5 Kreasi Resep Kacang Merah, dari Sayur Asam hingga Camilan Taiyaki

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi kacang merah. shutterstock.com

Ilustrasi kacang merah. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaKacang merah, makanan yang disukai dalam masakan di seluruh dunia, tidak hanya merupakan tambahan makanan yang lezat tetapi juga mengandung banyak nutrisi dan bermanfaat untuk kesehatan.

Jenis kacang ini, yang secara ilmiah dikenal sebagai Phaseolus vulgaris, mengandung serangkaian manfaat kesehatan dan dapat dimasukkan ke dalam berbagai hidangan, termasuk sup, salad, tumis, bubur, menambah rasa dan nilai gizi pada makanan. 

5 Varian Kreasi Resep Kacang Merah

Meskipun kacang merah sudah dikenal luas, terdapat beragam variasi masakan berbahan kacang merah, masing-masing memiliki karakteristik unik dan manfaat kesehatannya tersendiri. Berikut 5 olahan makanan dengan bahan kacang merah:

1. Bubur Kacang Merah

Bahan-Bahan:

100 gram kacang merah
1 blok gula merah ukuran sedang
2 sdm gula pasir
1 sdt garam
1 sdm tepung maizena
1 sdm tepung beras

Cara membuat: 

Supaya tekstur bubur yang dihasilkan tidak bergerindil, bahan tepung yang digunakan perlu dilarutkan dengan air terlebih dahulu. Siapkan wadah, larutkan tepung maizena dan tepung beras dengan air secukupnya. Aduk sampai larut dan tercampur rata.
Rebus kacang merah selama kurang lebih 40 menit. Buang busa dan endapannya selama proses perebusan. Tusuk kacang merah untuk mencari tahu empuk tidaknya kacang. Setelah empuk, baru masukkan gula, garam, dan larutan tepung. Aduk terus dan masak dengan api sedang sampai mengental. Setelah mengental, angkat.
Untuk kuah santan, kita bias merebus 65 ml santan kental dengan 1 sdt garam, 200 ml air, dan 2 lembar daun yang diikat simpul. Sajikan bubur kacang merah dengan kuah santan. Perpaduan rasa manis bubur dan rasa gurih kuah santan akan menjadi kombinasi yang sempurna.

2. Sup Kacang Merah

Bahan:

150 gr kacang merah, rendam semalaman
1500 ml air kaldu (bisa diganti dengan air biasa dan 1 sdt kaldu bubuk)
4 buah sosis, potong dadu kecil
1 buah wortel, potong-potong
3 siung bawang putih, haluskan
5 siung bawang merah, haluskan
1/2 sdt pala bubuk
1/2 sdt merica
1 batang daun seledri
2 batang daun bawang, potong-potong
garam dan gula secukupnya

Cara membuat:

Rebus kacang merah kurang lebih 10 menit atau hingga matang. Tiriskan kacang.
Rebus air dan masukkan kacang merah, rebus hingga empuk, masukkan wortel dan sosis, masak hingga matang.
Tumis bawang putih, bawang merah dan daun bawang hingga harum, masukkan pala dan merica bubuk. Tumis sebentar hingga harum.
Masukkan bumbu dan seledri ke dalam rebusan. Masak hingga sedap, tes rasa, jika sudah pas, angkat.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."