6 Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Termasuk Toxic People

Ilustrasi konflik dengan bos. Shutterstock

karir

6 Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Termasuk Toxic People

Selasa, 24 September 2019 21:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam rutinitas sehari-hari kita bisa saja berhadapan dengan orang-orang yang menyusahkan sekaligus merugikan orang lain atau biasa dikenal dengan istilah toxic people. Bisa jadi kita satu tim dengan rekan kerja yang punya tipe toxic people. Menurut ahli psikologi yang diungkap di laman Times of India, kita tidak memiliki kendali atas perilaku orang lain, tetapi kita bisa mengubah cara bereaksi dengan toxic people tersebut di lingkungan kantor.

Melansir laman Times of India, berikut enam cara menghadapi rekan kerja dengan tipe toxic people.

1. Tidak perlu terbawa emosi

Salah satu cara terbaik untuk melindungi diri dari rekan kerja toxic people adalah dengan membatasi diri secara emosi. Banyak toxic people menggunakan trik pikiran untuk menggerakkan orang lain secara emosional dan ketika Anda jatuh ke dalam perangkap itu, hasilnya situasi semakin sulit.

Contohnya, orang itu mungkin sangat mendukung ketika Anda bersamanya, tetapi kemudian diam-diam dia akan merongrong Anda di depan bos Anda. Ketika Anda mengetahuinya, bukankah itu membuat Anda marah atau sedih karena tidak pernah mengharapkan perilaku seperti itu darinya? Kemarahan atau kesedihan sangatlah menguras emosi.

2. Lebih banyak bergaul dengan orang produktif

Perbanyaklah bergaul dengan rekan kerja yang produktif. Salah satu ciri perilaku klasik toxic people adalah mengasingkan korban. Jadi, pastikan Anda tidak mudah menyerah pada tipu daya jahat mereka.

3. Jangan coba-coba membuktikan mereka salah

Cara terbaik untuk menangani rekan kerja toxic people adalah tetap fokus pada pekerjaan Anda. Sering kali Anda mungkin tergoda untuk membuktikan kesalahan mereka, tetapi melakukan hal itu hanya akan membuat mereka lebih termotivasi untuk mempermalukan Anda. Ingat, Anda tidak memiliki kendali atas perilaku orang lain. Jadi, jangan mencoba memperbaikinya karena orang-orang seperti itu tidak bisa menerima.

4. Abaikan kegiatan dan tingkah mereka

Mungkin sangat sulit untuk mengabaikan kegiatan dan tingkah rekan kerja toxic people. Inilah saatnya Anda latihan sabar dan belajar mengabaikan orang-orang seperti itu. Setiap kali Anda menemukan rekan kerja toxic people bersikap kasar kepada Anda, ulangi saja kata-kata ini dalam hati, “Alhamdulillah, saya tidak seperti dia.” Bayangkan berada di posisinya. Apakah Anda ingin memperlakukan orang lain seperti yang dilakukannya? Tentu saja tidak. Dengan begitu Anda lebih menyadari sisi positif dalam diri.

5. Jangan pernah membagikan hal pribadi

Kebanyakan toxic people adalah manipulator hebat. Berbagi informasi pribadi dengan orang-orang semacam itu seperti memberi mereka senjata untuk menghancurkan Anda. Berhati-hatilah dengan apa yang Anda bicarakan dengan mereka. Sebab informasi pribadi itu bisa digunakan untuk melemahkan motivasi kerja atau memicu stres. Jadi, ciptakan interaksi yang profesional dan simpel dengan mereka.

6. Ingatlah mereka hanya rekan kerja

Kapan pun keadaan menjadi sulit, ingatlah tidak ada situasi yang permanen. Tempatkan mereka sebagai rekan kerja secara profesional di kantor dan tidak perlu berhubungan di luar itu. Jangan menghabiskan waktu Anda dipengaruhi racun mereka. Ingatlah, masih ada keluarga dan sahabat yang sangat membutuhkan, menghargai, dan menyayangi Anda.