7 Kesalahan Membuat Kue Kering yang Perlu Dihindari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kue kering atau cookies. Unsplash.com/Denisse Leon

Ilustrasi kue kering atau cookies. Unsplash.com/Denisse Leon

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah Anda berencana membuat kue kering bersama si kecil sebagai salah satu aktivitas mengisi liburan Natal dan Tahun Baru atau Nataru di rumah? Jika iya, dan ini kali pertama Anda melakukannya, perhatikan sejumlah kesalahan membuat kue kering yang perlu dihindari.

Membuat kue kering yang sempurna memang pengalaman yang menyenangkan, tetapi juga membutuhkan perhatian yang cermat terhadap detail. Berikut kesalahan membuat kue kering yang kerap dilakukan orang banyak menurut koki Amit Puri, pakar berpengalaman di dunia kuliner asal India.

1. Memakai Mentega Asin 

Memilih mentega yang tepat adalah hal fundamental dalam dunia pembuatan kue kering. Pilihlah mentega tawar berkualitas tinggi dengan kandungan lemak minimal 80%.

Margarin atau mentega asin dapat mengubah rasa dan tekstur kue Anda secara signifikan, jadi pilihlah dengan bijak.

2. Tidak Presisi dalam Pengukuran

Dalam membuat kue, ketelitian adalah hal terpenting lainnya. Gunakan alat ukur untuk memastikan jumlah bahan yang akurat. Presisi meningkatkan konsistensi dan menjaga keseimbangan rasa yang harmonis.

Hindari pengukuran yang terlalu mengikuti kata hati karena dapat mengganggu proporsi yang diperlukan dalam resep, sehingga menghasilkan kue yang tidak diinginkan.

3. Susunan Kue Terlalu Rapat di Loyang 

Sangat penting untuk memberi ruang pada kue untuk bernapas saat dipanggang di dalam oven. Untuk menghasilkan kue kering yang sempurna secara konsisten, aturlah kue dengan ruang yang cukup di atas loyang, sehingga memungkinkan sirkulasi udara yang baik dan pemanggangan yang merata.

4. Memakai Bahan Basi

Bahan yang basi dapat menyabotase usaha kue Anda. Periksa tanggal kedaluwarsa baking powder dan baking soda untuk memastikan masih aktif. Menggunakan bahan-bahan basi sering kali menghasilkan kue yang rata dan tidak bernyawa, tidak memiliki tekstur yang diinginkan.

5. Mencampur Bahan secara Berlebihan

Tips penting lainnya, hindari mencanpur bahan secara berlebihan. Hal itu dapat menghasilkan kue kering yang keras dengan tekstur yang padat. Untuk menjaga kualitas empuk dan lumer di mulut, campurkan bahan-bahan hingga tercampur rata.

6. Suka Membuka Oven saat Memanggang Kue

Selama proses memanggang, kita semua terbiasa terlalu sering mengintip ke dalam oven. Namun sedikit yang kita sadari bahwa setiap kali kita membuka pintu oven, kita membiarkan panas keluar! Mempercayai pengatur waktu dan memeriksa kematangan hanya pada menit-menit terakhir adalah kunci untuk mendapatkan kue kering yang matang sempurna.

7. Mengabaikan Proses Pendinginan

Perjalanan menuju kesempurnaan kue tidak berakhir ketika pengatur waktu berbunyi. Pentingnya kesabaran dalam proses pendinginan seringkali terabaikan.

Biarkan kue kering mendingin di atas loyang selama beberapa menit sebelum dipindahkan ke rak kawat. Hal ini memastikan pengaturan yang tepat, mencegah kerusakan dan memastikan hasil akhir yang sempurna.

Pilihan Editor: 2 Kreasi Resep Kue Cubit yang Enak dan Lembut, Tertarik Mencoba?

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."