Perjalanan Karier Niken Anjani yang Dirintis 15 Tahun Lalu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Aktor Niken Anjani saat berkunjung ke kantor Tempo di Palmerah, Jakarta Barat, Selasa, 16 January 2024. TEMPO/ Febri Angga Palguna

Aktor Niken Anjani saat berkunjung ke kantor Tempo di Palmerah, Jakarta Barat, Selasa, 16 January 2024. TEMPO/ Febri Angga Palguna

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Perjalanan karier Niken Anjani di dunia hiburan dimulai 15 tahun lalu. Terlahir dari orang tua yang berkecimpung di dunia perbankan, Niken terjun ke dunia hiburan dengan menjajal berbagai pengalaman, mulai dari akting untuk film, sinetron, Film Televisi atau FTV, hingga menjadi presenter untuk menemukan hal yang paling disukainya.

Dia engaja mencoba berbagai pekerjaan tersebut supaya bisa menemukan apa yang sebenarnya dia sukai. "Aku justru mencari jati diri," kata Niken Anjani kala bertandang ke kantor Tempo pada Selasa, 16 Januari 2024.

Sempat Kebingungan saat Awal Syuting

Di tahun pertama, perempuan lulusan Public Relations ini mendapat kesempatan untuk bermain film.

"Aku enggak kebayang dan enggak pernah merencanakan untuk masuk ke industri ini. Jadi awal aku syuting, aku kebingungan. Pas awal dapat, aku suka, 'kayaknya aku suka nih akting', tapi pada saat itu kita belum tahu bedanya akting dan presenting," katanya.

Karier akting Niken kemudian berlanjut ke sinteron di tahun berikutnya. Menurut Niken, cara kerja film dan sinetron sangat jauh berbeda, terutama dari jam kerjanya. Namun, dia bersyukur pernah menjadi pemain sinetron karena mentalnya menjadi lebih kuat.

"Bisa dibilang mentalku terpola dari syuting sinetron 'oh ternyata sekeras ini ya'," kata Niken.

"Sinetron kejar tayang, jadi persiapannya mepet untuk pendalaman karakter. Tapi aku salut banget sama pemain-pemain sinetron karena mereka bener-bener bisa kerja dengan persiapan yang lumayan pendek, naskah datengnya mepet, dan kejar-kejaran sama waktu, menurutku mereka hebat banget, aku salut," lanjut perempuan 36 tahun ini.

Alasan Niken Anjani Lebih Suka Main Film

Niken lanjut bermain FTV, lalu mendapat tawaran untuk menjadi presenter atau pembawa acara. Setelah mencoba semua itu, dia justru dilema untuk menentukan arah kariernya, terlebih kala itu usianya masih muda. Pada akhirnya, Niken menyadari kalau dirinya merasa lebih bahagia ketika bermain film.

"Aku merasa fulfill (terpenuhi) kalau aku syuting film. Ternyata aku suka mempelajari perilaku manusia, aku suka mempelajari karakter manusia lain melalui akting. Dari akting kita keluar dari diri kita, kita mencoba menjadi karakter itu. Kita belajar cara berpikirnya dia, perasaan dia, sudut pandang dia, dan itu menurut aku menarik. Aku jadi bisa lebih memahami manusia-manusia yang sebenarnya dengan berbagai macam karakter, itu yang aku suka dari akting," kata ibu satu putri ini.

Niken mengaku bisa belajar hal-hal baru selama mendalami karakternya di film. Meski sama-sama seni peran, dia punya  pertimbangan lain memilih main film daripada sinetron ketika mengemban peran orang tua.

"Bedanya (sinetron) dengan film, aku lebih senang dengan yang ada waktu persiapannya. Sekarang aku juga sudah punya anak jadi kalau syuting film atau serial (di OTT) sudah terjadwal, ada contingency tanggal sekian, jadi udah terpola," pungkas Niken Anjani.

Pilihan Editor: Gaya Parenting Niken Anjani, Fleksibel dan Bangun Kedekatan seperti Teman

MARVELA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."