Cara Membersihkan Makeup yang Benar Menurut Dokter dan MUA

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi membersihkan make up. Shutterstock

Ilustrasi membersihkan make up. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Membersihkan makeup mungkin tampak relatif mudah, tapi jangan disepelekan. Sebab proses itu merupakan salah satu langkah merawat kulit. Menurut dokter kulit bersertifikat Margarita Lolis, membersihkan riasan atau makeup yang benar membantu regenerasi kulit dan mencegah pori-pori tersumbat yang menyebabkan pembentukan jerawat dan komedo.

Pori-pori yang tersumbat bukan satu-satunya kekhawatiran. Makeup juga dapat menjebak kotoran dan polutan lingkungan pada kulit. Seiring waktu, hal ini dapat menyebabkan penyumbatan, kerusakan permukaan, penuaan dini, dan kekeringan jika tidak dihilangkan dengan benar.

Dan, tentu saja, riasan yang tertinggal di kulit menghalangi penyerapan produk perawatan kulit, sehingga menjadi tidak efektif. Singkatnya, jika Anda tidak menghapus makeup dengan benar dan menyeluruh, tidak ada gunanya melanjutkan rutinitas perawatan kulit Anda yang lain.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut cara membersihkan makeup yang benar menurut dokter dan penata rias.

Cara Membersihkan Makeup

1. Cuci Tangan

Baik dokter kulit Teresa Song maupun dr. Lolis sangat menekankan bahwa Anda harus mencuci tangan sebelum menghapus riasan atau menyentuh wajah Anda. Tujuannya menghindari perpindahan kotoran dan bakteri ke wajah Anda.

2. Pakai Pembersih Wajah 

Untuk benar-benar menghapus riasan, ada dua pilihan yang disetujui para ahli: pembersih wajah berbahan dasar minyak atau micellar water. Kedua pilihan tersebut cukup efektif untuk menghilangkan riasan, namun cukup lembut sehingga tidak akan mengikis kulit.

Meskipun micellar water seringkali merupakan pilihan yang lebih baik bagi mereka yang memiliki kulit rentan berjerawat atau sensitif, pembersih berbahan dasar minyak lebih baik dalam menghilangkan riasan wajah yang tebal atau penuh. Banyak orang beralih di antara keduanya tergantung pada kekhawatiran khusus mereka pada hari itu.

Bagi mereka yang menggunakan micellar water, basahi kapas atau kain yang dapat digunakan kembali dengan produk sebelum menyeka riasan dengan lembut.

Pastikan untuk menghapus seluruh riasan, perhatikan area seperti garis rambut, kelopak mata, dan garis rahang. Tidak perlu dibilas. 

Jika Anda memilih pembersih berbahan dasar minyak, oleskan beberapa pompa (atau satu sendok) ke wajah kering dan pijat lembut produk ke seluruh wajah dan mata. Diamkan sekitar satu menit penuh. Langkah ini akan melarutkan riasan sehingga saat Anda membilasnya, air mengaktifkan emulsi minyak dan mengangkat riasan dan kotoran dari wajah.

3. Hapus Riasan Mata dan Bibir

Anda mungkin memerlukan pembersih mini khusus untuk riasan mata dan bibir yang membandel. Untuk maskara atau eyeliner tahan air, penata rias atau makeup artist (MUA) selebriti Daniel Martin menyarankan untuk menggunakan sedikit minyak pembersih atau micellar water pada kapas pada kapas atau kain, lalu tahan dengan lembut pada mata selama sekitar 15 hingga 20 detik dan usap. Ini juga bisa diterapkan untuk lipstik dan noda bibir yang sudah lama dipakai.

Anda juga dapat memilih penghapus riasan mata khusus, yang sangat bagus untuk formula tahan air yang tahan lama.

4. Pembersihan Ganda

Meskipun beberapa orang memperdebatkan apakah pembersihan ganda atau double cleansing benar-benar diperlukan atau tidak, itu kembali pada jenis riasan yang dipakai, terutama riasan tebal dan tahan air. Pembersihan pertama (baik menggunakan pembersih berbahan dasar minyak atau micellar water) berfungsi untuk menghilangkan riasan, sedangkan pembersihan kedua sebenarnya membersihkan kulit.

Setelah sebagian besar riasan telah hilang (kemungkinan akan ada sedikit sisa pada kulit tidak peduli seberapa rajinnya Anda yang menjadi alasan untuk melakukan pembersihan ganda), lanjutkan dengan pembersih yang lembut dan menghidrasi atau formula yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Pijat lembut pembersih dengan gerakan memutar selama sekitar 60 detik sebelum dibilas hingga bersih dengan air hangat.

Merawat Kulit setelah Membersihkan Makeup 

Setelah Anda menghapus makeup, inilah waktunya untuk fokus pada rehidrasi dan perawatan kulit. Baik dr. Lolis maupun Martin menyarankan penggunaan essens atau toner yang menghidrasi untuk segera menarik kelembapan ke dalam kulit dan membantu mempersiapkannya untuk bahan aktif apa pun yang mungkin Anda gunakan sesudahnya. Ikuti rutinitas perawatan kulit rutin Anda, dan selalu akhiri dengan pelembap.

Kesalahan Umum Membersihkan Makeup yang Perlu Dihindari

Meskipun menghapus riasan mungkin tampak mudah, ada beberapa kesalahan umum yang sebaiknya Anda hindari:

1. Menggosok kulit secara agresif 

Para penata rias dan dokter memperingatkan agar tidak menggosok dan menarik-narik kulit saat menghapus makeup. Menggosok kulit dengan kasar, terutama di sekitar mata, dapat menyebabkan iritasi dan kerutan dini, jelas Lolis.

2. Menggunakan Produk yang Keras

Dr. Lolis mengatakan produk dengan kandungan yang terlalu keras atau tidak cocok untuk jenis kulit Anda, misalnya penghapus riasan dengan alkohol atau pembersih pengupas dapat menyebabkan iritasi, kekeringan, dan sensitivitas.

3. Tidak Membersihkan Makeup  Sepenuhnya

Sisa riasan, terutama di area yang sering diabaikan seperti garis rambut, kelopak mata, dan sekitar garis rahang, dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawat.

4. Melewatkan Pembersihan Ganda

Menurut Martin, pembersihan ganda adalah suatu keharusan untuk menghilangkan riasan seluruh wajah. Untuk riasan tebal atau tahan air, pembersihan ganda menjadi lebih penting.

5. Menggunakan Alat yang Kotor atau Kasar

Kain lap dan spons penghapus riasan bisa menjadi terlalu abrasif pada kulit jika digunakan secara berlebihan, kata dr. Song. Sementara itu, tangan yang kotor, kapas, handuk, waslap, spons, dan sejenisnya dapat membawa kembali bakteri ke kulit sehingga menyebabkan peradangan dan kejengkelan.

Sekali lagi, jika menyepelekan atau melewatkan tahapan membersihkan makeup akan berdampak pada kulit. Tidak hanya gagal menghilangkan seluruh riasan, tetapi juga memicu masalah kulit di masa depan, menyumbat pori-pori, dan menghalangi produk yang diaplikasikan selanjutnya untuk benar-benar menembus kulit.

Pilihan Editor: 8 Tren Makeup 2024, dari Perona Pipi Warna Peach hingga Kilau Perak

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."