5 Jenis Kacang dan Buah-Buahan Kering yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi Kismis Hitam/ANTARA/Shutterstock/Kriacho Oleksii

Ilustrasi Kismis Hitam/ANTARA/Shutterstock/Kriacho Oleksii

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat berusaha turunkan berat badan, perubahan kecil dalam gaya hidup Anda dapat memainkan peran yang besar.  Jika ada satu tambahan kecil pada diet Anda yang dapat membawa hasil besar adalah menambah kacang atau buah-buahan kering ke dalam rutinitas pagi atau malam hari Anda. Selama perjalanan penurunan berat badan, terkadang merencanakan camilan lebih rumit daripada menyiapkan makanan melalui pos. 

Apa yang tampak seperti mengunyah tidak berbahaya dapat menggagalkan upaya Anda sepenuhnya dan menambah kalori, sehingga menyulitkan Anda mencapai tujuan penurunan berat badan. Mengonsumsi buah-buahan kering mulai dari almond, walnut, pistachio, hingga kismis dapat berperan penting dalam mencegah rasa lapar, kesehatan pencernaan, dan pengelolaan kalori. Ini juga dapat membantu mengendalikan lonjakan gula darah. 

Sumber nutrisi yang bagus, buah-buahan kering bermanfaat untuk kesehatan tulang, daya ingat, rambut, kulit, dan juga dalam pencegahan kanker. Mereka kaya akan serat dan mikronutrien yang dapat menjaga otak tetap tajam dan kesehatan tubuh.

Buah-buahan kering dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan karena kepadatan nutrisi dan sifat mengenyangkan. Meskipun padat kalori, buah-buahan memberikan nutrisi penting, lemak sehat, dan serat, sehingga meningkatkan rasa kenyang. Menggabungkan almond, kenari, atau kacang-kacangan dalam jumlah sedang pistachio ke dalam makanan Anda dapat membantu mengendalikan nafsu makan dan mencegah makan berlebihan. 

"Lemak sehat dalam buah-buahan kering berkontribusi pada peningkatan metabolisme dan tingkat energi, mendukung gaya hidup aktif. Selain itu, kandungan serat membantu pencernaan dan membantu menjaga kestabilan kadar gula darah, mengurangi kemungkinan dari ngemil yang tidak sehat," kata Ahli Diet Amreen Shaikh, Kepala Ahli Diet, Rumah Sakit Wockhardt, Mumbai Central.

Namun Syaikh menyarankan untuk mengonsumsi buah-buahan kering secukupnya karena kandungan kalorinya tinggi. “Menggabungkan buah-buahan kering dengan diet seimbang dan olahraga teratur meningkatkan dampak positifnya pada pengelolaan berat badan. Beberapa sumber sehat lainnya termasuk tomat yang dijemur, camilan rumput laut, biji rami, buah ara kering, biji chia, dan beri,” kata ahli gizi tersebut.

Syaikh juga membagikan daftar buah-buahan kering yang bisa mempercepat penurunan berat badan Anda:

1. Almond

Dikemas dengan protein dan lemak sehat, almond membuat Anda kenyang, mengekang nafsu makan, dan mendorong penurunan berat badan. Mereka membantu mengurangi kolesterol, mengatur gula darah dan juga membantu mengendalikan tekanan darah. Segenggam almond yang direndam atau dipanggang merupakan bagian penting dari diet seimbang.

2. Biji chia

Biji kecil ini mengembang di dalam cairan, menciptakan rasa kenyang dan membantu pencernaan, menjadikannya tambahan yang bagus untuk diet penurunan berat badan. Kaya serat, antioksidan, mineral, dan asam lemak omega-3, biji chia dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Mereka juga bermanfaat untuk pencernaan dan kesehatan usus.

3. Buah-buahan kering 

Pilihlah buah-buahan kering seperti aprikot atau kismis. Buah ini memberikan rasa manis dan serat alami, membantu mengendalikan rasa lapar dan mencegah makan berlebihan.

4. Camilan rumput laut

Rendah kalori dan tinggi nutrisi, camilan rumput laut menawarkan kerenyahan yang memuaskan sekaligus menyediakan mineral penting, mendukung pengelolaan berat badan.

5. Tomat yang dijemur

 Dikemas dengan rasa, tomat yang dijemur rendah kalori dan tinggi antioksidan. Mereka dapat meningkatkan cita rasa hidangan tanpa menambah kalori ekstra, mendukung diet yang memperhatikan berat badan.

Pilihan Editor: Tips Turunkan Berat Badan dengan Jalan Kaki, Perhatian Hal Ini

HINDUSTAN TIMES 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

   

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."