6 Tanda Anda Konsumsi Gula Terlalu Banyak yang Perlu Diwaspadai

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi donat (Pixabay.com)

Ilustrasi donat (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Gula merupakan sumber energi yang penting dan diperlukan untuk kelangsungan hidup manusia, tetapi bisa berdampak buruk jika dikonsumsi secara berlebihan. Apa saja itu? Antara lain meningkatkan risiko diabetes, hipertensi hingga pikun. Untuk mencegah hal itu terjadi, berikut beberapa tanda Anda konsumsi gula terlalu banyak.

1. Berat badan bertambah

Kenaikan berat badan yang tidak terduga adalah salah satu gejala paling jelas dari asupan gula terlalu banyak. Mengonsumsi banyak gula, terutama dari makanan olahan dan minuman mengandung gula, dapat meningkatkan kadar lemak tubuh.

2  Sering ngidam makanan manis

Ngidam gula bisa muncul karena konsumsi gula dalam jumlah tinggi. Jika Anda terus-menerus mendambakan camilan dan makanan manis, itu bisa menunjukkan bahwa tubuh Anda sudah kecanduan gula.

3. Masalah kulit

Jumlah gula yang berlebihan dalam makanan dapat memperburuk kondisi kulit seperti jerawat dan menyebabkan penuaan dini. Mengonsumsi gula terlalu banyak bisa menyebabkan peradangan yang dapat mengubah penampilan kulit.

4. Kelelahan

Meskipun gula dapat memberi Anda tambahan energi sementara, selalu ada penurunan setelahnya. Jika Anda mendapati diri Anda kekurangan energi atau kelelahan bahkan setelah cukup tidur, hal ini mungkin terkait dengan perubahan gula darah yang disebabkan oleh konsumsi gula terlalu banyak.

5. Penyakit yang berulang

Mengonsumsi terlalu banyak gula dapat menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh. Anda mungkin berisiko mengalami disfungsi sistem kekebalan jika Anda sering jatuh sakit atau memerlukan waktu pemulihan yang lebih lama.

6. Peningkatan resistensi insulin

Resistensi insulin adalah akibat sel-sel tubuh kehilangan kepekaannya terhadap hormon insulin yang mengontrol kadar gula darah. Mengonsumsi gula terlalu banyak secara teratur dikaitkan dengan berkembangnya resistensi insulin, yang pada akhirnya dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

Pilihan Editor: Waspada, Gigi Berlubang Dimulai dari Kebiasaan Konsumsi Gula

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."