Seberapa Penting Punya Tujuan yang Sama dengan Pasangan dalam Hubungan?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan berbincang santai. Foto: Freepik.com/Our-Team

Ilustrasi pasangan berbincang santai. Foto: Freepik.com/Our-Team

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam hubungan jangka panjang, memiliki tujuan yang sama dapat memperkuat ikatan Anda dan pasangan. Namun, hubungan juga bisa berkembang dengan seseorang yang memiliki tujuan berbeda dengan Anda. Seperti Yin dan Yang, hal yang berlawanan saling melengkapi. Kuncinya adalah komunikasi dan saling menghormati. Meskipun Anda tidak setuju dengan semua yang dikatakan atau dilakukan pasangan Anda, menunjukkan rasa hormat sangatlah penting. Mari kita mengulik penting atau tidak tujuan yang sama dalam hubungan, menurut Mickey Mehta, Pakar Kesehatan Holistik asal India.

Membahas masa depan bersama menandakan komitmen Anda untuk tetap bersama, memupuk kepercayaan, dan rasa komitmen bersama. Salah satunya mendukung tujuan satu sama lain sangatlah penting. Jika tidak, ekspektasi yang tidak terpenuhi dapat membuat hubungan menjadi tegang.

Misal Anda dan pasangan punya tujuan karier berbeda, itu bukan hambatan. Menurut Mehta, kalian berdua bisa saling mendukung karier dan tujuan masing-masing. Kemungkinan besar kalian akan semakin dekat dengan pasangan, begitu pula sebaliknya. Bersama-sama, penetapan tujuan akan membantu memperkuat hubungan Anda dengan pasangan.

Sebaliknya, memiliki nilai-nilai dan tujuan yang selaras, berarti menciptakan ruang dorongan bersama, juga memberikan arah dan tujuan pada hubungan Anda. Meski demikian, memiliki tujuan karier serupa bisa menimbulkan pro dan kontra. Dari segi pemahaman mungkin lebih baik karena di bidang yang sama, tapi bisa menimbulkan persaingan dan potensi kepahitan jika salah satu pasangan berhasil sedangkan pasangan lainnya tidak. Kepahitan tersebut merupakan garis tipis antara batas pribadi dan profesional terputus yang terkadang tidak dapat diperbaiki.

Jika Anda dan pasangan siap untuk berkomunikasi, mendengarkan, dan bekerja sama melalui komunikasi terbuka dan seimbang, keduanya dapat mencapai tujuan masing-masing, baik sama ataupun berbeda, dan menyelamatkan hubungan mereka. Agar hubungan dapat berkembang, Anda berdua harus berkomitmen untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama, bermimpi dan merencanakan, serta berbagi tanggung jawab untuk mencapai impian mereka.

Berdiskusi selama perjalanan jauh, makan malam, atau kencan minum kopi adalah cara yang bagus untuk mengekspresikan diri, bersikap terbuka, dan menciptakan momen yang berkesan. Terkadang, dalam mengejar tujuan, pasangan mungkin mengabaikan kesenangan kecil dalam hidup. Penting untuk memprioritaskan momen-momen ini karena berkontribusi terhadap kebahagiaan hidup Anda. Pasangan harus secara teratur membicarakan bagaimana hobi dan aspirasi mereka selaras dengan tujuan bersama dalam hubungan. Mengidentifikasi area perselisihan dan menemukan solusi yang memuaskan kedua belah pihak dapat memfasilitasi hubungan yang lebih sehat.

Jadilah pemandu sorak terbesar bagi pasangan, jadikan mereka sahabat terbaik Anda. Rayakan dan nikmati keberhasilan mencapai tujuan. Jadilah pilar penopang dan kekuatan satu sama lain. Tunjukkan kesuksesan pasangan Anda dengan bangga, sebuah sikap yang sering kali hilang dalam dunia yang kompetitif saat ini. Dukunglah pasangan Anda dalam masa suka dan duka, begitu pula sebaliknya, karena pasang surut ini adalah bumbu yang memperkaya esensi hubungan yang kuat.

Pilihan Editor: Sebelum Kencan, Perhatikan 5 Tips Ini Agar Kamu Memiliki Hubungan yang Aman

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."