Ketahui 5 Jenis Pelukan dan Maknanya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan berpelukan. shutterstock.com

Ilustrasi pasangan berpelukan. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pelukan salah satu cara mengekspresikan kasih sayang dan dukungan kepada orang terdekat. Pelukan kerap dipilih saat menghibur orang yang mereka cintai saat kesedihan melanda. Lewat pelukan, Anda bisa menunjukkan bahwa Anda ada untuk mereka dan menghadapi tantangan bersama-sama. Pelukan juga termasuk sentuhan fisik yang bisa meningkatkan romansa di antara pasangan. Menariknya, ada beberapa jenis pelukan yang punya makna berbeda dan bisa menunjukkan bagian otak mana yang aktif.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2018 di jurnal Psychological Research, penulis utama Julian Packheiser dari Ruhr-Universitaet-Bochum di Jerman, menyoroti bagaimana kebanyakan orang menunjukkan peningkatan preferensi melalui pelukan di sisi kanan, sedangkan pelukan di sisi kiri lebih sering terjadi dalam keadaan positif dan dukungan.

“Hal itu disebabkan oleh pengaruh belahan otak kanan, yang mengontrol bagian kiri tubuh dan memproses emosi positif dan negatif,” jelasnya dikutip dari Hindustan Times, Sabtu, 10 Februaro 2024.

Para peneliti pun mengamati bahwa tangan mana yang akan berada di atas saat berpelukan dapat didasarkan pada kemampuan tangan dan kaki partisipan. Contoh, orang yang tidak kidal biasanya cenderung memeluk orang lain dari sisi kanan, dan lebih sering melakukan itu dibandingkan orang yang tidak kidal.

Sementara itu, jika tangan kiri di atas saat berpelukan biasanya ditunjukkan dalam pelukan antara dua pria atau situasi netral seperti menyapa. Dalam kondisi itu, otak belahan kanan diaktifkan karena emosi negatif dan mempengaruhi gerakan ke kiri. “Interpretasi kami adalah banyak laki-laki menganggap pelukan antar laki-laki sebagai sesuatu yang negatif; oleh karena itu, mereka cenderung menganggap pelukan sebagai sesuatu yang negatif bahkan dalam situasi netral, seperti menyapa,” ujar salah satu peneliti.

5 Jenis Pelukan beserta Maknanya

1. Pelukan Samping

Jenis pelukan ini berarti Anda belum sepenuhnya terlibat dan lebih sering terjadi pada kenalan karena lebih mudah didekati dan cocok untuk orang yang tidak terlalu dekat. Ini menandakan kesopanan dan keramahan. Jika seorang teman dekat atau pasangan romantis memberi Anda pelukan samping, itu menandakan kasih sayang yang cepat, kenyamanan, dorongan atau memberikan energi positif.

2. Pelukan dari Belakang

Pelukan dari belakang secara harafiah berarti “Aku mendukungmu” dan merupakan pelukan kejutan yang menandakan perasaan yang mendalam, mengekspresikan hubungan fisik yang kuat dalam hubungan yang dapat dipercaya, serta menunjukkan bahwa kedua orang tersebut saling menyukai. Pelukan ini juga dapat mengungkapkan apa yang tidak dapat diungkapkan oleh sejuta kata.

3. Pelukan Pinggang

Pelukan di pinggang merupakan pelukan romantis yang intim memberikan celah bagi seseorang untuk mengambil langkah selanjutnya dan berarti keduanya saling memercayai, merasa nyaman bersama atau orang tersebut ingin menghabiskan waktu bersama sebanyak mungkin.

4. Pelukan Beruang

Pelukan beruang alias pelukan erat sambil diremas mengingatkan kita saat berada di dalam rahim saat kita merasa hangat dan aman serta menandakan keintiman. Biasanya bersifat platonis, tetapi berarti Anda dekat dengan si pemeluk dan berbagi momen bahagia bersama ketika Anda tidak memiliki cukup kata untuk dijelaskan seperti saat Anda bertemu seseorang setelah sekian lama atau saat Anda mengucapkan selamat tinggal.

5. Pelukan Menepuk-nepuk

Jenis pelukan ini juga dikenal sebagai pelukan "kawan" atau "teman", menandakan kehangatan dan kenyamanan. Pelukan ini sangat bersahabat dengan beberapa tepukan atau gesekan cepat sebelum Anda melepaskan diri, namun lebih merupakan pelukan intim di antara teman-teman dekat. Pelukan ini juga bersifat platonis. dan indikasi persahabatan yang sangat baik yang dimaksudkan untuk membangkitkan semangat orang yang sedih atau sedih.

Manfaat Pelukan

Berpelukan ketika kita sedang sedih, takut atau sekadar ketika mengucapkan 'halo' biasanya merupakan penanda memiliki hubungan yang lebih intim dan dekat dengan orang lain. Sebuah penelitian pada tahun 2011 bahkan menunjukkan bahwa frekuensi berpelukan adalah indikator yang jauh lebih baik dari kekuatan suatu hubungan dibandingkan berhubungan intim. Menurut Paula Hall, pakar hubungan untuk layanan kencan online Parship, pelukan bukan hanya memberi kenikmatan fisik, tetapi juga perasaan nyaman, aman, dan persahabatan, yang semuanya sama pentingnya dalam sebuah hubungan seperti halnya seks.

Para peneliti juga menemukan bahwa lebih sering berpelukan akan melindungi orang yang stres agar tidak jatuh sakit. Pada tahun 2014, tim dari Carnegie Mellon University (CMU) menemukan bahwa dukungan sosial yang lebih besar dan pelukan yang lebih sering melindungi orang dari peningkatan kerentanan terhadap infeksi yang terkait dengan stres dan mengurangi gejala penyakit yang parah.

Pilihan Editor: Manfaat Memeluk Pasangan Anda dari Belakang Usai Bercinta, Semakin Intim

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."