Manfaat Minyak Kutikula untuk Kuku beserta Cara Menggunakannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kuku. Freepik.com/Valuavitaly

Ilustrasi kuku. Freepik.com/Valuavitaly

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Meskipun Anda bisa tampil maksimal dengan desain seni kuku alias nail art terbaik, perawatan kuku yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan kuku Anda. Bayangkan saja seperti rambut yang sehat dimulai dari kulit kepala, sedangkan kuku yang indah dimulai dari kutikula. Sama seperti kulit, kutikula membutuhkan kelembapan untuk menjaga kuku tetap kuat. Karena kutikula memiliki kelenjar sebaceous (minyak) yang lebih sedikit dibandingkan bagian tangan lainnya, kutikula cenderung cepat kering. Maka dari itu, pentingnya minyak kutikula, yang menurut para ahli kuku alias nail expert harus Anda gunakan secara teratur agar kuku Anda tahan terhadap kerusakan. Yuk, kita kulik selengkapnya seputar minyak kutikula yang baik untuk kesehatan kuku.

Apa Itu Minyak Kutikula?

Walaupun setiap minyak kutikula diformulasikan secara berbeda, Dana Stern, dokter kulit bersertifikat dan pendiri Dr. Dana, mengatakan bahwa minyak kutikula umumnya merupakan kombinasi minyak dan bahan lain yang cara pemakaiannya dioleskan langsung ke kutikula untuk tujuan utama hidrasi.

Selain itu, menurut dokter Stern, minyak kutikula bisa membantu aliran darah

Tapi Dr. Stern memberi tahu saya bahwa ada hal lain yang bisa dilakukan produk ini selain melembapkan. “Misalnya, jika minyak kutikula dioleskan secara teratur dengan gerakan memijat atau aplikator roller ball, minyak kutikula dapat membantu menstimulasi aliran darah ke jari dan dengan demikian berkontribusi pada pertumbuhan kuku yang sehat.”

Manfaat Minyak Kutikula

Ada banyak manfaat menggunakan minyak kutikula, terutama saat musim dingin atau jika Anda sering mencuci tangan. Dengan menjaga kelembapan kutikula, Anda memastikan pertumbuhan kuku lebih cepat dan kesehatan kulit secara keseluruhan.

“Kutikula mudah kering karena paparan cuaca dingin dan berbagai produk berbahaya karena tangan kita jarang tertutup. Dengan mengoleskan minyak kutikula secara teratur, Anda dapat menghindari kekeringan dan pecah-pecah,” jelas Christina Kao, salah satu pendiri Le Mini Macaron. Dia menambahkan bahwa vitamin E juga dapat membantu mengurangi kerusakan akibat sinar UV dengan mengurangi respons peradangan kulit.

Selain itu, menurut dokter Stern, minyak kutikula bisa membantu aliran darah kek jari kuku-kuku. “Misalnya, jika minyak kutikula dioleskan secara teratur dengan gerakan memijat atau aplikator roller ball, minyak kutikula dapat membantu menstimulasi aliran darah ke jari dan dengan demikian berkontribusi pada pertumbuhan kuku yang sehat,” tuturnya.

Seberapa Sering Harus Mengoleskan Minyak Kutikula?

Meskipun Anda dapat menggunakan minyak kutikula sesering yang Anda mau, Thea Green, pendiri Nails.INC mengatakan mengoleskan minyak kutikula setidaknya satu atau dua kali sehari untuk mendapatkan manfaat penuh. Dia merekomendasikan untuk memijat beberapa tetes ke dasar kuku sebagai bagian dari rutinitas pagi dan malam hari Anda. Untuk membantu mengingatkan Anda, cobalah menyimpan botol di meja samping tempat tidur Anda untuk digunakan tepat sebelum tidur dan saat Anda bangun di pagi hari.

Pilihan Editor: 7 Fakta Menarik Kuku yang Perlu Kamu Tahu

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."