Ketahui Manfaat AHA untuk Perawatan Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi eksfoliasi wajah. Freepik.com/Lookstudio

Ilustrasi eksfoliasi wajah. Freepik.com/Lookstudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pengelupasan sel kulit mati atau eksfoliasi adalah kunci untuk kulit bercahaya, halus, dan warna kulit lebih merata. Bukan cuma itu, eksfoliasi juga dapat membantu mengatasi jerawat dan bercak kering. Seiring berjalan waktu dengan banyak kemajuan teknologi, eksfoliasi tak lagi menggunakan bahan-bahan fisik yang keras dipenuhi dengan mikroplastik yang lebih banyak menimbulkan dampak buruk pada kulit dibandingkan manfaatnya. Pengelupasan sel kulit mati saat ini berbahan kimia, salah satunya Alpha Hydroxy Acids atau AHA.

Jika Anda tidak menyadarinya, Anda mungkin pernah menggunakan AHA sebelumnya. AHA dapat ditemukan dalam banyak produk perawatan kulit mulai dari pembersih hingga serum, dan merupakan bahan berpengaruh dalam dunia kecantikan. Yuk, kita telusuri apa itu AHA dan manfaatnya untuk menyegarkan ingatan kita kembali.

Apa Itu AHA?

AHA mengacu pada kategori asam pengelupas kulit. “[AHA] adalah asam alami yang larut dalam air yang terbuat dari produk tumbuhan atau hewan seperti gula, susu, dan buah,” jelas Ife J. Rodney, direktur pendiri Eternal Dermatology + Aesthetics dikutip dari PopSugar.

Contoh AHA

Contoh umum AHA termasuk asam glikolat, asam laktat, asam malat, asam sitrat, asam tartarat, dan asam mandelat. Semakin kecil berat molekul AHA, semakin dalam penetrasinya ke dalam kulit, sehingga semakin efektif. Mengingat hal ini, asam glikolat, yang berasal dari tebu, adalah AHA yang paling ampuh.

Manfaat Perawatan Kulit dari AHA

AHA memiliki banyak sekali manfaat, itulah sebabnya para ahli dermatologi sangat menyukainya.

“AHA bekerja dengan membantu memutus ikatan antara sel-sel kulit permukaan untuk meningkatkan pengelupasan dan pergantian sel. AHA juga merangsang produksi kolagen di lapisan kulit yang lebih dalam, sehingga menghasilkan kulit yang lebih muda, tampak bercahaya dengan warna dan tekstur kulit yang lebih merata," kata Dr. Rodney.

Meskipun AHA dapat menyebabkan kekeringan (seperti halnya semua bentuk pengelupasan kulit), AHA cocok untuk jenis kulit normal, kering, rawan jerawat, dan berminyak — hanya saja tidak cocok untuk jenis kulit sensitif.

Cara Menggunakan AHA dalam Rutinitas Perawatan Kulit

Ada banyak produk perawatan kulit di pasaran yang mengandung AHA. Anda bisa mendapatkan pengelupasan kimiawi dari pembersih, toner, serum, bantalan pengelupas kulit, dan masker wajah. Berhati-hatilah untuk hanya menggunakan satu produk eksfoliasi dalam satu waktu untuk menurunkan risiko iritasi kulit.

Pilihan Editor: Mengenal 2 Jenis Eksfoliasi Wajah, dan Seberapa Sering Perlu Melakukannya

POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."