Plus Minus Memakai Kaus Kaki saat Tidur

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Wanita Tidur Mengenakan Kaos Kaki. shutterstock.com

Wanita Tidur Mengenakan Kaos Kaki. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah Anda sering memakai kaus kaki saat tidur? Jika iya, Anda tidak sendirian. Ada sebagian orang yang nyaman ketika jari-jari kaki mereka hangat di dalam kaus kaki pada malam hari. Ataupun malas membuka kaus kaki sepulang beraktivitas. Lantas, apakah kebiasaan itu aman untuk kesehatan? Berikut plus minusnya, dan cara memilih kaus kaki yang ideal untuk tidur malam yang nyenyak.

Plus Minus Memakai Kaus Kaki Saat Tidur

1. Bantu Tidur Lebih Cepat

Salah satu manfaat pakai kaus kaki saat tidur adalah bantu tertidur lebih cepat. Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 menemukan bahwa orang yang mengenakan kaus kaki berpemanas atau biasa akan tertidur lebih cepat dibandingkan orang yang tidak mengenakan apa pun.

Alasannya adalah kemampuan kaus kaki mengendalikan suhu tubuh. Hal ini dilakukan dengan memicu proses yang disebut vasodilatasi, yaitu pembuluh darah melebar, melepaskan panas, dan mengingatkan otak kapan waktunya untuk beraktivitas.

2. Melawan Rasa Dingin

Karena kaus kaki menjaga pembuluh darah di jari tangan dan kaki Anda tetap hangat, kaus kaki adalah penyelamat bagi penderita kondisi seperti penyakit Raynaud. Dengan memakai kaus kaki saat tidur, ekstremitas akan tetap hangat, mati rasa, dan berubah warna.

Kaus kaki juga bisa digunakan untuk orang-orang yang tidam tahan dengan pendingin ruangan atau dingin ekstrem.

3. Memicu Panas

Akan tetapi memakai kaus kaki saat tidur juga memiliki dampak buruk, salah satunya Anda akan kepanasan. Hal itu terjadi jika kaus kaki Anda terbuat dari bahan sintetis atau terlalu tebal. Berkeringat berlebihan dapat mengiritasi kulit dan mengganggu tidur Anda.

4. Masalah Sirkulasi

Mengenakan kaus kaki yang terlalu ketat dapat mengganggu aliran darah, sehingga memicu edema, rasa tidak nyaman, atau kesemutan pada kaki. Kecuali dokter Anda memerintahkan sebaliknya, sisakan penggunaan kaus kaki kompresi untuk hari itu.

5. Risiko Infeksi

Jika Anda mengenakan kaus kaki yang sudah dipakai seharian bisa meningkatkan risiko infeksi jamur dan bakteri. Penyakit kutu air dan selulitis juga bisa menjadi teman yang tidak diinginkan. 

Cara memilih kaus kaki untuk tidur

Untuk jenis kaus kaki saat tidur, pilihlah yang berbahan alami, lembut, dan menyerap keringat seperti katun, wol, atau kasmir. Jangan menggunakan bahan sintetis seperti nilon atau poliester, karena dapat memerangkap panas dan kelembapan, sehingga berpotensi menyebabkan infeksi atau alergi.

Kaus kaki tidur yang sempurna harus pas, tidak terlalu longgar atau tidak terlalu ketat. Pastikan Anda dapat menggoyangkan jari-jari kaki dengan bebas tanpa merasakan tekanan atau penyempitan apa pun. Biarkan preferensi pribadi memandu pilihan kaus kaki tidur Anda. Baik pendek atau panjang, tebal atau tipis, polos atau bermotif, kuncinya adalah merasa nyaman dan santai.

Pilihan Editor: Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Pakai Kaus Kaki saat Tidur

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."