2 Kreasi Resep Sajian Imlek 2024, Chicken Dumpling dan Spring Roll

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Spring Roll.

Spring Roll.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Tahun baru Imlek 2024 tinggal menghitung hari lagi, apakah sudah ada rencana menyiapkan hidangan untuk keluarga dan kerabat, jika belum kreasi resep chicken dumpling dan spring roll bisa dicoba.

1. Chicken Dumpling dengan Jamur Shitake 

Pangsit ayam atau chicken dumpling menggunakan jamur shiitake segar dan kering untuk memberikan rasa yang dalam dan seperti daging. 

Bahan-bahan: 

3 1/3 cangkir tepung serbaguna
1 gelas air
2 sendok makan minyak sayur (ditambah 3 sendok makan/45ml)
1 bawang bombay kecil (cincang halus)
4 ons jamur shiitake (cincang)
6 jamur shitake kering (direndam hingga terbentuk kembali dan dicincang)
1 kilogram ayam giling 
2 sendok teh minyak wijen
3 sendok makan kecap
1 sendok teh gula

Cara membuat: 

1. Masukkan tepung ke dalam mangkuk besar. Tambahkan air ke tepung secara bertahap dan uleni hingga menjadi adonan. Proses ini akan memakan waktu sekitar 10 menit. Tutupi dengan kain lembab dan diamkan adonan selama satu jam.

2. Dalam wajan besar, panaskan 2 sendok makan minyak dengan api sedang. 

3. Tambahkan bawang bombay dan masak hingga bening. Kemudian tambahkan jamur cincang segar dan dibentuk kembali. Masak selama 8-10 menit, lalu pindahkan ke dalam mangkuk, bersama dengan ayam giling, minyak wijen, kecap, gula pasir, wine, dan 3 sendok makan minyak.

4. Gunakan sepasang sumpit untuk mengaduk isian dalam satu arah selama kurang lebih 5 menit, hingga adonan menyerupai pasta. Bagi adonan menjadi 48 bagian yang sama. Gulung masing-masing bagian menjadi lingkaran kasar dengan diameter sekitar 3 1/2 inci, dan tambahkan sekitar 2 sendok makan isian. Lipat pangsitnya dan pastikan tertutup rapat. Lanjutkan hingga semua pangsit terkumpul.

5. Pada tahap ini, Anda bisa meletakkan pangsit di atas nampan berlapis perkamen (beri jarak agar tidak saling bersentuhan), dan bekukan hingga padat. Kemudian Anda dapat memindahkannya ke dalam kantong zip-top dan menyimpannya di dalam freezer.

6. Untuk memasak pangsit, baik segar atau beku, tambahkan satu sendok makan minyak ke dalam wajan anti lengket atau besi tuang dengan api sedang. Tambahkan pangsit ke dalam wajan, dan biarkan menggoreng. 

7. Saat bagian bawah pangsit berwarna coklat keemasan, tambahkan air secukupnya hingga setinggi 1/4 inci di atas wajan, dan tutup. 

8. Jika air sudah mengepul, buka tutupnya, dan biarkan pangsit terus digoreng hingga berwarna cokelat keemasan. Sajikan dengan minyak cabai atau saus favorit kami!

9. Jika Anda tidak ingin menggoreng pangsit, Anda juga bisa memasukkannya ke dalam air mendidih, aduk perlahan agar tidak menempel di dasar panci, dan masak hingga pangsit mengapung ke permukaan.

Chicken Dumpling.

2. Spring Roll

Lumpia Cina ala dim sum atau spring roll dan saus celup yang khas ini berasal dari resep turun-temurun. 

Bahan-bahan: 

Untuk marinasi daging: 

8 ons daging babi yang diparut halus
(225g)
¼ sendok teh garam
½ sendok teh minyak wijen
1 sendok teh anggur Shaoxing
½ sendok teh tepung maizena
¼ sendok teh lada putih
2 sendok makan minyak
1 siung bawang putih (cincang)
10 buah jamur shiitake kering (direndam hingga lunak dan diiris tipis)
2 wortel ukuran sedang (dipotong-potong, sekitar 1 cangkir)
1 cangkir rebung (dipotong-potong; lebih disukai yang segar, tetapi yang kalengan juga boleh)
1 kubis kecil (dipotong-potong, sekitar 6 cangkir)
1 sendok makan anggur Shaoxing
2 sendok makan kecap asin
1 sendok teh minyak wijen
½ sendok teh garam (atau sesuai selera)
lada putih (sesuai selera)
1/4 sendok teh gula
2 sendok makan tepung maizena (larutkan dalam 2 sendok makan air dingin)

Bahan kulit:
1 bungkus lumpia
(resep ini menghasilkan sekitar 20 lumpia)
1 sendok makan tepung maizena (larutkan dalam 1 sendok makan air mendidih untuk menyegel lumpia)
Minyak canola (atau minyak kacang atau minyak sayur, untuk menggoreng)

Bahan Saus celup: 

2 sendok teh gula
2 sendok teh air panas
1 sendok teh saus Worcestershire
1 sendok makan kecap

Cara membuat: 

1. Campur daging babi dengan bahan marinasi dan diamkan kurang lebih 30 menit. 

2. Sementara itu, siapkan bahan-bahan lainnya. Potong semua sayuran dengan ukuran yang kira-kira sama. Anda ingin semuanya berukuran sama sehingga setiap bahan menyatu.

3. Tumis daging babi dengan api besar dalam 2 sendok makan minyak, lalu tambahkan bawang putih, jamur, dan wortel. Tumis selama 30 detik, lalu tambahkan rebung, kubis napa, dan anggur Shaoxing. 

4. Lanjutkan menggoreng sebentar. Sesuaikan api untuk merebus campuran, karena kubis napa akan mengeluarkan banyak kelembapan.

5. Masukkan kecap, minyak wijen, garam, lada putih, dan gula. Saat ini, Anda bisa menambahkan 1/4 cangkir air hasil perendaman jamur kering. Ini memperkuat rasa jamur, jadi ini murni sesuai dengan preferensi pribadi Anda. Anda mungkin juga harus merebus isinya lebih lama untuk mengurangi cairan tambahan.

6. Lanjutkan merebus isian selama 3 menit lagi--sampai kubis napa benar-benar layu--dan masukkan bubur tepung maizena hingga mengental. Berapa banyak bubur yang Anda tambahkan bergantung pada kebasahan isian (ini bervariasi jika kubis Anda memiliki lebih banyak kelembapan atau jika Anda menambahkan air jamur opsional), tetapi tidak boleh ada cairan yang menggenang sama sekali.

7. Pindahkan isian ke dalam mangkuk besar yang dangkal, dan biarkan dingin. Masukkan ke dalam lemari es agar lebih dingin—setidaknya satu jam. Yang terbaik adalah memulai dengan isian dingin agar lebih mudah dibungkus. Kunci dalam membungkus lumpia adalah memastikannya kencang, namun tidak terlalu empuk. Sebaiknya gunakan pembungkus lumpia segar jika bisa, karena membekukan bungkusnya dapat menyebabkan kulit lumpia menjadi terlalu lembap.

8. Letakkan pembungkusnya pada permukaan yang rata sehingga salah satu sudutnya menghadap ke arah Anda. Gunakan sekitar dua sendok makan campuran untuk setiap lumpia, dan sendokkan sekitar 2 inci dari sudut yang paling dekat dengan Anda. Gulung sekali lipat kedua sisinya. Lanjutkan menggulungnya menjadi bentuk cerutu. Dengan jari, oleskan sedikit air tepung maizena ke sudut bungkus yang paling jauh dari Anda untuk menutupnya.

9. Tempatkan setiap gulungan di atas nampan. Resep ini menghasilkan sekitar 18-20 lumpia. Anda juga dapat membekukan lumpia ini di atas nampan semalaman, dan memindahkannya ke dalam kantong zip-lock ketika sudah benar-benar beku untuk digunakan nanti. Kami biasanya menggoreng sebagian segar dan membekukan sisanya, kecuali kami mengadakan pesta, dalam hal ini, ini akan menjadi seperti kue panas!

10. Untuk menggoreng lumpia, isi panci kecil (yang membutuhkan lebih sedikit minyak) dengan minyak hingga kedalamannya 2 hingga 3 inci. Panaskan minyak perlahan dengan api sedang hingga mencapai 325 derajat. 

11. Tambahkan lumpia satu per satu secara perlahan, goreng sedikit demi sedikit. Gulung dengan hati-hati ke dalam minyak agar matang merata hingga berwarna cokelat keemasan dan pindahkan ke piring yang dilapisi tisu.

12. Siapkan saus celup dengan menambahkan semua bahan ke dalam panci saus kecil. Campur dan panaskan sampai mendidih dan tuangkan ke dalam mangkuk kecil.  Sajikan lumpia panas dengan sausnya. 

Pilihan Editor: Parade Fashion Show Imlek 2024 di Sarinah, dari Amanda Hartanto hingga Batik Chic

THE WOKS OF LIFE 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."