Cara Keramas yang Benar, Berikut 7 Urutannya Dimulai dari Menyisir Rambut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi keramas.netdna-cdn.com

Ilustrasi keramas.netdna-cdn.com

IKLAN

Urutan Cara Keramas yang Benar

Berikut ini Whiley bagikan panduan langkah demi langkah cara keramas yang benar.

1. Persiapkan rambut dengan menyisirnya sebelum mandi. Hal ini akan membuat rambut bebas kusut, terutama bagi mereka yang memiliki rambut bergelombang atau keriting.

2. Basahi rambut saat mandi sebelum menggunakan sampo, apa pun jenis rambut Anda. Ini akan membantu membuka kutikula rambut dan memungkinkan produk menembus lebih baik.

3. Langkah berikutnya adalab mengoleskan sampo; berapa banyak sampo yang Anda perlukan tergantung pada seberapa tebal atau tipis rambut Anda.

Tuangkan sampo ke telapak tangan Anda dan emulsi untuk mengaktifkan semua bahan sebelum mengoleskannya ke akar rambut Anda. Ini adalah waktu yang tepat untuk memberikan diri Anda pijatan lembut pada kulit kepala yang disebutkan Cavalcante.

Anda tidak perlu keramas sampai ujung rambut karena produk secara alami akan berpindah ke ujung rambut saat Anda membilasnya.

4. Bilas rambut secara menyeluruh dengan air hangat hingga bebas dari busa. Ini mungkin memakan waktu lebih lama bagi mereka yang memiliki rambut lebih tebal.

5. Oleskan kondisioner ke rambut. “Terapkan kondisioner dari bagian tengah hingga ujung rambut untuk jenis rambut halus hingga sedang,” kata Wiley.

"Untuk rambut bergelombang atau keriting, aplikasikan kondisioner dari kulit kepala hingga ujung."

Anda dapat menggunakan sisir bergigi jarang untuk mendistribusikan produk secara merata dan mengurai kembali rambut Anda yang kusut.

6. Bilas kondisioner hingga bersih. Pastikan seluruh produk sudah keluar dari rambut Anda untuk mencegah kemungkinan kekeringan dan minyak berlebih, terutama jika rambut Anda lebih tipis.

7. Keringkan rambut dengan handuk mikrofiber. Melakukan hal ini mungkin berhasil untuk semua jenis rambut, khususnya bagi mereka yang memiliki rambut keriting dan keriting. Langkah ini akan mencegah rambut kusut dan gesekan, sehingga mengurangi ujung rambut bercabang dan rambut kusut yang tidak perlu.

Kesalahan Keramas yang Perlu Dihindari

Kesalahan keramas paling umun yang dilihat Wiley adalah orang mengaplikasikan kondisioner pada kulit kepala, terutama pada jenis rambut sedang dan halus.

“Hal itu akan membuat rambut terlihat berminyak meski baru dicuci,” ujarnya.

"Dengan mengaplikasikan kondisioner dari tengah hingga ujung rambut, Anda tidak akan terlihat berminyak, dan Anda bisa menggunakannya lebih lama," lanjutnya.

Wiley juga melihat banyak penggunaan sampo yang berlebihan karena tidak diemulsi sebelum diaplikasikan.

“Sampo dimaksudkan untuk digunakan bersama-sama di tangan Anda sebelum digunakan. Anda akan menggunakan lebih sedikit produk, dan itu akan bekerja lebih baik untuk Anda,” katanya.

Mencuci berlebihan adalah kesalahan besar lainnya yang dilakukan Cavalcante. “Keramas terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami sehingga menyebabkan kekeringan,” katanya.

Di sisi lain, jarang keramas bisa menyebabkan penumpukan minyak dan produk. "Saya tahu banyak orang mencuci rambut setiap hari, tapi itu tidak disarankan," imbuhnya.

Suhu air panas adalah kesalahan lain saat keramas yang perlu dihindari. “Hal ini sulit untuk dihindari, terutama selama musim dingin, tetapi air panas dapat menghilangkan minyak esensial pada rambut, menyebabkan kekeringan dan kerusakan,” kata Cavalcante.

Gunakan air hangat, dan jika Anda bisa menahannya, selesaikan proses keramas dengan menggunakan air dingin untuk membilas. Rambut Anda akan berterima kasih.

Pilihan Editor: 7 Faktor yang Mempengaruhi Seberapa Sering Harus Keramas

POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."