5 Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kulit dan Rambut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita sedang mandi. shutterstock.com

Ilustrasi wanita sedang mandi. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah orang memilih mandi air hangat karena menyegarkan tubuh sekaligus menenangkan. Tak kalah bermanfaat, mandi air dingin juga berdampak baik bagi kulit dan rambut, terutama bagi pemilik kulit sensitif dan iritasi untuk menenangkan kulit. Untuk lebih lengkapnya, berikut manfaat mandi air dingin yang perlu diketahui.

1. Mengurangi Peradangan Kulit

Menurut Dr Ishmeet Kaur, Direktur dan CO-Founder Dermosphere Clinic, mandi air dingin memiliki sifat menenangkan, sehingga pilihan ideal bagi mereka yang memiliki kulit sensitif atau meradang.

"Sifat vasokonstriksinya membantu mengurangi kemerahan dan peradangan. Kondisi kulit seperti rosacea, yang dikenal dengan kemerahan dan rasa tidak nyaman pada wajah, dapat diatasi dengan mandi air dingin yang menenangkan. Air dingin juga sering disarankan bagi pasien yang menjalani prosedur kulit," ucapnya dikutip dari Hindustan Times, Rabu, 18 Oktober 2023.

2. Mengencangkan Pori-pori

Dr Ishmeet Kaur juga berpendapat bagi mereka yang mendambakan kulit lebih halus, mandi air dingin adalah kuncinya. Air dingin memiliki kemampuan unik untuk mengencangkan dan menyempitkan pori-pori untuk sementara waktu.

"Pori-pori yang lebih kecil membuat kulit Anda tampak lebih halus dan mengurangi risiko penyumbatan yang dapat menyebabkan jerawat dan komedo," tuturnya.

3. Bikin Rambut Lebih Berkilau dan Sehat

Menurut Dr Ishmeet Kaur, air panas dapat menghilangkan minyak alami rambut Anda, sehingga membuat rambut tidak berkilau dan rapuh, sedangkan air dingin berfungsi sebagai pelindung rambut Anda. Air dingin juga menyegel kutikula rambut, menghasilkan rambut yang lebih halus dan berkilau serta tidak mudah kusut dan rusak.

4. Mengurangi Rasa Gatal

Dokter kulit Deepak Jakhar mengungkapkan mandi air dingin dapat meredakan rasa tidak nyaman dan gata, juga mengurangi peradangan.

"Mandi air dingin sangat bermanfaat bagi individu dengan kondisi seperti eksim atau gigitan serangga," ucapnya 

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit Kepala

Menurut Dr Deepak Jakhar, mandi air dingin sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit kepala. Mandi air dingin dapat membantu menenangkan kulit kepala yang gatal atau teriritasi serta mengurangi gejala ketombe.

Bagi mereka yang memiliki kondisi kulit kepala seperti psoriasis atau eksim, air dingin dapat meredakan peradangan dan mengurangi rasa gatal.

Memasukkan mandi air dingin ke dalam rutinitas Anda mungkin memerlukan beberapa penyesuaian, karena ini bisa menjadi pilihan. Mulailah dengan air hangat dan turunkan suhu secara bertahap ke tingkat yang nyaman bagi Anda.

Namun, penting untuk diingat bahwa air yang sangat dingin dapat berdampak buruk pada kulit dan mungkin tidak cocok untuk semua orang. Dianjurkan untuk menggunakan pancuran air dingin secara bertahap dan menyesuaikan suhu sesuai tingkat kenyamanan Anda.

Sebagai penutup, Dr Deepak Jakhar menyarankan setelah mandi air dingin, segera gunakan pelembap untuk mengunci kelembapan dan mencegah kekeringan. Pilihlah pelembap hipoalergenik dan bebas pewangi untuk kulit sensitif. Seperti halnya aspek perawatan pribadi lainnya, hasil terbaik dapat berbeda dari orang ke orang. Jika Anda memiliki masalah kulit atau rambut tertentu, berkonsultasi dengan dokter kulit dapat memberikan panduan yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan unik Anda.

Pilihan Editor: Saat Kegiatan Mandi jadi Momen yang Menyenangkan bagi Anak

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."