5 Fakta Menarik Lagu Terbaru IU yang Berjudul Love Wins All

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
IU mengubah judul lagu barunya bersama V BTS dari Love Wins menjadi Love Wins All. Foto: Instagram/@edam.official

IU mengubah judul lagu barunya bersama V BTS dari Love Wins menjadi Love Wins All. Foto: Instagram/@edam.official

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi sekaligus aktris asal Korea Selatan, IU merilis lagu Love Wins All pada Rabu, 24 Januari 2024. Lagu ini menandai comeback IU setelah dua tahun rilis terakhirnya, Piece of Pieces pada Desember 2021.

Mengusung genre ballad, lagu ini menceritakan kekuatan cinta sepasang kekasih dalam alunan melodi emosional. Single Love Wins All dirilis bersamaan dengan video musik yang menampilkan IU dan Kim Taehyung atau lebih dikenal V BTS sebagai modelnya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut sederet fakta menarik seputar Love Wins All.

1. Poster Pra-Rilis Tahun Lalu

Poster Love Wins All dirilis pada 15 November 2023 tengah malam waktu Korea Selatan. Bocoran di poster itu menampilkan V BTS selain judul lagunya saat itu, Love Wins.

Di dalam poster bernuansa hitam putih itu terdapat tulisan Love Wins berwarna pink. IU terlihat sedang memotret V BTS yang duduk di depannya. Selain merilis poster, IU juga merilis teaser single-nya di Youtube. 

2. Syuting Video Klip sebelum V BTS Wamil

Menurut pernyataan agensi IU, EDAM Entertainment, syuting video klip Love Wins rampung pada 7 Desember 2023. Hal ini tentu menyesuaikan dengan pendaftaran wajib militer (wamil) V BTS  pada 11 Desember 2023.

Kolaborasi ini juga menandai kali kedua IU bekerja sama dengan anggota BTS. Sebelumnya, dia berkolaborasi dengan SUGA dalam lagu Eight dan People Part 2 milik SUGA. 

IU dan V BTS dalam poster lagu Love Win All yang dirilis pada Rabu, 24 Januari 2024. Foto: Instagram/@edam.official

3. Um Tae Hwa jadi Sutradara Video Klip

Di bagian atas poster teaser tertera sutradara video klipnya adalah Um Tae Hwa. Dia dikenal sebagai sutradara film Concrete Utopia. Dari segi riwayar, IU pernah bekerja sama dengan Um Tae Hwa dalam produksi video untuk konser peringatan 10 tahun IU pada 2018. Saat itu, sutradara Um Tae Hwa mengungkapkan bahwa IU menyarankan mereka bekerja sama setelah menonton filmnya yang berjudul Forest.

4. Ganti Judul Lagu

Pada pertengahan Januari 2024, IU mengganti judul lagunya dari Love Wins menjadi Love Wins All. Hal itu diumumkan langsung oleh EDAM Entertainment, agensi yang menaunginya.

"Kami ingin menginformasikan kepada kalian bahwa judul lagu pra-rilis IU yang akan dirilis pada tanggal 24 Januari pukul 6 sore, diubah menjadi mulai hari ini," tulis EDAM Entertainment di Instagram, 19 Januari 2024.

EDAM Entertainment mengaku keputusan untuk mengubah judul tersebut untuk menghormati dan mendukung semua orang yang mencintai dengan berbagai cara mereka. Agensi telah menerima pendapat dari mereka yang mengungkapkan kekhawatiran bahwa pesan berharga itu mungkin jadi tidak tersampaikan dengan baik karena judul tersebut.

"Jika ada satu hal yang benar-benar berlawanan dengan pesan tersebut adalah kata 'kebencian, yang disebutkan secara rinci dalam intro lagu yang dirilis pada tanggal 18 Januari," tulis agensi.

"Kami sangat berharap pesan asli dari lagu tersebut tersampaikan tanpa meninggalkan bekas luka pada siapa pun, karena setiap cinta memenangkan segalanya di dunia tanpa kebencian," ungkapnya.

Kontroversi muncul ketika individu LGBTQIA+ menyuarakan keprihatinannya terhadap judul lagu, Love Wins. Dia berpendapat bahwa penggunaan frasa ini, yang telah menjadi slogan dalam parade kebanggaan bagi minoritas seksual, untuk konten heteroseksual secara umum dapat melemahkan makna aslinya. Dia mempertanyakan pilihan judul lagu IU tersebut.

Di sisi lain, ada pula yang menganggap kritik semacam itu berlebihan. Mereka berpendapat bahwa sudah ada beberapa lagu berjudul Love Wins, dan frasa itu sendiri mewakili kekuatan universal cinta yang mengalahkan kebencian dan prasangka.

IU dan V BTS. Foto: Youtube.

5. Akting IU dan V BTS di Video Musuk Menuai Pujian

Berlatar belakang masa depan dengan kejadian pasca-apokaliptik, musik video Love Wins All mengisahkan sepasang kekasih yang berjuang untuk bertahan hidup sambil saling jatuh cinta di sepanjang pelarian mereka.

Secara khusus, adegan foto pernikahan IU dan V BTS dalam video klip Love Wins All jadi topik yang hangat diperbincangkan di berbagai komunitas online maupun platform media sosial. Sebelumnya, lagu baru IU ini memang telah mendapat banyak sorotan usai terungkap bahwa V BTS akan berkolaborasi dengannya di proyek kali ini.

Terlihat IU dan V yang mengenakan busana pernikahan di tengah reruntuhan distopia. Hal tersebut merupakan kontras yang menyedihkan sekaligus romantis dengan adanya kehancuran di sekitar mereka. Mereka menjelajahi pusat perbelanjaan yang terbengkalai lalu menemukan pakaian pengantin. Lalu, IU dan V memutuskan untuk mengenakannya. 

Meski dalam suasana yang sedih, chemistry mereka memang patut diacungi jempol. Keduanya bak berakting untuk sebuah drama romantis dengan alur yang memukau. Adegan-adegan yang mengikutinya dinilai hadirkan sinematik yang cemerlang.

Salah satu momen yang sangat menyentuh adalah saat keduanya berfoto di bilik foto sambil mengenakan pakaian pengantin. Ekspresi IU dan V BTS disebut sebagai perpaduan antara kebahagiaan, cinta, dan sentuhan melankolis yang mengharukan. Dalam ruang kecil bertirai itu, mereka seolah menemukan pelarian singkat dari kenyataan suram akhir dunia. Foto polaroid mengenakan baju pernikahan keduanya itu viral dan bikin heboh penggemar.

Setelah adegan photobox dengan baju pengantin, mereka kemudian berdansa dengan lambat. Momen tersebut terasa sangat romantis karena IU dan V tampak natural layaknya pasangan yang sedang mabuk asmara. Dunia di sekelilingnya pun memudar saat mereka tertawa dan bernyanyi. Adegan inilah yang juga dinilai menampilkan chemistry kuat dan jadi perbincangan banyak orang.

Warganet internasional ramai membicarakan akting IU dan V. Platform media sosial juga penuh dengan reaksi, GIF, dan teori penggemar tentang alur cerita di balik video klip ini. Publik dari berbagai penjuru dunia setuju bahwa IU dan V BTS telah memberikan penampilan totalitas mereka yang akan dibicarakan dalam jangka waktu panjang.

"Video musiknya sangat sedih," tulis seorang warganet. "Chemistry visual mereka sangat gila," kata warganet lainnya  "Chemistry mereka sangat bagus. Kim Taehyung melakukannya dengan sangat baik," ungkap seorang warganet.

Pilihan Editor: 4 Fakta Menarik Kisah Cinta Lee Jong Suk dan IU

MARVELA | INTAN SETIAWANTY | SOOMPI | ALLKPOP | KOREABOO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."