalam Rumah

Anda harus memaksakan diri untuk keluar rumah dan berjalan-jalan di alam terbuka. Hal ini dapat membantu Anda mengalihkan pikiran kita dari hal-hal yang berputar-putar. Sebab tetap terkunci di dalam bisa membuat Anda merasa lebih buruk.

4. Terpaku pada Berita-berita Menyedihkan

Disadari atau tidak, media dapat membuat Anda tertekan dengan berita-berita buruk yang terjadi di seluruh dunia. Anda harus berusaha menjauhi berita menyedihkan, kejahatan, atau penuh tekanan sebisa mungkin.

5. Merasa Bersalah

Anda seharusnya tidak pernah merasa bersalah atas depresi yang kita alami. Sebaliknya,Anda perlu mencoba mencari cara untuk mengatasi emosi dan membuat diri sendiri merasa lebih baik.

6. Membanding-bandingkan

Membandingkan diri Anda dengan orang lain adalah cara memandang kehidupan yang tidak sehat. Anda harus ingat bahwa setiap orang memiliki perjalanannya masing-masing, dan Anda perlu fokus pada perjalanan kita sendiri.

Selain menghindari hal-hal di atas, berkonsultasi dengan pakar juga menjadi bagian penting dalam melawan depresi.

Pilihan Editor: Wanita Lebih Banyak Mengidap Depresi Dibanding Pria, Saatnya Peduli Kesehatan Mental

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."