Cara Keramas yang Benar, Berikut 7 Urutannya Dimulai dari Menyisir Rambut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi keramas.netdna-cdn.com

Ilustrasi keramas.netdna-cdn.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mencuci rambut atau keramas yang benar terbilang penting karena beberapa alasan, termasuk menjaga kesehatan rambut dengan menghilangkan kotoran, minyak berlebih, dan penumpukan produk. Selain itu, mengetahui cara keramas yang benar juga menghindari dari serderet kesalahan seperti penggunaan sampo dan kondisioner berlebihan serta suhu air panas saat membilas yang berdampak buruk pada rambut. Yuk, sama-sama kita telusuri bagaimana cara keramas yang benar berserta urutannya menurut para hair stylist.

Manfaat Keramas untuk Rambut

Keramas secara teratur akan membuat kulit kepala lebih sehat dengan menghilangkan kotoran, minyak berlebih, dan penumpukan produk. Keramas juga akan membantu meringankan masalah seperti ketombe, kulit kering, dan kulit mengelupas.

“Akumulasi minyak dan sel kulit mati dapat menciptakan lingkungan bagi pertumbuhan jamur atau bakteri,” kata Rogério Cavalcante, penata rambut (hair stylist) dan pemilik The Second Floor Salon dikutip dari Popsugar, Kamis, 28 Desember 2023.

Tips Keramas yang Benar

Menurut penata rambut selebriti, Jamie Wiley cara keramas yang benar adalah memastikan Anda menggunakan produk yang tepat untuk jenis rambut Anda.

"Apakah Anda memiliki rambut berwarna? Apakah rambut Anda halus, sedang, atau tebal? Apakah rambut Anda lurus, bergelombang, keriting, atau keriting?," katanya. Semua ini berperan dalam produk yang Anda pilih.

Misalnya, jika Anda memiliki rambut keriting, Wiley mengatakan Anda mungkin ingin memilih sampo dan kondisioner yang lebih menutrisi dan menguatkan atau bahkan kondisioner dalam.

Untuk pemilik rambut lurus dan Anda menggunakan produk penata rambut secara teratur, menggunakan sampo pencerah yang menghilangkan penumpukan, sehingga menambah volume pada ujung rambut yang lepek, mungkin paling cocok untuk Anda.

"Hindari penggunaan sampo jenis two-in-one yang juga mengandung kondisioner,” kata Cavalcante.

Pembersihan dan pengkondisian adalah proses yang berbeda; pembersihan melibatkan pembukaan kutikula rambut untuk menghilangkan minyak dan kotoran, sementara pengondisian membantu menghaluskan kutikula rambut, menambahkan minyak sehat untuk memperbaiki tekstur rambut. Proses-proses ini paling baik dilakukan secara terpisah.

Sebelum keramas, Cavalcante merekomendasikan tiga hal ini:

1. Hindari Air Panas

Cavalcante menyarankan penggunaan air hangat untuk mencegah kekeringan. Ini penting untuk semua jenis rambut.

2. Pijat Kulit Kepala dengan Lembut

Pijat kulit kepala yang lembut merangsang aliran darah dan menghilangkan penumpukan.

3. Gunakan Kondisioner dengan Tepat

Oleskan kondisioner terutama pada bagian ujung rambut yang biasanya lebih kering, dan biarkan selama setidaknya beberapa menit untuk memastikan rambut memiliki waktu untuk bekerja secara maksimal.

Simak urutan cara keramas yang benar dan kesalahan yang perlu dihindari.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."