Tips Memilih Kentang yang Tepat untuk Mashed Potato

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi mashed potato. shutterstock.com

Ilustrasi mashed potato. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kelezatan kentang tumbuk atau mashed potato sebagian besar ditentukan oleh kentang yang digunakan sebagai bahan dasar utama. Kentang yang tepat akan menghasilkan mashed potato yang lembut. Jadi, sebelum Anda memilih sekantong kentang di pasar, berikut tips memilih kentang yang tepat untuk mashed potato.

Jenis Kentang yang Tepat untuk Mashed Potato

Jika Anda menginginkan mashed potato yang tradisional, lembut, dan tidak menggumpal, pilihan terbaik adalah kentang varietas menengah. Dan yang disukai banyak koki adalah Yukon Gold yang pada dasarnya jenis kentang tidak terlalu bertepung dan tidak terlalu lilin. Kentang berwarna putih, kuning, biru, atau ungu juga bisa digunakan untuk mashed potato.

Meskipun kentang Yukon Gold mungkin merupakan standar emas untuk mashed potato, ini bukanlah satu-satunya kentang yang cocok untuk dihaluskan. Kentang Russet dan Idaho juga bisa jadi pilihan, terutama jika Anda menyukai kentang tumbuk yang lebih ringan dan pulen. Kentang ini cenderung memiliki spektrum yang lebih bertepung.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan jenis kentang yang lebih bertepung, Anda bisa mempertimbangkan untuk memanggang kentang sampai cukup lunak untuk dihaluskan, daripada merebusnya, untuk membantu menjaga kelembutannya.

Jika Anda ingin kentang tumbuk lebih "hancur", dengan beberapa kulit kentang disertakan untuk tekstur yang lebih kasar, Anda harus menggunakan kentang berkulit tipis untuk keseimbangan sempurna. Anda mungkin ingin mencoba kentang red bliss untuk jenis kentang tumbuk ini.

Cobalah bersikap santai dalam menghancurkannya. Karena mengandung lebih sedikit lilin, kentang ini dapat dengan cepat menjadi bergetah jika Anda menumbuknya secara berlebihan. Gunakan alat penghancur tangan sebagai pengganti penggilingan makanan atau ricer untuk kentang yang dihancurkan, karena hal itu akan memberikan kesan lebih kasar dan mengurangi faktor kekenyalan.

Hindari Jenis Kentang Ini untuk Mashed Potato

Hindari jenis kentang berlilin, seperti kentang fingerling, merah, dan kentang yang baru dipanen. Sebab kentang ini dikenal mempertahankan bentuknya saat direbus, sehingga lebih cocok untuk dipanggang atau digunakan dalam resep salad kentang favorit Anda. Dan karena bentuknya sangat baik, bahan ini cenderung tidak menyerap kelembapan, sehingga mentega, krim, dan bahan lainnya tidak mudah tercampur dengan bahan tersebut.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan kentang lilin seperti fingerling untuk menumbuk, Anda sebaiknya menggunakannya dalam resep yang memerlukan tekstur kentang yang lebih "hancur" agar kentang tumbuk tidak seperti lem.

Sebenarnya tidak ada aturan bahwa Anda harus menggunakan satu jenis kentang saat membuat mashed potato. Jika Anda ingin menggunakan beberapa varietas berbeda bersama-sama, hal itu bisa dilakukan. Misalnya, cobalah setengah russets dan setengah Yukon Golds untuk mendapatkan kentang tumbuk yang lebih pulen dan lembut. Atau satu atau dua Yukon Golds yang sudah dikupas dengan kentang red bliss untuk membantu mengurangi kemungkinan mashed potato menjadi kenyal.

Tips Memasak Mashed Potato 

1. Jangan memasak kentang terlalu lama

Tanda kentang sudah matang jika Anda dapat dengan mudah menusukkan pisau atau garpu ke dalamnya. Jika Anda memasaknya terlalu lama saat merebusnya, kentang bisa menjadi lembek dan tergenang air serta tekstur mashed potato mungkin sedikit lebih kenyal.

Anda dapat menghindari hal ini jika Anda memanggang kentang sebagai pengganti merebusnya, atau mempertimbangkan untuk mengeringkan kentang, lalu memasaknya hingga kering selama beberapa menit sebelum dihaluskan untuk membantu mengurangi jumlah kelembapan di dalamnya.

2. Jangan berhemat menggunakan bahan lainnya

Mentega dan krim (atau bahkan krim asam) sangat penting untuk membuat mashed potato yang kental dan lezat. Pastikan Anda tidak berhemat saat menggunakan kedua bahan tersebut. Contoh, untuk satu pon atau 0,4 kg kentang membutuhkan seperempat cangkir krim atau susu dan setengah batang mentega untuk mashed potato yang lezat.

3. Panaskan bahan lainnya

Hindari menambahkan krim dingin dan mentega. Langkah itu akan mendinginkan kentang dan berarti Anda lebih banyak mencampur dan menumbuk kentang. Jadi, panaskan krim dan mentega dalam microwave selama beberapa menit sampai mentega meleleh sebelum dicampur dengan kentang.

Pilihan Editor: 6 Cara Memanggang Kentang, di Oven hingga Air Fryer

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."