Ika Natassa Ungkap Reza Rahadian Terlibat dalam Penulisan Novel Heartbreak Motel

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Angga Dwimas Sasongko bersama penulis novel, Ika Natassa, dan tiga pemain film Heartbreak Motel. Foto: Instagram.

Angga Dwimas Sasongko bersama penulis novel, Ika Natassa, dan tiga pemain film Heartbreak Motel. Foto: Instagram.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Ada sebuah fakta menarik dari pembuatan novel Heartbreak Motel karya Ika Natassa. Sang penulis mengatakan ia banyak berdiskusi dengan aktor dan aktris papan atas Indonesia agar membuat karakter dan kehidupan tokoh Ava Alessandra terasa lebih hidup dalam ceritanya. Salah satu aktor yang sering Ika ajak diskusi adalah pemain utama film Heartbreak Motel itu sendiri, yaitu Reza Rahadian.

"Karena topik novel ini tentang dunia aktor, aku kan nggak tahu banyak. Jadi aku ngobrol banyak sama Reza selama berjam-jam. Aku juga ngobrol sama Asty, Marsha Timothy, dan juga Hannah Al Rashid karena aku kenal baik sama mereka semua," ucap Ika saat konferensi pers film Heartbreak Motel, Kamis, 6 Desember 2023. 

Menyoal tentang kisah Heartbreak Motel yang menceritakan sisi lain kehidupan aktor, Ika Natassa mengatakan bahwa ia ingin menunjukkan kepada pembaca bahwa bekerja sebagai aktor tidak semudah yang dilihat.

"Kita biasanya lihat jadi aktor itu cuma syuting sampai pagi, di depan kamera senyum terus. Padahal jadi aktor itu banyak tantangannya, gimana mereka harus riset dan mendalami karakter, lalu kembali menjadi diri sendiri setelah main film juga nggak gampang. Harus senyum terus depan kamera dan enggak boleh lemah. Karena itu aku tertarik mengangkat cerita ini," jelas Ika.

Visinema Pictures umumkan adaptasi novel terlaris Heartbreak Motel karya Ika Natassa dalam film layar lebar yang akan disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko pada konferensi pers di Kantor Visinema Pictures, Jakarta Selatan pada Rabu, 6 Desember 2023. Foto: Dok. Visinema Pictures.

Berperan sebagai tokoh Reza Malik yang berprofesi sebagai aktor, Reza Rahadian mengatakan perbedaan dirinya dan karakter hanya di perjalanan hidup, tetapi sebagai sesama aktor, terdapat kesamaan pada prinsip dan proses yang dilalui aktor pada umumnya.

Salah satunya adalah tantangan untuk kembali menjadi diri sendiri atau 'titik nol' usai memainkan film. Reza menyebut, biasanya aktor membutuhkan waktnya tersendiri untuk kembali ke titik nol karena adanya dampak psikologis yang dirasakan setelah memerankan suatu tokoh, terlebih yang memiliki karakter yang kompleks.

Menurut mantan Ketua FFI ini, kembali ke titik nol adalah hal yang tidak umum diketahui oleh umum. Kebanyakan masyarakat berpikir setelah perilisan film, aktor telah 'selesai' dan akan mudah kembali bekerja. "Saya rasa itulah yang disorot dalam Heartbreak Motel ini."

"Saat diskusi bersama Kak Ika, yang beliau tanya bukan suasana lokasi syuting atau bagaimana pekerjaan aktor. Melainkan, kalau memerankan tokoh A apa dampak psikologisnya? Bagaimana menangani dampak emosionalnya, apakah ada? Pertanyaannya lebih mendalam," tambah Reza.

Reza mengatakan cara dirinya kembali ke titik nol adalah dengan hanya kembali ke realita. Ia menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman dan ngobrol bersama sang Ibu. Kompleksitas karakter mempengaruhi berapa lama Reza dapat kembali ke titik nol. Bila memerankan karakter yang kompleks seperti tokoh Adam di film Berbalas Kejam, Reza membutuhkan waktu tiga sampai empat minggu untuk kembali menjadi dirinya sendiri.

Untuk berperan sebagai Reza Malik yang memiliki karakter yang kompleks, Reza ingin melakukan pendekatan yang realistis terhadap penokohannya karena kemiripan profesi pada proyek film kali ini. 

Heartbreak Motel akan diadaptasi menjadi film bersama Visinema Pictures dengan Angga Dwimas Sasongko sebagai sutradaranya. Film yang turut dimainkan oleh Laura Basuki dan Chicco Jerikho ini akan segera diproduksi dan tayang tahun 2024 mendatang.

Pilihan Editor: Heartbreak Motel Diperankan Laura Basuki, Chicco Jerikho, dan Reza Rahadian, jadi Ansambel Kelas Berat

ANNISA YASMIN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."