Musim Hujan Masih Melanda, Dokter Ingatkan Waspada Leptospirosis

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi anak sakit. shutterstock.com

Ilustrasi anak sakit. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Rini Sekartini, mengatakan bahwa leptospirosis merupakan satu dari sejumlah penyakit yang dapat menyerang anak saat musim hujan. "Leptospirosis ini diakibatkan karena bakteri leptospira sp yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia atau sebaliknya," ujar Rini pada Ahad 11 Februari 2023.

Dia menyebutkan, sejumlah penyakit yang biasa muncul saat musim hujan, antara lain demam berdarah dengue, influenza, dan diare.

Adapun gejala-gejala leptospirosis tersebut, ujarnya, yaitu demam tinggi hingga menggigil, nyeri kepala, nyeri otot khususnya di daerah betis, sakit tenggorokan disertai batuk kering, mata merah dan kulit menguning, mual hingga muntah-muntah dan disertai diare. Penularannya paling sering terjadi melalui kencing tikus yang terbawa oleh air banjir. Jadi hindari anak main di air banjir," katanya.

Rini mengatakan, apabila terkena penyakit tersebut, anak perlu segera dibawa ke dokter untuk memastikan penyakitnya. Penanganan pertama penyakit itu yaitu dengan menurunkan demam atau sakit kepala."Berbagai gejala leptospirosis biasanya akan membaik dalam 1 minggu," dia menambahkan.

Dalam kesempatan itu, Rini menyebutkan sejumlah langkah guna menjaga kesehatan anak saat musim hujan, antara lain menjaga kebersihan diri. "Pastikan pada saat hujan, kebersihan diri dan penyedia makanan harus diperhatikan. Cuci tangan dengan benar, 7 langkah cuci tangan usahakan dengan air yang mengalir," katanya.

Selain itu, ia menyarankan, anak dan pengasuhnya juga perlu mencuci tangan hingga bersih setelah buang air besar atau kecil.

Kemudian, ujarnya, membersihkan bahan makanan, seperti sayuran, dengan air mengalir, dan memasak makanan sampai matang. "Asupan nutrisi tetap perhatikan isi piring. Cukupi kebutuhan akan karbohidrat, protein lemak dan vitamin mineral," dia menambahkan.

Dia juga mengingatkan soal asupan cairan yang cukup yang sesuai dengan usia anak. "Cairan ini dapat berasal dari makanan maupun minuman. Cairan dari minuman dapat berasal dari air putih, susu, atau jus buah," Rini menjelaskan.

Selain itu, pemberian vitamin yang cukup, imunisasi, serta tidur yang cukup.

Pilihan Editor: Musim Hujan Melanda, Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Melawan Pilek dan Flu

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."