5 Tips Manajemen Waktu yang Bisa Bantu Aktivitas Lebih Produktif

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan melihat jam tangan. Foto: Freepik

Ilustrasi perempuan melihat jam tangan. Foto: Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Waktu adalah sumber daya yang berharga, namun tampaknya hal itu hilang begitu saja bak butiran pasir. Jika Anda ingin mengontrol waktu sesuai kebutuhan, bisa kok! Perubahan kecil pada rutinitas harian Anda dapat membuka jalur produktivitas yang tersembunyi, membuat Anda merasa berdaya dan tidak seperti hamster di atas roda. Berikut tips manajemen waktu yang dapat mengubah jadwal Anda lebih produktif dan efisien.

1. Tulis daftar tugas setiap hari

Daftar tugas yang sederhana adalah panduan harian Anda, mengatur tugas Anda ke dalam alur yang harmonis.

Singkirkan sisa-sisa kertas yang berserakan dan berinvestasilah dalam sistem pembuatan daftar khusus, baik digital maupun analog.

Menuliskan tugas-tugas Anda akan mengeksternalkan kekacauan mental, dan membuat otak lebih fokus.

Kategorikan tugas Anda berdasarkan prioritas atau urgensinya, dan jangan lupa untuk merayakan tugas yang sudah rampung dengan dicoret! Peningkatan dopamin kecil itu sangat membantu dalam mempertahankan motivasi.

2. Minimalkan gangguan dan interupsi

Gangguan adalah merpati yang mengganggu dunia produktivitas, berkumpul tepat ketika Anda hampir mencapai kondisi fokus Anda. Senyapkan notifikasi, nonaktifkan peringatan email, dan hilangkan tab media sosial.

Pertimbangkan alat seperti pemblokir situs web atau periode "waktu fokus" yang ditentukan untuk menciptakan zona bebas gangguan tempat Anda dapat benar-benar mendalami tugas Anda.

Jadwalkan jeda "check-in" secara cepat, di mana Anda dapat melihat sekilas notifikasi tanpa 'tenggelam' di media sosial.

3. Metode Teknik Pomodoro

Teknik Pomodoro adalah 'pahlawan' manajemen waktu Anda. Metode ini melibatkan pengaturan interval kerja 25 menit yang dipisahkan dengan istirahat 5 menit. Pekerjaan singkat yang terfokus, diselingi dengan istirahat yang menyegarkan, menjaga tingkat energi Anda tetap tinggi dan mencegah kelelahan. 

4. Belajarlah untuk mengatakan "Tidak"

Hal ini mungkin membutuhkan sedikit keberanian dalam diri Anda, tetapi belajar menolak dengan sopan permintaan yang tidak sejalan dengan prioritas Anda sangatlah penting. Ingat, waktu Anda adalah komoditas yang berharga, dan mengatakan "tidak" pada hal-hal yang tidak penting memungkinkan Anda mengatakan "ya" pada hal-hal yang benar-benar penting.

Latihlah ungkapan yang tegas, namun baik hati seperti, "Saya menghargai tawaran itu, tetapi saat ini saya sedang fokus pada..." atau "Kedengarannya menarik, tetapi saya sudah kenyang sekarang."

5. Bikin Alokasi Waktu

Membagi hari Anda menjadi beberapa blok berbeda yang disesuaikan dengan tugas atau aktivitas berbeda adalah pendekatan organisasi yang sangat berharga. Segmentasi strategis ini memastikan alokasi waktu yang disengaja untuk tugas-tugas penting, sehingga mendorong rutinitas yang harmonis.

Dengan mendedikasikan periode tertentu untuk berbagai tanggung jawab, Anda menciptakan kerangka kerja terstruktur yang meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

Metode ini tidak hanya memungkinkan Anda menangani tugas-tugas penting dengan perhatian penuh, tetapi juga memberikan momen untuk peremajaan dan aktivitas pribadi, sehingga menciptakan jadwal yang lebih seimbang.

Pilihan Editor: Rumus Manajemen Waktu Direktur PT SMI, Sylvi J. Gani: Jangan Ngotot

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."