Manfaat Glycolic Acid untuk Kulit Wajah dan Cara Menggunakannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tergantung pada jenis dan masalah kulit, ada beberapa bahan yang akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi kulit wajah Anda. Misalnya, jika Anda mencari hidrasi instan, produk yang mengandung asam hialuronat atau gliserin adalah kuncinya. Jika Anda menginginkan sesuatu yang mencerahkan, vitamin C mungkin adalah pilihan terbaik Anda. Dan, untuk mengatasi bekas jerawat atau hiperpigmentasi, asam glikolat atau glycolic acid salah satu solusinya. Di ulasan Beauty kali ini, mari kita mengulik glycolic acid, dari manfaat dan cara menggunakannya.

Apa itu Glyclolic Acid?

Asam perawatan kulit ini termasuk dalam kategori asam alfa hidroksi atau AHA, yang merupakan asam alami yang biasanya ditemukan dalam tebu, bit gula, dan buah. Karena molekul glycolic acid lebih kecil dibandingkan asam AHA (termasuk asam laktat, mandelat, dan sitrat), partikelnya lebih mampu menembus kulit dan dianggap lebih efektif.

Manfaat Glycolic Acid

Glycolic acid sering digunakan untuk mengatasi bekas jerawat, perubahan warna kulit, dan tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus dan kerutan,” kata Anita Sun, ahli kecantikan medis dan pendiri Dermovia, dikutip dari PopSugar, Kamis, 15 Februari 2024.

Glycolic acid juga efektif dalam mengobati kondisi kulit seperti psoriasis, melasma, keratosis seboroik, dan keratosis pilaris. Dengan kata lain, ini sangat bagus dalam melapisi kembali kulit.

Sun juga mengatakan bahwa glycolic acid membantu meningkatkan produksi kolagen dan efektif dalam mengencangkan kulit, mendukung jaringan kulit yang sehat agar tetap kencang dan mencegah pembentukan kerutan.

"Glycolic acid juga efektif dalam menghilangkan sel-sel kulit mati di permukaan dan menghilangkan penumpukan minyak di pori-pori," jelasnya.

Cara Menggunakan Glycolic Acid

Dengan memasukkan bahan ini ke dalam rutinitas perawatan kulit, Anda akan melihat kulit lebih cerah dan merata — terkadang hanya dalam 24 jam. Penting untuk menggunakan bahan perawatan kulit dengan cara yang benar. Jika Anda baru memulai, cobalah menggunakannya dua hari sekali atau tiga hari sekali agar kulit Anda dapat membangun toleransi.

Selain itu, karena glycolic acid ada risiko mengelupas kulit, perhatikan baik-baik bahan lain yang Anda kombinasikan. Jika Anda memiliki kulit sensitif, hindari menggunakan glycolic acid dengan bahan pengelupas kimiawi atau pengelupas kulit fisik lainnya.

Kapan pun Anda memilih untuk menggunakan glycolic acid dalam rutinitas perawatan kulit Anda, penting untuk menindaklanjutinya dengan pelembap, yang akan membantu melindungi pelindung kulit, serta tabir surya.

Pilihan Editor: Manfaat Bakuchiol untuk Kulit Wajah, Mencerahkan hingga Mengurangi Hiperpigmentasi

POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."