Resiliensi jadi Kunci Utama dalam Mengelola Stres, Bagaimana Caranya?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita sedih dan kecewa. Freepik.com

Ilustrasi wanita sedih dan kecewa. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ketahanan atau resiliensi adalah kemampuan untuk mengelola stres dengan cara yang efektif. Ini bukanlah kualitas atau atribut statis yang Anda miliki sejak lahir, atau pilihan sikap.

Apakah berarti tetap tenang saat menghadapi stres? Bangkit kembali dengan cepat? Tumbuh dari keterpurukan? Apakah ketahanan merupakan suatu sikap, sifat karakter, atau keahlian? Dan apakah kesalahan persepsi mengenai ketahanan justru merugikan orang lain, bukannya membantu? Ketahanan adalah kemampuan mengelola stres dengan cara yang efektif. Ini bukanlah kualitas atau atribut statis yang Anda miliki sejak lahir, atau pilihan sikap.

Namun seperti halnya kebugaran fisik, Anda tidak bisa mendapatkan otot perut yang lebih kuat hanya dengan menginginkannya. Sebaliknya, Anda harus mengulangi latihan tertentu yang membuat perut Anda lebih kuat; niat saja tidak akan berhasil.

Menumbuhkan ketahanan juga sama. Seperti halnya kebugaran fisik, ketahanan bukanlah suatu kualitas tunggal melainkan banyak unsur yang memberikan kontribusi berbeda terhadap serangkaian kekuatan dan situasi. Misalnya, seseorang mungkin bisa menangani masalah hubungan dengan cukup baik tetapi tidak mampu mengatasi stres akibat kemacetan lalu lintas.

Beberapa hal yang membangun ketahanan adalah faktor-faktor yang sebagian besar berada di luar kendali seseorang, seperti pendapatan dan pendidikan yang lebih besar serta memiliki lingkungan yang mendukung.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti olahraga, hobi dan aktivitas, serta tidur yang cukup. Aspek lain mungkin membutuhkan lebih banyak waktu untuk berkembang, seperti memupuk hubungan yang mendukung, membangun keterampilan untuk menoleransi tekanan dan mengatur emosi, meditasi, menggabungkan spiritualitas atau agama, dan mengurangi praktik mengkritik diri sendiri dan lebih menyayangi diri sendiri.

Resiliensi bisa dipupuk

Konotasi yang membingungkan tentang ketahanan tidak hanya terdapat dalam literatur ilmiah dan pendekatan kesehatan mental, tetapi juga dalam budaya populer. Gagasan bahwa pengalaman sulit membuat seseorang menjadi tangguh adalah salah, atau setidaknya tidak lengkap.

Namun, salah satu investigasi penelitian terbesar tentang pengalaman masa kanak-kanak yang sulit, studi Adverse Childhood Experiences, yang dilakukan pada tahun 1990-an di Kaiser Permanente dengan lebih dari 17.000 orang dewasa, menemukan bahwa stres kumulatif yang dialami di masa kanak-kanak mengganggu kesehatan mental dan fisik. Ditemukan juga bahwa semakin banyak stres memprediksi hasil yang lebih buruk.

Bagaimana jika suatu hubungan berakhir? Apakah yang terbaik adalah menyelesaikannya dengan cepat, atau dapatkah refleksi dan proses penyembuhan yang lebih lama menghasilkan pembelajaran dan pertumbuhan yang lebih dalam? Apa yang tampak seperti ketahanan bisa jadi merupakan perasaan yang menekan, mematikan rasa, atau menyembunyikan. Kecenderungan tersebut terkait dengan kesehatan mental yang lebih buruk.

Inilah sebabnya mengapa konsep ketahanan agak berbeda; beberapa orang yang tampak tangguh justru hanya menutup-nutupi, atau mengatasinya dengan cara yang tidak sehat – seperti menggunakan alkohol untuk mengatasi perasaan sulit.

Terkadang perasaan atau pengalaman menyakitkan berkontribusi pada pengembangan pribadi. Pertumbuhan pasca-trauma mengacu pada perubahan positif yang dilaporkan beberapa orang setelah trauma, terutama ketika perubahan tersebut menggabungkan beberapa “bahan dasar” ketahanan yang disebutkan di atas.

Hal ini mencakup hubungan yang lebih baik, apresiasi yang lebih besar terhadap kehidupan, dan peningkatan pemahaman spiritual atau filosofis. Daripada mengharapkan diri Anda untuk selalu merasa baik atau bangkit kembali dengan cepat, dalam beberapa situasi mungkin lebih bijaksana untuk membiarkan diri Anda mengalami perasaan yang sangat menantang dan pertumbuhan pribadi yang mungkin terjadi.

Ketahanan tidak selalu menjadi jawaban

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."