Ketahui Gejala dan Mengatasi Computer Vision Syndrome, Kelelahan Akibat Bekerja di Depan Komputer

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi - Efek peningkatan waktu menatap layar perangkat elektronik pada kesehatan mata. (ANTARA/Shutterstock/Fizkes)

Ilustrasi - Efek peningkatan waktu menatap layar perangkat elektronik pada kesehatan mata. (ANTARA/Shutterstock/Fizkes)

IKLAN

Dalam website Kementerian Kesehatan Republik Indonesia disebutkan bahwa secara umum Computer Vision Syndrome ditandai dengan nyeri pada leher dan mata. Beberapa gejala lainnya yang termasuk dalam Computer Vision Syndrome adalah sebagai berikut: 

1. Mata Kering

Mata kering adalah salah satu gejala paling umum dari Computer Vision Syndrome. Ketika Anda fokus pada layar komputer, Anda cenderung mengurangi frekuensi berkedip. Berkedip adalah cara alami mata untuk menjaga kelembapan dan menghindari mata kering. 

Kurangnya berkedip dapat menyebabkan mata kering dan mata iritasi. Sensasi seperti terbakar, gatal, atau perih pada mata adalah akibat dari mata kering. Apabila dibiarkan terus menerus, mata kering bisa sangat mengganggu konsentrasi dan kenyamanan Anda saat bekerja. 

2. Mata Lelah 

Fokus yang intens pada layar komputer untuk waktu yang lama dapat membuat otot mata bekerja keras. Hal ini bisa menyebabkan mata lelah dan tegang di sekitar leher. Gejala ini mencakup sensasi berat pada mata, mata terasa tegang, dan perasaan mata seperti tertarik ke dalam. 

3. Sakit Kepala 

Paparan layar komputer atau perangkat digital lainnya seperti handphone atau televisi juga dapat menyebabkan sakit kepala. Gejala ini sering kali terasa di bagian belakang kepala atau di sekitar mata. Sakit kepala pastinya akan mengganggu produktivitas Anda dalam bekerja. 

4. Gangguan Fokus 

Penggunaan yang berlebihan dari layar komputer dapat menyebabkan gangguan fokus, kesulitan dalam memfokuskan mata pada objek-objek yang berjarak dekat atau jauh.

Mengatasi  Computer Vision Syndrome

Apakah Anda pernah mengalami salah satu gejala Computer Vision Syndrome di atas? Sekecil apapun gejalanya, sebaiknya segera lakukan beberapa langkah berikut agar gejala tidak berkembang menjadi lebih serius:

1. Selama bekerja di depan komputer atau perangkat digital, lakukan istirahat mata secara berkala dengan berkedip lebih sering. Berhenti melihat layar komputer selama 15 menit apabila telah menatap layar selama 2 jam.

2. Pakai prinsip 20-20-20 untuk memberikan jeda pada penglihatan Anda. Setiap 20 menit Anda menatap layar komputer, istirahatkan mata dengan melihat benda yang berjarak 20 kaki (6 meter) selama 20 detik.

3. Pastikan kontras dan kecerahan layar komputer Anda sudah disesuaikan agar tidak terlalu terang atau terlalu gelap.

4. Jaga agar posisi kerja Anda nyaman dengan meja dan kursi yang sesuai, serta monitor yang berada pada tinggi mata yang benar.

5. Jika Anda mengalami gejala CVS, Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan optometris atau dokter mata yang dapat meresepkan kacamata khusus untuk bekerja di depan komputer.

6. Jangan ragu untuk menjalani pemeriksaan mata secara berkala untuk memastikan penglihatan Anda tetap dalam kondisi baik.

Pilihan Editor: Punya Kebiasaan Duduk lama atau Mager Bisa Bikin Kelelahan dan Cedera

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."