Mengenal Apa Itu Tretinoin, Manfaat, dan Efek Sampingnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita menggunakan krim wajah. Freepik.com/Senivpetro

Ilustrasi wanita menggunakan krim wajah. Freepik.com/Senivpetro

IKLAN

Krim Tretinoin vs Gel Tretinoin: Mana Lebih Baik?

Ketika memilih antara gel atau krim, perbedaannya kecil namun penting dan bergantung sepenuhnya pada jenis kulit Anda masing-masing. Tretinoin dalam bentuk gel memiliki konsistensi yang lebih encer dan biasanya lebih cepat menyerap ke dalam kulit sehingga cenderung membuatnya lebih ampuh, juga berpotensi menyebabkan iritasi.

Tretinoin dalam bentuk krim memiliki konsistensi yang lebih kental, tidak cepat menyerap, namun cenderung lebih mudah ditoleransi oleh semua jenis kulit.

Gel tretinoin memiliki kekuatan 0,01% dan 0,025%, sedangkan krim Tretinoin memiliki kekuatan 0,025%, 0,05%, dan 0,1%.

Cara terbaik untuk mengetahui formula tretinoin mana yang terbaik untuk Anda adalah dengan bertanya kepada dokter kulit Anda. Meskipun bahan ini cocok untuk kebanyakan orang, bahan ini paling efektif bagi mereka yang memiliki kulit rentan berjerawat atau kulit dewasa.

Jika Anda memiliki kulit yang sangat sensitif, eksim, rosacea, atau sedang hamil, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum memulai pengobatan.

Efek Samping Umum Tretinoin

Kemerahan, hiperpigmentasi, sensitivitas ekstrim terhadap sinar matahari, pengelupasan, kekeringan berlebihan, gatal, rasa tidak nyaman, perih – semuanya merupakan efek samping dari Tretinoin, kata Dr. Marmur.

Mereka yang menggunakan tretinoin harus selalu memastikan untuk melindungi kulitnya dari sinar matahari setiap saat.

Cara Menggunakan Tretinoin dalam Rutinitas Perawatan Kulit 

Saat pertama kali memulai Tretinoin, penting untuk melakukannya secara perlahan, hanya gunakan beberapa kali seminggu dan kemudian tingkatkan dari sana, tergantung pada seberapa baik kulit Anda menoleransinya. Tanyakan kepada dokter kulit Anda irama apa yang menurut mereka paling cocok untuk kulit Anda sebelum memulai perawatan.

Tretinoin bisa digunakan sebagai pengobatan spot untuk jerawat, tapi saya lebih suka mengaplikasikannya ke seluruh wajah saya. Produk harus dioleskan sekali sehari pada kulit kering, sebaiknya di malam hari.

Dr. Tolpinrud menyarankan untuk menggunakannya tepat sebelum tidur untuk mendapatkan manfaat maksimal dari perawatan Anda. Gunakan tretinoin seukuran kacang polong ke ujung jari dan perlahan oleskan lapisan tipis ke seluruh wajah.

“Untuk membantu meminimalkan iritasi, saya sering menyarankan untuk mengoleskan pelembap sebelum mengaplikasikan tretinoin atau mencampurkan tretinoin dengan pelembap sebelum mengaplikasikannya pada wajah dan leher,” kata Dr. Tolpinrud.

Langkah itu juga membantu bagi pemilik  kulit yang sangat kering untum membantu mengurangi kekeringan atau pengelupasan. Apa pun preferensi Anda, penting untuk memastikan wajah Anda benar-benar kering dan bersih dari produk lain sebelum menggunakan tretinoin. Dan, sekali lagi konsultasi dengan dokter kulit agar sesuai dengan jenis kulit Anda.

Pilihan Editor: Mengenal Apa Itu Ceramide dan Manfaatnya untuk Kulit

POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."