Mengenal Apa Itu Ceramide dan Manfaatnya untuk Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memakai serum. Freepik.com

Ilustrasi wanita memakai serum. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ceramide salah satu kandungan yang memiliki banyak manfaat dalam produk perawatan kulit atau skincare. Sebenarnya, ceramide adalah lipid alami yang sudah diproduksi oleh kulit Anda, tetapi juga dapat ditemukan dalam berbagai produk perawatan kulit, mulai dari pembersih, serum, krim mata, hingga pelembap.

"Ceramide adalah lipid, dan lipid adalah molekul yang membentuk fungsi sel hidup. Ceramide membentuk hingga 50 persen komposisi kulit untuk membentuk pelindung kulit alami,” ujar DiAnne Davis, dokter kulit bersertifikat dan mitra merek CeraVe dikutip dari Popsugar, Kamis, 21 Desember 2023.

Manfaat Ceramide untuk Perawatan Kulit

Jika suatu produk mengandung ceramide, sering kali disebutkan langsung pada kemasannya. Itu karena kandungannya sangat bermanfaat untuk kulit, khususnya sel-sel kulit.

“Ceramide pada dasarnya adalah 'lem' yang menyatukan sel-sel kulit untuk menjaga pelindung kulit (skin barrier) tetap sehat dan utuh,” kata Dr. Davis.

"Pelindung kulit yang sehat, dengan bantuan ceramide, membantu menjaga kelembapan dan mencegah kotoran," tuturnya.

Jika penghalang kelembapan kulit Anda rusak, hal ini dapat menyebabkan kemerahan, iritasi, dehidrasi, kulit mengelupas, dan ketidaknyamanan secara keseluruhan. Kerusakan pada pelindung kulit dapat terjadi karena sejumlah faktor berbeda, termasuk paparan sinar matahari yang berlebihan, kondisi iklim yang buruk, dan penggunaan eksfolian yang berlebihan.

Namun tidak hanya itu saja manfaat ceramide. Selain manfaat hidrasi, ceramide juga bisa membuat kulit terlihat lebih cerah dan awet muda serta membantu menjaga kulit tetap lembut dan halus, menurut dr. Davis.

Cara Menggunakan Ceramide dalam Rutinitas Perawatan Kulit

Ceramide berpadu sempurna dengan semua bahan perawatan kulit lainnya, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan ada reaksi saat memasukkan produk baru ke dalam rutinitas Anda.

Dr Davis mengatakan jika Anda memiliki kulit kering, teriritasi, atau terasa kencang, meskipun mengikuti rutinitas perawatan kulit dan sering melembapkan, itu tandanya kulit Anda tidak mendapatkan cukup hidrasi dan bisa mendapatkan manfaat dari pelembap yang mengandung ceramide.

“Jika kulit Anda terasa sangat berminyak, mungkin disebabkan oleh kurangnya pelembap dalam rangkaian perawatan kulit Anda, yang akan menyebabkan kelenjar minyak bekerja terlalu keras dan memproduksi lebih banyak minyak karena kulit kering dan dehidrasi.”

Namun, apakah Anda menduga penghalang kelembapan kulit Anda rusak atau tidak, semua orang bisa mendapatkan manfaat dari memasukkan ceramide ke dalam rangkaian perawatan kulit mereka. Seperti peptida, ceramide aman untuk semua jenis kulit.

“Setiap jenis kulit membutuhkan pelembap yang baik untuk membantu memerangkap air di kulit,” ujarnya.

Menurut dr. Davis, ada beberapa produk  tabir surya dan pelembap dengan kandungan ceramide di dalamnya dapat membantu meningkatkan pelindung kulit yang sehat dan melindungi dari kerusakan pelindung kulit akibat sinar ultraviolet (UV).

Pilihan Editor: Tips Merawat Kulit saat Liburan di Tempat Cuaca Panas atau Dingin

POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."