Mandi dengan Shower atau Berendam, Mana Lebih Baik untuk Kesehatan Tubuh?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi mandi berendam. Freepik.com/Lifeforstock

Ilustrasi mandi berendam. Freepik.com/Lifeforstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kebanyakan dari kita memilih mandi di bawah pancuran alias shower karena alasan kepraktisan dan efisiensi waktu. Di sisi lain, tak sedikit orang memilih mandi dengan berendam di dalam bak mandi alias bathtub karena ingin perawatan diri yang menenangkan sembari membersihkan tubuh. Tapi sebenarnya mana yang lebih baik bagi, mandi dengan shower atau berendam? Yuk, kita telusuri bersama.

Plus Minus Berendam di dalam Bathtub

Kebersihan

Kondisi bak mandi Anda sangat menentukan seberapa higienisnya mandi, dan bak mandi yang bersih adalah kunci mandi yang membuat tubuh Anda bersih . Jika bersih, Anda boleh melakukannya—tetapi jika tidak, Anda membuka diri terhadap risiko serius.

“Ada risiko infeksi jika berada di air kotor,” kata Amy Wechsler, dokter kulit bersertifikat dan psikiatris dikutip dari laman Byrdie, 1 Januari 2024. “Banyak orang tidak mandi sebelum berendam, dan duduk di bak berisi air kotor bukanlah ide yang baik,” tambahnya.

Adapun mandi dengan berendam memiliki manfaat penyerapan ke seluruh tubuh Anda. Seluruh tubuh terendam dalam air mandi dengan suhu pilihan Anda, di mana Anda dapat melarutkan garam mandi magnesium dan minyak esensial, menurut Kseniya Kobets, dokter kulit bersertifikat dan direktur dermatologi kosmetik di Montefiore Einstein Advanced Care.

Selain itu, dia mengatakan bahwa karena Anda memiliki lebih banyak waktu dan kontak dengan air saat mandi, kemungkinan besar kulit akan basah kuyup dan lebih bersih. Meski demikian, dia menyarankan untuk membilas tubuh setelah berendam, terutama jika air rendaman mengandung wewangian tertentu atau sabun mandi yang kental.

Penggunaan Air

Berendam akan membutuhkan lebih banyak air daripada shower. Hal ini tidaklah ideal, mengingat banyaknya permasalahan yang dihadapi sejumlah negara dalam hal kemampuan menyediakan air bersih bagi semua orang.

Kesehatan Kulit

Berendam dapat bermanfaat bagi kulit Anda jika Anda menambahkan bahan-bahan yang melembapkan, membersihkan, atau mengendurkan otot-otot Anda.

“Berendam adalah waktu yang lebih mewah yang dihabiskan untuk memanjakan diri, bersantai, dan menyerap lebih optimal bahan penenang tertentu yang direndam dalam air mandi, seperti garam mandi dan minyak esensial,” kata Kobets.

Waktu dan Kenyamanan

Kemungkinan besar Anda tidak ingin masuk ke dalam bak mandi sebelum bak mandi terisi penuh. Oleh karena itu, berendam membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan shower.

Selain waktu yang dibutuhkan untuk mengisinya, berendam juga memakan waktu. Hal ini menjadikan shower sebagai ide yang bagus untuk bermalam di rumah, namun kurang nyaman sebagai cara untuk memulai hari, terutama jika Anda harus segera keluar rumah di pagi hari.

Ilustrasi wanita sedang mandi. shutterstock.com

Plus Minus Mandi dengan Shower

Pancuran atau shower adalah pilihan terbaik untuk membersihkan diri secara menyeluruh dalam waktu singkat.

Shower berpotensi lebih higienis, dan bak mandi yang tidak dibersihkan mungkin mengandung bakteri dan jamur,” kata Kobets.

Anda juga memiliki lebih sedikit kontak dengan lingkungan sekitar, jadi meskipun ada sesuatu yang mengerikan seperti jamur di tirai kamar mandi, kecil kemungkinan Anda akan melakukan kontak fisik dengannya.

Penggunaan Air

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, pancuran adalah pilihan penggunaan air yang lebih baik. Dibutuhkan lebih sedikit air untuk mandi dengan shower dibandingkan untuk mengisi bak mandi (kecuali jika Anda mandi dalam waktu yang sangat lama).

Kesehatan Kulit

Wechsler menganggap mandi dengan shower adalah pilihan yang lebih baik untuk kulit Anda. “Mandi dengan shower umumnya lebih baik karena duduk di bak mandi berisi air sangat mengeringkan kulit,” jelasnya.

Karena Anda harus melawan elemen pengeringan air dengan menambahkan produk ke dalam bak mandi Anda, hal ini menjadikan shower sebagai pemenangnya—Anda tidak memerlukan apa pun selain sabun mandi untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Waktu dan Kenyamanan

Mandi dengan shower juga merupakan pilihan yang lebih nyaman. Anda memerlukan sedikit waktu.

“Mandi dengan shower jauh lebih nyaman dan efisien,” kata Wechsler, yang mencatat bahwa Anda tidak perlu menunggu bak mandi terisi penuh dan lebih mudah untuk mencuci dan membersihkan sabun dan produk rambut.

"Ini adalah cara yang bagus untuk masuk dan keluar di pagi hari," katanya.

Kesimpulannya, berendam di dalam bathtub mungkin merupakan pilihan yang lebih baik bagi siapa saja yang kesulitan berdiri dalam waktu lama. Meskipun bangku mandi adalah salah satu pilihannya, Anda mungkin akan kesulitan untuk membersihkannya semaksimal mungkin saat berdiri. Di sisi lain, mandi dengan shower tidak cocok untuk siapa pun yang mengalami sakit kepala ringan.

Mengenai bakteri dan jamur, jika Anda akan mandi, Anda harus membersihkan bak mandi terlebih dahulu setiap kali mandi. Sementara mandi dengan shower tidak menawarkan banyak peluang untuk infeksi kulit.

Pilihan ada di tangan Anda, namun secara keseluruhan mandi dengan shower lebih baik bagi Anda daripada berendam. Ini adalah pilihan ideal untuk penggunaan air, kebersihan, dan kenyamanan. Adapun berendam di dalam bathtub adalah pilihan yang lebih baik jika Anda ingin bersantai sejenak. Tetapi pastikan bak mandinya bersih berkilau sebelum Anda masuk. Jika Anda memilih untuk berendam di dalam bathtub, mandilah terlebih dahulu, lalu bilas, dan lembapkan setelahnya.

Pilihan Editor: 5 Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kulit dan Rambut

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."