5 Tips menjadi Populer di Tempat Kerja

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi dua wanita bekerja dalam satu ruangan. Foto: Freepik.com/Pressfoto

Ilustrasi dua wanita bekerja dalam satu ruangan. Foto: Freepik.com/Pressfoto

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menjadi populer di tempat kerja bukan cuma tentang mencari popularitas demi kepentingan diri sendiri, melainkan tentang membangun hubungan positif dan reputasi profesional yang kuat. Reputasi yang baik sangat membantu Anda dalam karier, membantu Anda mendapatkan proyek impian untuk dikerjakan, maju dalam karier Anda, dan membuat nama Anda terkenal, semuanya membantu Anda direkomendasikan untuk peran tertentu atau bahkan promosi.

Untuk menjadi populer di tempat kerja tidak perlu menjadi kesayangan atasan Anda atau menjadi orang pertama yang mengetahui semua gosip tentang rekan kerja Anda. Berikut beberapa tips untuk membantu Anda menjadi populer di tempat kerja Anda.

1. Meningkatkan Peforma Kerja 

Secara konsisten memberikan pekerjaan berkualitas tinggi. Memenuhi atau melampaui ekspektasi pekerjaan Anda dapat memberi Anda rasa hormat dan pengakuan dari rekan-rekan Anda.

Pertahankan profesionalisme tingkat tinggi dalam perilaku, etos kerja, dan penampilan Anda. Dapat diandalkan dan menepati komitmen Anda, memenuhi tenggat waktu, dan menjadi seseorang yang dapat diandalkan oleh rekan kerja.

Keandalan adalah sifat yang berharga di tempat kerja. Anda dapat melakukan ini dengan tetap teratur. Hal ini tidak hanya membantu Anda mengelola beban kerja secara efektif tetapi juga membuat Anda lebih andal dan efisien.

Tunjukkan perilaku dan etos kerja yang ingin Anda lihat pada orang lain. Memimpin dengan memberi contoh dapat menginspirasi kolega untuk melakukan hal yang sama.

2. Jadilah Pemain Tim

Berkolaborasi dengan kolega, berbagi apresiasi saat menuntaskan pekerjaan, dan menawarkan bantuan saat diperlukan, itu bagian dari anggota tim atau team player yang baik. Seorang pemain tim yang kuat sering kali dihargai dan disukai.

Kenali dan hargai upaya kolega Anda. Tindakan sederhana seperti mengucapkan terima kasih atau mengakui kerja keras mereka bisa sangat bermanfaat. Pertahankan sikap positif dan optimis bahkan di masa-masa sulit.

Kepositifan dapat menular dan membantu meningkatkan semangat kerja. Kembangkan keterampilan pemecahan masalah yang kuat untuk membantu tim Anda mengatasi hambatan dan tantangan. Menawarkan solusi dapat menjadikan Anda anggota tim yang berharga.

3. Membangun Hubungan

Investasikan waktu dalam membina hubungan positif dengan rekan kerja. Anda dapat melakukannya dengan menunjukkan minat pribadi terhadap kehidupan mereka dan menjadi pendengar yang penuh perhatian.

Hindari politik kantor, drama, dan hal-hal negatif. Sebaliknya, fokuslah pada pekerjaan Anda. Membangun hubungan yang konstruktif melalui keterlibatan yang tulus dan menghindari perilaku yang memecah belah akan membantu menciptakan lingkungan kerja yang harmonis dan produktif. Ini secara otomatis akan membuat Anda disukai rekan-rekan Anda dan popularitas di antara mereka.

4. Tawarkan Bantuan

Tunjukkan kesediaan untuk mendukung rekan kerja Anda dengan menawarkan bantuan saat mereka membutuhkannya. Hal ini dapat mencakup membimbing mereka dalam mengerjakan tugas, menggantikan mereka saat mereka tidak ada, atau membantu beban kerja mereka.

Menjadi anggota tim yang dapat diandalkan dan membantu membangun kepercayaan dan mendorong suasana kolaboratif di tempat kerja Anda. Ketika Anda berada di sana untuk rekan kerja Anda pada saat mereka membutuhkan, kemungkinan besar mereka juga akan membantu Anda pada saat Anda membutuhkan. Selain itu,

Dengan memberikan bantuan, Anda berkontribusi pada lingkungan kerja positif yang menghargai saling mendukung, yang dapat meningkatkan kepuasan kerja dan produktivitas keseluruhan yang lebih baik.

5. Pembelajaran Berkelanjutan

Penting untuk selalu mengetahui apa yang terjadi di industri Anda dan terus mengasah keterampilan Anda. Komitmen untuk belajar dan pengembangan diri menunjukkan dedikasi Anda terhadap pertumbuhan profesional.

Dengan tetap mengetahui tren industri, Anda dapat beradaptasi dengan lebih baik terhadap perubahan dan tetap berharga di bidang Anda. Pembelajaran berkelanjutan tidak hanya membantu Anda tetap kompetitif tetapi juga membuka pintu menuju peluang dan kemajuan baru dalam karier Anda. Menjadi pembelajar seumur hidup menandakan betapa Anda menghargai pengembangan diri.

Pilihan Editor: 3 Cara Meningkatkan Skill Komunikasi di Tempat Kerja

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."