Benarkah Orang Introvert Susah Berteman? Ini Penjelasan Psikolog

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi gadis introvert. Shutterstock

Ilustrasi gadis introvert. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Hari Introvert Sedunia diperingati setiap 2 Januari dan diinisiasi pertama kali oleh Psikolog asal Jerman, Felicitas Hayne. Psikolog klinis di Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya, Ella Titis Wahyuniansari, mengatakan orang introvert atau lebih banyak menghabiskan waktu sendiri perlu diberi lebih banyak ruang dalam pertemanan

"Sebenarnya orang introvert itu lingkungan juga berpengaruh, dalam arti kita tahu orang itu introvert. Berikan dia ruang, kita tidak bisa memaksa, 'Ayo kamu harus kumpul, kalau enggak akan dikucilkan.' Itu kita tidak bisa memaksa tetapi kita berikan dia ruang," kata Ella.

"Jadi, di samping introvert ini mencoba masuk ke dalam lingkungan sosial, lingkungan sosial itu juga mesti bisa memberikan apa yang dibutuhkan oleh dia karena yang dibutuhkan orang introvert ini kenyamanan, jadi masyarakat juga mesti bisa memberikan itu," tambahnya.

Menurutnya, orang introvert memang cenderung lebih menikmati kesendirian, waktu dengan diri sendiri, dan merasa perlu memberikan kualitas untuk diri sendiri.

"Oleh karena itu, ketika berada di keramaian sebenarnya dia merasa tidak nyaman karena itu akan menguras energinya. Sebenarnya dia bisa berada di lingkungan sosial cuma kalau terlalu lama akan membuat energinya terkuras atau berkurang," ujarnya.

Penyebab susah berteman

Ella juga menjelaskan mengapa orang introvert dianggap lebih susah berteman. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena orang introvert cenderung berhati-hati dalam menceritakan hal-hal yang berhubungan dengan dirinya.

"Dikatakan susah berteman karena orang introvert itu hati-hati, baik saat menerima, memberikan, atau mencerna informasi. Saat mengambil keputusan dan berteman, mereka cenderung banyak berpikir dalam menentukan apa yang akan dibicarakan sehingga otomatis tidak akan ceroboh, lebih selektif dalam memilih teman," tuturnya.

Ella juga menegaskan orang introvert tidak mudah bercerita masalah yang sedang dialami. "Misalnya dia punya masalah, enggak akan semudah itu dia bercerita kepada temannya. Dia akan memilih siapa yang bisa dipercaya dan mendengarkan ceritanya, dia memilih banget," tegas Ella.

Pilihan Editor:  Butuh Waktu Lama untuk Percaya dan Terbuka, Simak Tips Gunakan Aplikasi Kencan untuk Introvert

YAYUK WIDIARTI 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."