Bersifat Anti-inflamasi, Berikut Manfaat Succinic Acid untuk Perawatan Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memakai serum. Freepik.com

Ilustrasi wanita memakai serum. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di ulasan kecantikan atau Beauty kali ini, mari kita mengenal salah satu kandungan asam dalam produk perawatan kulit alias skincare, yakni asam suksinat atau succinic acid. Seperti kita ketahui, kandungan asam dalam banyak produk skincare membantu mengatasi berbagai masalah perawatan kulit, biasanya melalui pengelupasan kulit secara kimiawi. Namun, penting untuk dicatat bahwa meskipun sebagian besar asam perawatan kulit, seperti asam glikolat dan asam laktat, termasuk dalam salah satu dari dua kategori utama – asam alfa hidroksi (AHA) dan asam beta hidroksi (BHA) – succinic acid tidak termasuk dalam kategori tersebut karena bukan pengelupas kimiawi.

Dibanding popularitas asam lainnya, sebenarnya succinic acid telah digunakan selama bertahun-tahun dalam pengobatan tradisional, tapi baru mendapatkan sorotan belakangan ini. Succinic acid secara alami ditemukan dalam tebu dan memiliki sifat antimikroba serta anti-inflamasi. Berkat sifat itu, succinic acid berperan dalam pengkondisian ulang kulit dan bersifat antioksidan, menurut Mark Curry, ahli kecantikan yang juga salah satu pendiri The Inkey List.

“Faktor-faktor ini dapat menjadikan bahan ini setara dengan retinol dan vitamin C,” jelasnya dikutip dari laman PopSugar, Sabtu, 17 Februari 2024.

Manfaat Succinic Acid Untuk Kulit

Succinic acid memiliki beragam manfaat, termasuk sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang bantu  mengatasi jerawat, produksi minyak berlebihan, dan garis-garis halus.Succinic acid juga cukup lembut untuk semua jenis kulit, bahkan mereka yang memiliki kulit sensitif, tidak bisa dikatakan untuk semua asam.

Selain itu, kandungan ini juga membantu hidrasi, terutama bila digunakan bersama dengan asam hialuronat. Jadi, lain kali Anda berada di toko kecantikan favorit Anda, carilah produk perawatan kulit yang mengandung succinic acid, sehingga Anda dapat menguji manfaatnya.

Sebelum Anda mencoba mengujinya, ingatlah bahwa kulit setiap orang berbeda-beda, jadi sebaiknya selalu berkonsultasi dengan dokter atau dokter kulit sebelum menambahkan bahan baru ke dalam rutinitas Anda. Pastikan Anda menguji produk apa pun dengan succinic acid sebelum menggunakannya di seluruh wajah Anda, hanya untuk memastikan kulit Anda dapat menoleransi bahan tersebut.

Pilihan Editor: BHA Baik untuk Kulit Berminyak, Simak Manfaat dan Efek Sampingnya

POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."