Tak Bisa Lepas dari Gula, Ganti dengan Pure Buah, Madu atau Sirup Maple

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi gula pasir. shutterstock.com

Ilustrasi gula pasir. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika kamu menyukai sesuatu yang manis dan tidak ingin berlebihan, kamu bisa mencari pengganti gula paling sehat yang memungkinkan kamu menikmati sedikit camilan, tetapi tanpa lonjakan gula darah atau peradangan yang disebabkan oleh gula rafinasi biasa.

Ada beberapa alternatif pengganti gula yang tetap terasa manis, tetapi membantu kamu mengurangi asupan gula, tanpa harus mengorbankan semua rasa manis yang Anda sukai.

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mencoba mengurangi gula dan makanan manis sama sekali. “Gula menyebabkan peradangan dan kecanduan, ditambah lagi banyak orang merasa tidak enak memakannya,” kata ahli diet dan terapis nutrisi Kim Shapira, MS, RD. “Tetapi gula bisa menjadi bagian dari pola makan normal asal dimakan saja dalam jumlah sedang.”

Bagaimana Gula Menyebabkan Peradangan—dan Apa yang Dapat Anda Lakukan untuk Mengatasinya

Shapira merekomendasikan untuk tidak berfokus pada pembatasan gula sama sekali, tetapi melihat apa yang Anda makan secara holistik. “Kue ulang tahun di hari ulang tahun selalu merupakan ide bagus—masalah terbesarnya adalah ketika kue ulang tahun menjadi kebiasaan sehari-hari,” katanya. 

“Hal terbaik yang bisa kita lakukan adalah menambahkan lebih banyak buah-buahan dan sayuran, serat, dan makanan fermentasi ke dalam makanan kita. Lebih baik menambahkannya daripada membatasi dan melatih kewaspadaan saat kita makan.”   

Gunakan pure buah sebagai pengganti gula

Saat Anda membuat kue, salah satu pengganti gula yang paling sehat adalah pure buah. Faktanya, sangat mudah untuk menukar sebagian (atau seluruh) gula dengan saus apel, pisang tumbuk, atau bahkan labu kalengan untuk memberikan tambahan nutrisi dan rasa ekstra pada makanan penutup Anda. Anda sebaiknya menggunakan secangkir pure buah untuk setiap cangkir gula yang Anda ganti, tetapi Anda juga perlu sedikit mengurangi jumlah cairannya, karena buah menambah kelembapan selain rasa manis.

Pilihlah pemanis alami seperti sirup maple dan madu

Ilustrasi madu. Freepik.com

Jika Anda mencari pilihan bagus lainnya untuk menggantikan gula, sirup maple, agave, dan madu harus ada dalam daftar Anda, karena sering kali lebih sedikit diproses dibandingkan gula dan mengandung mineral, vitamin, dan antioksidan, kata Shapira. “Mereka juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan gula rafinasi. Dengan kata lain pengganti ini dapat menyebabkan peningkatan gula darah lebih lambat dan stabil dibandingkan gula.”

Namun alternatif gula yang lebih sehat ini bisa jadi lebih padat kalori dibandingkan gula rafinasi. Misalnya, satu sendok makan madu mengandung 63 kalori, satu sendok makan sirup maple mengandung 52 kalori, dan satu sendok makan gula rafinasi mengandung 43 kalori. “Masing-masing memiliki rasa unik yang dapat meningkatkan cita rasa makanan dan minuman dengan cara yang berbeda, tetapi secara keseluruhan, saya melihatnya sangat mirip dan merekomendasikan agar dikonsumsi dalam jumlah sedang,” kata Shapira.

Pikirkan dua kali tentang pemanis buatan

Pemanis buatan telah menjadi pilihan bagi orang-orang yang menginginkan makanan manis tanpa lonjakan gula, namun terdapat kekhawatiran mengenai masalah kesehatan terkait pemanis buatan selama bertahun-tahun, dan penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi pemanis buatan dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2. atau penyakit kardiovaskular. Meskipun FDA dan badan pengatur lainnya memiliki pemanis seperti aspartam, stevia, dan lainnya yang aman untuk dikonsumsi, mereka mungkin bukan pengganti gula paling sehat yang dapat Anda gunakan.

“Beberapa penelitian dan laporan meningkatkan kekhawatiran tentang potensi kaitannya dengan penambahan berat badan, gangguan metabolisme, dan kanker,” kata Shapira. “Penelitian lebih lanjut diperlukan, namun saat ini kami memiliki teori bahwa pemanis buatan dapat mengganggu proses metabolisme yang menyebabkan konsumsi berlebihan yang mengakibatkan penambahan berat badan.”

Jika Anda mencari pengganti gula yang sehat, pilihlah sesuatu yang berasal dari alam, seperti buah, madu, atau sirup maple. Namun apakah Anda memilih untuk menukar buah atau madu, atau hanya menikmati sedikit gula, berhati-hatilah dengan apa yang Anda makan, kata Shapira. "Makanlah gula dan juga makan makanan lain yang membantu tubuh Anda menyembuhkan dan mengatur diri sendiri. Segala sesuatu dalam jumlah sedang adalah pola yang bagus. 

Pilihan Editor: 6 Tanda Anda Konsumsi Gula Terlalu Banyak yang Perlu Diwaspadai

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."