Cara Merebus Brokoli yang Tepat, agar Berwarna Hijau Cerah dan Bertekstur Renyah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi brokoli. Foto: Freepik.com/8photo

Ilustrasi brokoli. Foto: Freepik.com/8photo

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Brokoli adalah salah satu sayur pilihan masyarakat Indonesia. Selain karena kaya gizi, beragam pula pilihan mengolahnya termasuk merebus. Bicara soal cara merebus brokoli, salah satu tips yang perlu diperhatikan adalah tidak terlalu lama. Mengapa demikian?

Sayuran yang dimasukkan ke dalam panci berisi air mendidih akan matang dengan sangat cepat. Artinya, jika sayuran dimasukkan ke dalam panci terlalu lama, bahkan hanya satu menit saja, kandungan gizi dan cita rasa sayuran akan menjadi berantakan.

Cara Merebus Brokoli

Brokoli yang direbus sempurna berwarna hijau cerah dengan tekstur renyah dan empuk, menjadikannya pendamping sehat yang ideal, atau 'kanvas' sempurna untuk sedikit mentega maupun taburan keju parmesan yang melimpah. 

Berikut cara terbaik merebus brokoli agar tetap hijau dan bertekstur renyah:

1. Cuci brokoli dengan air dingin dan keringkan dengan hati-hati.

2. Didihkan sepanci air yang diberi banyak garam.

3. Sementara itu, potong batang brokoli untuk membuat kuntum berukuran sedang. Usahakan semua kuntumnya berukuran sama agar brokoli matang secara merata. Anda juga bisa merebus batang brokoli, yang aman dikonsumsi, tetapi tidak kuntumnya.

4. Setelah air mendidih, masukkan kuntum brokoli ke dalam panci. Masak brokoli, tanpa tutup, selama 2-3 menit. Anda akan tahu bahwa brokoli sudah matang jika warnanya hijau cerah dan empuk.

5. Tiriskan brokoli ke dalam saringan, pindahkan ke piring, dan bumbui sesuai keinginan.

Berapa Lama Merebus Brokoli? 

Jika Anda mengikuti resep di atas dan merebus kuntum brokoli berukuran sedang, brokoli hanya membutuhkan sekitar dua hingga tiga menit dalam air mendidih sebelum matang sepenuhnya.

Namun, jika kuntum brokoli Anda lebih besar, mungkin diperlukan waktu tambahan sekitar 30 detik, dan jika lebih kecil, kemungkinan besar brokoli akan matang sepenuhnya dalam waktu kurang dari dua menit.

Berapa pun ukuran kuntum brokoli Anda, Anda akan tahu bahwa brokoli sudah matang jika warnanya hijau cerah dan dengan tekstur renyah. Jika Anda ingin brokoli lebih lembut, masak lagi selama 30 detik. Saat brokoli mulai menguning dan teksturnya lembek, berarti brokoli sudah terlalu lama direbus.

Jika Anda ingin memasak batang brokoli beserta kuntumnya, potonglah menjadi potongan-potongan kecil dan rebus selama sekitar dua menit sebelum Anda menambahkan kuntumnya ke dalam panci berisi air mendidih.

Karena batang brokoli matang lebih lambat dibandingkan kuntumnya, maka brokoli membutuhkan lebih banyak waktu di atas kompor.

Setelah dua menit, tambahkan kuntum dan rebus selama dua hingga tiga menit lagi, perhatikan semua brokoli untuk memastikannya tidak terlalu matang.

Seperti halnya kuntumnya, Anda akan tahu batang brokoli yang lezat itu sudah matang saat warnanya hijau cerah dengan tekstur yang renyah dan empuk.

Pilihan Editor: Cara Menyimpan Brokoli agar Tetap Hijau dan Renyah

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."